Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

3 Cara Hidup Hemat untuk Anak Kos yang Paling Efektif

Tips, galuh.id – Apakah Anda adalah sosok anak kos? Jika benar, maka anda sendiri mungkin selalu mengalami masalah secara finansial yang selalu terjadi setiap bulannya karena kebutuhan hidup yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tak heran, bagi mereka yang memiliki penghasilan tertentu atau masih berada di angka 2 juta mungkin akan berpikir keras tentang cara hidup hemat yang paling efektif supaya bisa membuat sektor keuangan mereka tetap sejahtera walaupun perkara akhir bulan sering mengintai untuk membeli kebutuhan tertentu secara mendadak.

Namun, semua itu bisa di atasi sehingga anda bisa menyisihkan sejumlah uang per bulannya agar kehidupan anda bisa sejahtera meski berstatus sebagai anak kos dengan menerapkan 3 cara di bawah ini, yaitu :

1. Menyusun Anggaran Bulanan

Pertama, cara hidup hemat untuk anak kos yang paling penting untuk diperhatikan adalah anda harus bisa menyusun anggaran bulanan dan mencatatkan semua kebutuhan pokok yang selalu digunakan secara rutin. Mengapa? Hal ini bertujuan agar gaji yang anda dapatkan per bulannya bisa dikelola secara teratur sehingga mampu membeli sesuatu yang dibutuhkan hingga akhir bulan nanti, sedangkan anda bisa menaksir berapa uang yang akan menjadi tabungan pribadi untuk disimpan jangka panjang.

2. Menabung Secara Rutin

Cara yang tidak kalah penting untuk direnungkan adalah anda harus bisa menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung ke dalam rekening pribadi. Bagaimana tidak, jika anda mampu membagi hasil gaji yang diperoleh ke dalam beberapa aspek seperti kebutuhan pribadi, kos, orang tua dan tabungan maka kemungkinan besar hal ini bisa terealisasikan. Tidak ada salahnya bagi anda untuk menabung dalam jumlah cukup rendah atau kisaran Rp.100.000 hingga Rp.500.000 namun dilakukan secara rutin dan tidak boleh digunakan.

3. Hindari Kebutuhan Tidak Penting

Kemudian, salah satu cara hidup hemat untuk anak kos yang harus diterapkan sebagai gaya hidup anda setiap hari adalah jangan pernah membeli segala sesuatu yang tidak dibutuhkan sama sekali atau hanya sekadar gengsi. Contoh sederhana adalah makan atau membeli minum diluar karena secara garis besarnya bahwa anda bisa menggunakan uang tersebut sebagai tabungan dan bisa memasak makanan sendiri di kos, sedangkan anda pun tidak perlu malu membawa makanan maupun minuman dari rumah ke tempat kerja atau kampus untuk menghindari pengeluaran biaya yang tidak penting.

Tak hanya itu, salah satu cara hidup hemat yang harus diterapkan semua anak kos demi mempunyai masa depan yang cerah dari segi finansial adalah perlu berbelanja bulanan secara sekaligus alias anda hanya boleh berkunjung ke supermarket sebulan sekali dengan membeli kebutuhan yang telah direncanakan sebelumnya. Namun, anda juga bisa menabung uang receh ke dalam tabungan khusus berupa celengan yang nantinya akan menghasilkan jumlah lebih banyak jika anda melakukan semua cara tersebut dengan konsisten.

(Admin)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Cara Dapatkan Bentuk Tubuh Ideal Bak Artis Korea Lewat Diet K-Pop

Gaya Hidup, galuh.id - Bagi mereka yang bertubuh gemuk, diet merupakan kewajiban untuk mendapat bentuk tubuh ideal. Salah satu jenis diet yang...

Fashion Item Ini Wajib Dibawa Hijaber Saat Travelling

Gaya Hidup, galuh.id - Aktivitas yang padat memang kerap mengundang penat. Tidak heran jika traveling akhir-akhir ini jadi pilihan banyak orang yang...

Tips Agar Tak Rugi Saat Makan di Resto All You Can Eat

Gaya Hidup, galuh.id- Banyak restoran kini sering mengadakan menu All You Can Eat atau sering disebut sebagai AYCE. Restoran dengan konsep AYCE...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.