Minggu, 25 September 2022
Minggu, 25 September 2022
More

    Apa Itu Cache Data dan Bagaimana Cara Menghapusnya?

    Pasti kamu tidak asing lagi dengan sebutan cache, namun sebenarnya apa itu cache data? Apakah akan mempengaruhi performa HP atau laptop? Haruskah cache ini kamu hapus?

    Pertanyaan yang sederhana, namun masih banyak yang bertanya-tanya mengenai jawabannya. Berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu cache data.

    Penjelasan Terkait Apa Itu Cache Data

    Iklan

    Cache merupakan file yang nampak misterius jika kamu tidak mengetahui apa itu cache. Jika kamu tidak rajin membersihkannya performa smartphone dan juga laptop akan menjadi menurun.

    Baca Juga: Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs Paling Mudah!

    Setiap aplikasi atau file yang ada pada ponsel memiki cache tersendiri. Jadi bayangkan berapa banyak cache yang menumpuk dalam ponsel atau laptop kamu setiap harinya.

    Jadi cache merupakan sebuah data yang bersifat sementara yang tersimpan kedalam penyimpanan internal telepon atau dekstop.

    Iklan

    Cache merupakan data yang mencatat semua aktivitas sebuah aplikasi. Dengan contoh kamu membuka browser kemudian mencari gambar dengan mengetikkan perintah pada kolom pencarian.

    Aktivitas yang sudah kamu lakukan itu akan dicatat dalam sebuah data yang disebut dengan cache. Semakin banyak kamu menggunakan browser atau aplikasi lain maka akan semakin banyak pula cache yang menumpuk.

    Tapi cache juga akan memudahkan kamu dalam mencari ulang apa yang sudah kamu cari sebelumnya. Karena data yang kamu gunakan sudah tersimpan dalam data cache.

    Namun apa sebenarnya fungsi dari cache tersebut? Apakah hanya sebuah data yang tidak berfungsi? Simak penjelasan berikut ini.

    Fungsi Cache Data

    Nah secara sederhana fungsi dari cache ini adalah membuat semua aplikasi yang ada pada ponsel atau dekstop bekerja dengan lebih cepat dan efisien karena data tersimpan pada penyimpanan internal.

    Misalnya saja kamu sudah membuka sebuah website yang memuat banyak gambar berukuran besar. Jika kamu membukanya untuk yang kedua kali loading halaman akan lebih cepat dari sebelumnya.

    Mengapa demikian? Ini karena data gambar pada website tersebut hanya diunduh sekali ketika kamu membukanya pertama kali.

    Dan ketika kamu membuka untuk yang kedua, data tersebut sudah tersimpan pada penyimpanan internal sehingga halaman akan lebih cepat terbuka.

    Tapi apakah cache dapat memenuhi penyimpanan internal? Apakah perlu dihapus untuk mengurangi beban pada penyimpanan internal?

    Apakah kamu perlu menghapus cache?

    Oke untuk menjawab pertanyaan apakah cache perlu dihapus? Jawabannya adalah iya cache perlu dihapus.

    Sebenarnya fungsi cache akan sangat berguna untuk efisiensi waktu dan kecepatan smartphone atau dekstop dalam mengakses sebuah aplikasi.

    Namun jika cache yang tersimpan terlalu besar maka akan membuat ponsel kamu menjadi lamban dan lemot.

    Karena cache akan memenuhi penggunaan memory internal. Sehingga proses loading akan jadi lebih lama apabila terlalu banyak data.

    Jadi sebaiknya kamu tetap harus menghapus cache data ini setidaknya 2 hari sekali atau sekali dalam seminggu untuk membersihkan penyimpanan internal.

    Baca Juga: Fungsi Layanan Google Play, Dukung Performa HP Android

    Atau jika kamu malas melakukannya, kamu bisa melakukannya ketika kamu sudah merasa ponsel atau dekstopmu sudah berat dan lemot.

    Cara Menghapus Cache Aplikasi di Ponsel

    Tidak hanya harus rutin dalam mengecek keamanan perangkat dari virus atau bakteri, kamu juga harus rutin dalam membersihkan cache.

    Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan cache pada perangkat tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

    Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghapus cache aplikasi.

    1. Pertama, kamu harus membuka “pengaturan” atau “setting” pada perangkat yang akan kamu bersihkan
    2. Cari menu yang bertuliskan “aplikasi”, lalu buka bagian “kelola aplikasi”
    3. Kemudian kamu akan ditunjukan tampilan aplikasi yang terinstall dalam perangkat, pilih aplikasi yang akan kamu bersihkan cache datanya.
    4. Pilih perintah “hapus data”, kemudian pilih “hapus data cache” dan yang terakhir pilih “oke”

    Itu dia pembahasan mengenai apa itu cache data, fungsinya, dan juga bagaimana cara menghapusnya. Pastikan untuk membersihkan cache secara rutin agar perangkatmu tidak lemot.  (GaluhID/Cindy)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    377PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan