Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

USBN SD di Kabupaten Ciamis Diikuti Ribuan Siswa

Ciamis, galuh.id – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun ajaran 2018-2019 di Kabupaten Ciamis diikuti 16.060 siswa sekolah Dasar (SD) dari 754 Sekolah Dasar se-Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan USBN ini dimulai dari tanggal 22 April sampai dengan 24 April 2019.

“Mata pelajaran yang diujiankan ada 3 mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Untuk pelaksanaannya selama 3 hari yang seharinya satu mata pelajaran,” ujar H. Jajang, Kepala Bidang Pembinaan SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis saat diwawancara di ruang kerjanya, Selasa (23/04/2019).

Menurut Jajang ujian sekolah yang diselenggarakan di tingkat Sekolah Dasar saat ini sudah berstandar Nasional. “Tetapi tetap alat tulisnya menggunakan kertas dan pensil, bukan seperti UNBK tingkat SMP dan SMA yang menggunakan komputer,” tuturnya.

Mengenai soal mata pelajaran, kata Jajang, 75 persen soal berasal dari Provinsi, sementara 25 persen soal berasal dari Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Ciamis.

Jajang menambahkan, untuk soal USBN dipastikan tidak akan ada bocoran. Karena semua soal sudah disegel dan dijaga ketat oleh panitia di setiap Kecamatan.

“USBN ini merupakan bentuk ketercapaian siswa, namun hasil USBN ini bukan penentu kelulusan siswa, karena kelulusan siswa tergantung ketentuan penilaian di sekolah masing-masing,” jelasnya.

Jajang berharap pelaksanaan USBN tahun ini berjalan lancar, tanpa kendala apapun. Selain itu, Jajang juga berharap agar semua siswa yang mengikuti USBN di Kabupaten Ciamis lulus 100 persen.

“Kami berpesan kepada semua kepala sekolah harus objektif menilai siswa/siswinya. Karena apabila melakukan kecurangan atau tidak subjektif, nantinya akan merugikan siswanya sendiri, jadi nilai yang diberikan terhadap siswa harus sesuai kemampuan siswa agar nantinya apabila akan melajutkan ke jenjang yang lebih tinggi tidak menemui kendala,” pungkasnya. (galuh.id/Yuliana)

Editor : K. P Latief

Loading...
loading...
Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Artikel Terkait

Pengamanan Pelaksanaan Pilkades Ciamis Kewajiban Bersama

Berita Ciamis, galuh.id - Pengamanan dalam pelaksanaan Pilkades Ciamis adalah kewajiban bersama. Tak hanya pemda, panitia dan para pemilih pun harus berperan...

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Peduli Thalassemia, Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis Ikut Donor Darah

Ciamis, galuh.id - Melihat penderita Thalassemia (kelainan darah) di Kabupaten Ciamis sangat tinggi dibanding daerah lain, ratusan orang tampak mengantri untuk mendonorkan...

Anak-anak KPM PKH Didorong Lanjutkan Pendidikan Sampai Sarjana

Berita Ciamis, galuh.id - Saat ini kemiskinan bukan penghalang untuk mendapatkan pendidikan kuliah, begitu pun dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga...

Gugus Tugas Banjarsari Ciamis Datangi Minimarket yang Buka Melebihi Jam Operasional

Berita Ciamis, galuh.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis mendatangi salah satu minimarket yang tidak patuh...

Klub Raksasa Liga Voli Ciamis, Jabar Pancanaka Tumbang di kandang Visio

Ciamis, galuh.id - Persaingan untuk merebut gelar juara di Liga Voli Ciamis putaran kedua semakin ketat, pasalnya perbedaan point tidak begitu jauh...

It’s Okay to Not Be Okay, Kisah Moon Young Bak Putri dari Cerita Dongeng

Episode pertama drama Korea It’s Okay to Not Be Okay telah tayang 20 Juni lalu di tvN. Drama ini dibintangi oleh Kim...