Tentang Kami

oleh

Galuh.ID

Galuh ID merupakan portal berita yang mengkhususkan diri pada kabar-kabar seputar Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kami ingin memberitakan tentang kelebihan-kelebihan Ciamis agar dikenal dari Sabang sampai Merauke bahkan hingga ke mancanegara, tentu yang dikenal adalah hal-hal positifnya. Berawal dari keinginan tersebut, sebagian dari kami awalnya hanya supporter bola biasa yang mendukung Klub sepak bola lokal Ciamis, PSGC.

Namun, ada pula dari kami yang telah lama mengembara di luar kota yang akhirnya kembali untuk membangun tanah kelahirannya. Berawal dari dialah kami, supporter bola biasa ini bisa membangun website galuh.id pada Desember 2017.Berbekal dari kebaikan sponsor-sponsor awal yang ikut membesarkan dan mendukung Galuh ID, kami terjun ke dunia yang sebenarnya sama sekali tidak kami kenal. Hanya berbekal ‘keahlian’ yang telah kami kuasai sebelumnya dan juga tekad ingin memajukan tanah tempat tinggal kami, kami membangun Galuh ID dari nol.

Khairul Anwar Rizal berbekal jaringan pertemanannya, Erwin Nugraha dengan kemampuan lobyingnya, Hendra Suhendra dengan bahasa marketingnya, Ilham Nurhamzah, si anak hilang bermodal kemampuan IT, Muhammad Saepudin, sang desainer grafis, Dende Permana yang telah lama menguasai seluk beluk media sosial. Dan yang terakhir, Aris Muhammad Rizki berbekal kemampuan apiknya dalam membuat narasi dan deskripsi pertandingan sepak bola dan kompetisi olahraga lainnya. Kami bertujuh berkolaborasi membangun Galuh.ID dengan semangat memajukan Ciamis. Awalnya keterbatasan SDM membuat kami hanya memuat seputar PSGC, klub bola yang kami kenal dekat hingga ke sumsum tulang.

Lalu, kami juga menulis tentang berbagai prestasi di bidang olahraga maupun seni budaya terkait Ciamis. Di tengah perjalanan, K. Putu Latief ikut bergabung bersama kami, lalu disusul Yanyan Iskandar dari Banjarsari ikut mewarnai portal berita kami. Terakhir ada Riki Apiyana Ramdani yang kini dipercaya menjadi leader promosi dan marketing Galuh ID. Tim kami bertambah dengan masuknya Fahmi Albartiansyah  yang memiliki basic pengalaman kewartawanan di lapangan. Pada akhir tahun 2018, Fahmi yang saat itu sudah bergabung bersama Portal Berita yang sudah 15 tahun malang melintang di dunia pers mengantarkan kami untuk mengenal organisasi kewartawanan di Ciamis, yakni PWI. Kami banyak belajar dari sana, dan mendapat support dari senior-senior kami.

Sayang pada tahun yang sama, salah seorang pendiri awal Galuh ID harus hengkang, tetapi kami tidak menyerah. Ke depan kami tidak hanya ingin menulis tentang Ciamis, kami ingin membuat Galuh ID lebih besar lagi. Nama ‘Galuh’ yang kami sandang terasa berat karena sarat akan makna, tapi dibalik nama itu, kami sadar bahwa dengan ketulusan hati ingin membawa nama Galuh Ciamis menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan.

Salam,
Redaksi Galuh ID.