Tips, galuh.id – Apakah Anda adalah sosok anak kos? Jika benar, maka anda sendiri mungkin selalu mengalami masalah secara finansial yang selalu terjadi setiap bulannya karena kebutuhan hidup yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tak heran, bagi mereka yang memiliki penghasilan tertentu atau masih berada di angka 2 juta mungkin akan berpikir keras tentang cara hidup hemat yang paling efektif supaya bisa membuat sektor keuangan mereka tetap sejahtera walaupun perkara akhir bulan sering mengintai untuk membeli kebutuhan tertentu secara mendadak.

Namun, semua itu bisa di atasi sehingga anda bisa menyisihkan sejumlah uang per bulannya agar kehidupan anda bisa sejahtera meski berstatus sebagai anak kos dengan menerapkan 3 cara di bawah ini, yaitu :

1. Menyusun Anggaran Bulanan

Pertama, cara hidup hemat untuk anak kos yang paling penting untuk diperhatikan adalah anda harus bisa menyusun anggaran bulanan dan mencatatkan semua kebutuhan pokok yang selalu digunakan secara rutin. Mengapa? Hal ini bertujuan agar gaji yang anda dapatkan per bulannya bisa dikelola secara teratur sehingga mampu membeli sesuatu yang dibutuhkan hingga akhir bulan nanti, sedangkan anda bisa menaksir berapa uang yang akan menjadi tabungan pribadi untuk disimpan jangka panjang.

2. Menabung Secara Rutin

Cara yang tidak kalah penting untuk direnungkan adalah anda harus bisa menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung ke dalam rekening pribadi. Bagaimana tidak, jika anda mampu membagi hasil gaji yang diperoleh ke dalam beberapa aspek seperti kebutuhan pribadi, kos, orang tua dan tabungan maka kemungkinan besar hal ini bisa terealisasikan. Tidak ada salahnya bagi anda untuk menabung dalam jumlah cukup rendah atau kisaran Rp.100.000 hingga Rp.500.000 namun dilakukan secara rutin dan tidak boleh digunakan.

3. Hindari Kebutuhan Tidak Penting

Kemudian, salah satu cara hidup hemat untuk anak kos yang harus diterapkan sebagai gaya hidup anda setiap hari adalah jangan pernah membeli segala sesuatu yang tidak dibutuhkan sama sekali atau hanya sekadar gengsi. Contoh sederhana adalah makan atau membeli minum diluar karena secara garis besarnya bahwa anda bisa menggunakan uang tersebut sebagai tabungan dan bisa memasak makanan sendiri di kos, sedangkan anda pun tidak perlu malu membawa makanan maupun minuman dari rumah ke tempat kerja atau kampus untuk menghindari pengeluaran biaya yang tidak penting.

Tak hanya itu, salah satu cara hidup hemat yang harus diterapkan semua anak kos demi mempunyai masa depan yang cerah dari segi finansial adalah perlu berbelanja bulanan secara sekaligus alias anda hanya boleh berkunjung ke supermarket sebulan sekali dengan membeli kebutuhan yang telah direncanakan sebelumnya. Namun, anda juga bisa menabung uang receh ke dalam tabungan khusus berupa celengan yang nantinya akan menghasilkan jumlah lebih banyak jika anda melakukan semua cara tersebut dengan konsisten.

(Admin)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini

14 + 16 =