Sabtu, 26 September 2020
Sabtu, 26 September 2020
 
 

Warga Keluhkan Sampah Berserakan, Dinas Lingkungan Hidup Ciamis Merespon

Ciamis, galuh.id – Berserakannya sampah di depan Pasar Subuh Ciamis yang dikeluhkan warga mendapatkan respon dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

Oman, Kepala Dinas PRKPLH, mengatakan, tempat sampah sudah disimpan di beberapa lokasi untuk membantu masyarakat memudahkan membuang sampah, sehingga apabila membuang sampah harus ke tempat yang disediakan.

“Kami sudah simpan tempat sampah di depan pasar Subuh, silakan buang ke tempat yang sudah disediakan jangan sembarangan buang sampah berserakan di jalan, kami pun langsung memerintahkan petugas untuk membersihkannya,” ujar Oman kepada Galuh ID, Rabu (4/9/2019).

Oman menambahkan persoalan sampah bukan hanya masalah pemerintah namun peran serta semua pihak mulai dari Camat Lurah/Kades sampai ke tingkat RT RW dan masyarakat harus berkomitmen untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing sehingga bebas dari berserakan sampah.

“Semua pihak harus ikut bekerjasama menanggulangi sampah sehingga nantinya tumpukan sampah tidak terjadi lagi,”tuturnya.

Oman mengimbau kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan dan meningkatkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena ini akan merusak keindahan kota.

“Memang saat ini kita masih kekuarangan armada, tapi apabila tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, maka tidak akan terjadi masalah sampah yang berserakan ini, Sering kami temukan dilapangan ada pengendara ketika melaju sambil melampar keresek sampah,”ucapnya.

Sebelumnya keluhan tersebut disampaikan oleh Ari, warga Ciamis yang melihat tumpukan sampah yang berlokasi di depan pasar Subuh Ciamis.

Padahal, menurut Ari, tempat sampah sudah disediakan namun banyak sampah berceceran di jalan tak jauh dari tempat sampah.

“Saya tadinya mau makan di Warung Doyong tapi pas melihat sampah berserakan dan bau saya mengurungkan diri makan d isitu, soalnya selera makan jadi hilang,” ujarnya, Rabu pagi (4/9/2019).

Pihaknya pun khawatir, akibat selalu ada tumpukan sampah di pinggir jalan, akan berdampak pada penilaian Adipura. Sehingga sebagai masyarakat, meminta pemerintah daerah bisa cepat dalam menangani permasalahan sampah, khususnya di wilayah perkotaan.

“Minimalnya harus rutin mengangkut sampah di tempat yang disediakan bak sampah, agar tidak terjadi penumpukan yang lama,” jelasnya. (galuh.id/Arul)

Loading...

Artikel Terkait

Ciptakan Perubahan, Pemuda Islam di Ciamis Harus Aktif dalam Perpolitikan

Berita Ciamis, galuh.id - Pemuda Islam harus ikut berkontribusi dalam pembangunan dan berkompetisi untuk mengisi posisi kepemimpinan dari mulai level nasional hingga...

PKK Ciamis Beri Kontribusi Besar di Tengah Pandemi Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - PKK Ciamis telah memberi kontribusi besar di tengah pandemi Corona. Di bawah komando TP-PKK Kabupaten Ciamis, PKK ikut...

Tren Corona Meningkat, Satgas Penanganan COVID-19 Siap Dibentuk Pemkab Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar persiapan pembentukan Satgas penanganan COVID-19 melalui video conference dari ruang Oproom Setda Ciamis, Kamis, (24/9/2020).

Temukan Kami

48,739FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Bisnis Sambil Kuliah, Ini Tipsnya Biar Sukses

Bisnis sambil kuliah memang bias? Simak tipsnya berikut ini agar sukses. Sejak pandemi melanda, kira semua tahu bahwa kegiatan belajar mengajar dilaksanakan...

Resesi Ekonomi Indonesia, Apa Dampaknya?

Resesi ekonomi Indonesia tinggal menunggu waktu. Resesi seolah-olah menjadi normal baru, sejak terjadi pandemi Covid-19. Bahkan hampir sebagian besar negara-negara dunia mengisi...

Spoiler One Piece 991, Adegan Pertarungan Zoro Menolak X-Drake Bocor

Spoiler One Piece 991 telah beredar di berbagai media online atau sosial dan forum Reddit. Komik One piece 991 bakal rilis minggu...

Bocoran One Piece Chapter 991, Akhir dari Kinemon dan Awal Aliansi Drake

Sudah mendekati hari menuju rilisnya Manga One Piece Chapter 991. Bocoran demi bocoran One Piece Chapter 991 akhirnya muncul. Akhirnya membuat kita...

Thomas Alva Edison, Fisikawan yang Tidak Tamat SD

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Pada tahun 1854, orang tuanya pindah ke Port Huron, Michigan....