Rabu, 21 Oktober 2020
Rabu, 21 Oktober 2020
 
 

Api Hanguskan Pabrik Penggergajian Kayu di Pamarican Ciamis

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Sebuah pabrik penggergajian kayu di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat hangus terbakar, Jum’at (9/10/2020) dini hari.

Peristiwa itu terjadi diduga dari arus pendek atau konsleting listrik. Api dari arus pendek kemudian menyambar ke pabrik penggergajian yang berisi bahan-bahan yang mudah terbakar.

Anggota Tagana Kabupaten Ciamis, Baehaki Efendi mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 02.30 WIB Jum’at dini hari tadi.

“Pabrik penggergajian itu milik Uus Kusmana, yang berlokasi di Blok Cigadung Kidul, Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican Ciamis,” katanya.

Beruntung dalam peristiwa kebakaran pabrik penggergajian itu tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

“Tidak ada korban jiwa atau luka. Saat kejadian pemilik tidak ada di lokasi, hanya kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta,” terangnya.

Penyebab kebakaran sendiri diduga api berasal dari korsleting listrik. Api pun kemudian membakar seluruh pabrik penggergajian.

“Pabrik tersebut habis luluh lantak, tak tersisa. Lantaran hampir seluruh bangunannya terbuat dari kayu. Jadi sulit padamnya,” ujarnya.

Selain dari bangunan pabrik yang habis terbakar, olahan kayu pun yang ada di tempat tersebut ikut terbakar hingga menyisakan bara api.

Upaya pemadaman pun dilakukan oleh masyarakat bersama TNI, Polri dan Tagana dengan alat seadanya. Karena hampir seluruhnya terbuat dari kayu, pabrik penggergajian kayu tersebut tak bisa diselamatkan.

” Pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kejadian hanya melakukan pendinginan hingga pukul 07.30 WIB,” ujarnya

Baehaki menambahkan, kejadian kebakaran pabrik penggergajian kayu di Pamarican tersebut menambah deretan kebakaran yang tak bisa diselamatkan di wilayah kecamatan eks Banjarsari. (GaluhID/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Ditinggal ke Warung, Dapur Rumah Warga di Ciamis Ludes Terbakar

Berita Ciamis, galuh.id - Dapur rumah warga di Ciamis ludes terbakar. Kebakaran tersebut terjadi saat pemilik rumah meninggalkan dapur menuju ke warung...

Konsleting Listrik, Rumah Janda Tua Ludes Terbakar di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Warga Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis digegerkan oleh kebakaran rumah. Kebakaran tersebut terjadi di Dusun...

Terlibat Kecelakaan di Pangandaran, Dua Minibus Rusak Berat

Berita Pangandaran, galuh.id - Dua kendaraan minibus dan sepeda motor terlibat kecelakaan. Kejadian tersebut terjadi di Jalan Raya Pangandaran, tepatnya Desa Tunggilis,...

Temukan Kami

48,648FansSuka
196PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Manga Boruto Chapter 51: Munculnya Mode Terakhir Kyuubi X Naruto

Manga Boruto chapter 51 sepertinya akan menjadi pembuka cerita, di mana Naruto akan menggunakan mode gabungan bersama Kyuubi untuk Isshiki.

Anggota Dewan DPR RI Hadiri Sunatan Massal di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Agun Gunandjar Sudarsa menghadiri sunatan massal di Ciamis, Rabu (21/10/2020).

Line Up HP iPhone 12 Series, Kapan Diluncurkan?

HP iphone 12 menjadi salah satu ponsel yang dinantikan pada tahun 2020 oleh para pecinta brand Apple. Apple secara resmi memperkenalkan iphone...

HP Realme 7 Pro, Intip Spesifikasi dan Harganya

HP Realme 7 Pro resmi meluncur di Indonesia pada tanggal 14 Oktober 2020. Smartphone ini memiliki banyak keunggulan, apalagi didukung dengan spesifikasi...

Profil Jeon Jin Seo dan Perannya di Drama BTS Universe YOUTH

Aktor Jeon Jin Seo kini kembali menjadi sorotan para pecinta drama korea. Ia kembali terpilih menjadi salah satu aktor yang akan menjadi...