Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021
BJB

Pelanggan PLN, Begini Cara Klaim Token Listrik Gratis Agustus

spot_img

Berita Nasional, galuh.id – Cara Klaim token listrik gratis Agustus, ada dua cara yang bisa dilakukan oleh pelanggan layanan listrik bersubsidi untuk mendapatkan listrik gratis.

Bulan Agustus ini, pelanggan listrik penerima subsidi akan kembali mendapatkan pembebasan tarif listrik dari pemerintah melalui PLN.

Token gratis diberikan kepada pelanggan dengan kategori golongan daya 450 VA dan 900 VA subsidi.

Baca Juga: Klaim Token Listrik Gratis Bulan Agustus, Cek di Sini Caranya!

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, ada dua cara bagi kedua golongan pelanggan itu untuk klaim token gratis listrik bulan Agustus tahun 2020.

Token listrik gratis PLN untuk bulan Agustus, bisa didapatkan melalui website resmi PLN di www.pln.co.id atau WhatsApp 08122123123.

Keringanan listrik ini diberikan bagi pengguna daya 450 VA dan 900 VA penerima subsidi kategori prabayar dan pascbayar.

Pemerintah menyatakan memperpanjang pemberian listrik gratis hingga bulan September 2020. Hal ini juga berlaku juga untuk diskon listrik sebesar 50 persen.

Pembebasan biaya listrik dan diskon listrik 50 persen diberikan sebagai bantuan pemerintah bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Keringanan juga berlaku untuk pelanggan bisnis 450 VA dan industri 450 VA, yang peruntukan listriknya bagi UMKM, bisnis kecil, industri kecil, dan kegiatan sosial.

Pelanggan listrik nonsubsidi tidak menerima fasilitas keringanan. Sehingga klaim token gratis listrik bulan Agustus tak bisa dilakukan oleh pelanggan kategori ini.

Klaim Token Listrik Gratis Agustus via Web dan WA

Pemberian listrik gratis untuk pelanggan daya 450 dan 900 VA kategori pascabayar dan prabayar, dalam mekanismenya tidak sama.

Untuk pelanggan listrik dengan daya 450 VA golongan pascabayar akan secara otomatis mendapatkan pembebasan biaya listrik.

Pelanggan daya 450 VA prabayar dapat memperoleh gratis listrik dengan cara klaim token gratis listrik Agustus lewat www.pln.co.id atau kirim ID pelanggan ke WA 08122-123-123.

Begitu pula dengan pelanggan daya 900 VA kategori pascabayar dan prabayar. Namun untuk mendapatkan gratis listrik, dalam mekanismenya tidak sama.

Pengguna daya 900 VA bersubsidi golongan pascabayar akan secara otomatis mendapatkan potongan biaya listrik sebesar 50 persen.

Sedangkan pengguna daya 900 VA bersubsidi golongan prabayar, token gratis listrik 50 persen bisa diperoleh melalui situs resmi PLN atau Whatsapp PLN.

Diskon listrik yang diberikan bagi pelanggan daya 900 VA bersubsidi golongan prabayar, senilai dengan pemakaian bulanan tertinggi selama 3 bulan terakhir.

Ada dua cara klaim token listrik gratis Agustus dan diskon 50 persen. Yaitu melalui situs website resmi PLN dan Whatsapp PLN.

Caranya sangat cepat dan mudah. Bisa dilakukan dengan menggunakan handphone atau Hp.

Melalui Website PLN

Berikut ini cara klaim token listrik gratis Agustus dan diskon 50 persen melalui website PLN:

1. Buka website resmi PLN di www.pln.co.id
2. Masuk ke menu pelanggan, lalu pilih stimulus Covid-19
3. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter
4. Token listrik gratis atau diskon 50 persen akan ditampilkan di layar. Selanjutnya, masukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Melalui WA PLN

Untuk memperoleh token listrik gratis dan diskon 50 persen melalui Whatsapp PLN, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Whatsapp atau WA
2. Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123
3. Ikuti petunjuk, salah satunya adalah memasukkan ID Pelanggan
4. Token gratis PLN atau diskon 50 persen akan muncul. Setelah itu, masukkan token gratis itu ke meteran, yang sesuai ID pelanggan.

Ketahui Melalui Kode di Meteran Listrik

Untuk mengetahui apakah layanan listrik anda termasuk golongan bersubsidi atau bukan, Anda dapat melihat kode yang terdapat dalam meteran listrik.

Kode yang mendapat token gratis listrik dan diskon listrik 50 persen :

R1/450 VA (gratis)
R1T/450 VA (gratis)
R1/900 VA (diskon)
R1T/900 VA (diskon)

Adapun kode bagi pengguna daya 900 VA yang tidak mendapatkan diskon listrik 50 persen yakni :

R1M/900 VA (mampu)
R1MT/900 VA (mampu)

Pengguna listrik golongan Rumah Tangga daya 450 VA dan 900 VA Tidak Mampu, tetap bisa cara klaim token listrik Agustus dengan cara seperti yang telah disebutkan di atas. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,622FansSuka
244PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya