Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Budidaya Ikan Cupang yang Menggiurkan, Omset Puluhan Juta Rupiah

Budidaya ikan cupang ternyata menggiurkan, seperti yang dirasakan oleh Zaenul Arifin warga Perum Graha Persada Ciamis Jawa Barat.

Dari budidaya ikan yang mudah perawatannya itu, Zaenul sudah meraup keuntungan puluhan juta rupiah dalam setiap bulannya.

Pada awalnya Zaenul hanya hobi memelihara ikan tersebut, hobinya itu sudah mulai sejak Tahun 2016 yang lalu.

Kini bukan hanya hobi saja namun menjadi penghasilan yang menjanjikan bagi dirinya, bahkan kini konsumennya ada yang dari luar negeri.

“Alhamdulillah ini awalnya hobi, saya mulai memelihara ikan cupang sejak Tahun 2016 dan sekarang sudah mulai ekspor,” jelas Zaenul, Sabtu (8/8/2020).

Budidaya ikan cupang dipilih oleh Zaenul selain hobi, juga karena dalam memelihara ikan cupang tergolong mudah.

Menurut Zaenul ikan banyak jenisnya, dipilihnya ikan cupang tidak perlu ada alat elektronik untuk gelembung dan mengganti airnya tidak sering.

“Memelihara ikan cupang itu mudah, tidak perlu ada alat listrik untuk gelembung, dan juga tentunya menghasilkan,” jelasnya.

Jenis ikan cupang yang dijual oleh Zaenul yaitu jenis plakat atau petarung dan halfmoon atau bulan sepotong.

Budidaya Ikan Cupang Pesanan Dari Luar Negeri

Pemasaran menurut Zaenul saat ini bukan hanya melayani konsumen dari Pulau Jawa saja, bahkan banyak pemesan dari luar Pulau Jawa.

Kalimantan, Medan, Jambi dan Papua merupakan beberapa pemesan yang berasal dari luar Pulau Jawa, bahkan kini pemesan dari luar negeri.

Pemesan dari luar negeri berasal dari Philipine, Malaysia, Thailand, India dan Amerika, dan saat ini menjalin kontrak dengan beberapa negara.

Budidaya ikan cupang yang dilakukan oleh Zaenul kini telah menjadi penghasilan yang menggiurkan serta menjanjikan.

Pasalnya dengan harga jual mulai dari Rp. 50 ribu sampai dengan Rp. 1 juta lebih, sehingga menghasilkan omset yang besar.

“Alhamdulillah omset saat ini per bulan yang saya kantongi mencapai Rp. 60 juta sampai Rp. 70 juta,” jelas Zaenul.

Saat ini Zaenul dibantu oleh 7 orang karyawan dalam mengelola bisnis ikan cupang miliknya, sejalan dengan banyaknya pemesanan.

Zaenul saat ini tiap bulan berhasil menjual ikan cupang sebanyak 200 ekor, dengan mengirim ke berbagai daerah dan luar negeri.

Permintaan Meningkat Saat Pandemi Covid-19.

Usaha budidaya ikan cupang berbeda dengan usaha lainnya, terlebih saat masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda.

Bedanya, jika usaha lain saat pandemi Covid-19 mengalami penurunan, sedangkan untuk usaha yang digeluti oleh Zaenul justru meningkat.

Bahkan peningkatan tersebut menurut pengakuannya bisa mencapai angka 80 %, sehingga omset pun semakin bertambah.

“Alhamdulillah dibandingkan dengan sebelum pandemi ini terdapat peningkatan, bahkan bisa mencapai 80 %,” jelas Zaenul.

Terjadinya peningkatan penjualan menurut Zaenul salah satu penyebabnya karena adanya larangan keluar rumah karena pandemi Covid-19.

Selain itu menurut Zaenul selain menjadi ikan hias, ikan cupang ini bermanfaat karena jentik nyamuk disukai oleh ikan cupang.

“Untuk hiasa di rumah enak dilihatnya, dan untuk kesehatan ikan cupang bisa membasmi jentik nyamuk,” jelas Zaenul.

Kemudian terdapat hobi yang beralih dari pecinta burung yang kini beralih dengan memelihara ikan cupang.

Hal tersebut erat kaitannya dengan adanya imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah, sehingga hobi pun beralih.

Jenis Ikan Cupang

Ikan cupang menurut Zaenul enak dilihat, seperti contohnya jenis halfmoon atau bulan sepotong yang memiliki warna yang indah.

Disebut sebagai bulan sepotong nampak pada ekor yang seperti kipas, dan juga sirip dan ekornya yang seolah menyatu.

Dengan warna yang indah membuat pecinta ikan cupang betah dan lama melihat keindahan ikan yang juga terdapat jenis adu (plakat).

Jenis ikan cupang bulan sepotong (halfmoon) banyak dipelihara karena keindahannya, terlebih jika dilihat dari samping nampak warna yang beraneka ragam.

Sedangkan untuk jenis petarung atau laga (plakat), biasa digunakan sebagai cupang aduan dengan ciri ekor dan sirip yang pendek.

Berbeda dengan jenis bulan sepotong, jenis petarung ekor dan sirip yang pendek terkesan jenis ikan cupang ini kokok dan kekar.

Zaenul menjual ikan cupang 2 jenis tersebut karena banyak peminatnya, terdapat jenis ikan cupang lainnya selain halfmoon dan plakat.

Memelihara ikan cupang menurut Zaenul mudah, kendalanya hanya pada suhu saja tapi bisa disiasati dengan mengatur masuknya cahaya matahari.

Zaenul berharap agar percupangan Indonesia lebih maju, dan untuk anak muda memelihara ikan cupang bisa menghasilkan.

“Untuk anak muda untuk berkarya berbisnis dengan budidaya ikan cupang ini indah dan sangat menjanjikan,” pungkas Zaenul. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...

Artikel Terkait

Badak Lampung FC akan Beruji Coba dengan Putrad Lampung Timur

Info Liga 2, galuh.id - Badak Lampung FC rencananya akan menggelar pertandingan uji coba melawan klub lokal, Putrad Lampung Timur setelah bertanding...

Pengajuan Anggaran Tertunda, PPKMI Audiensi dengan Bupati Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan audiensi dengan pengurus Perkumpulan Pendidik dan Kependidikan Madrasah Indonesia (PPKMI) di ruang Opp...

Subsidi Gaji Tahap 3 Cair Pekan Ini, Ini Kata Menaker

Subsidi gaji tahap 3 akan cair pekan ini setelah beberapa kali ditunda pencairannya karena terdapat proses yang harus diselesaikan.

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...