Sabtu, 1 Oktober 2022
Sabtu, 1 Oktober 2022
More

    Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran ID, Bantu Kegiatan Belajar

    Cara mendapatkan akun Pembelajaran ID ternyata cukup mudah lho. Akun Pembelajaran ID merupakan akun yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi yang akan mendukung kegiatan belajar-mengajar.

    Akun tersebut merupakan akun dari Belajar.id yaitu platform pembelajaran digital dari Kemendikbud Ristek yang rilis pertama kali pada tahun 2020.

    Iklan

    Belajar.id dibuat dalam rangka untuk memudahkan pelajar dan pendidik untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah selama masa pandemi.

    Dengan hadirnya akun ini maka pastinya kegiatan belajar dan mengajar menjadi lebih terbantu dan efektif.

    Begini Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran Id

    Dengan memiliki akun pembelajaran ini maka murid dan guru bisa mengakses berbagai aplikasi seperti Google Meet, Aplikasi Belajar Merdeka, penyimpanan daring Google Drive, Google Classroom, Chromebook, Google Doc, Rumah Belajar, Google Formulir, dan menautkan ke SIM PKB.

    Baca Juga: Aplikasi Belajar Online Gratis, Bantu Proses Pembelajaran Daring

    Iklan

    Akun pembelajaran ini diberikan kepada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, MA, SLB, dan Kesetaraan.

    Cara Mendapatkan Akun Pembelajaran Melalui Operator Satuan Pendidikan Sekolah

    Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan Akun Pembelajaran ID melalui sekolah:

    1. Pertama bukalah laman pd.data.kemdikbud.go.id lalu login terlebih dahulu.
    2. Setelah itu klik tombol “Unduh Akun” lalu pilih “Peserta Didik” atau “PTK” untuk mengunduh file csv yang berisi user id atau nama akun dan password untuk akses masuk ke akun belajar.
    3. Jika file csv sudah berhasil diunduh, maka bukalah file tersebut dan berikan informasi akun mengenai user id dan passwordnya kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi.

    Untuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan cara untuk menggunakan akun pembelajaran id yaitu sebagai berikut:

    1. Pertama dapatkan atau terima nama akun dan akses masuk berupa password akun pembelajaran melalui operator satuan pendidikan di sekolah Anda.
    2. Kemudian buka halaman mail.google.com dan masukkan nama akun dan password yang tadi sudah Anda dapatkan.
    3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan akun pembelajaran lalu mengganti akses masuk akaun atau password Anda.
    4. Selesai, Anda sudah bisa menggunakan akun pembelajaran milik Anda.

    Cara Mendapatkan Akun Secara Mandiri

    Selain mendapatkan data akun belajar.id dari operator sekolah, pendidik dan juga peserta didik juga bisa mendapatkan akun secara mandiri. Berikut ini adalah caranya:

    1. Pertama bukalah halaman https://belajar.id/
    2. Setelah itu akan muncul data-data yang harus Anda isi, yaitu nama lengkap, nama ibu kandung, tipe pengguna (pilih antara pendidik atau peserta didik), tanggal lahir dan NPSN atau Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional. Isilah data-data tersebut dengan benar.
    3. Jika semua data sudah terisi lalu klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran”.

    Baca Juga: Aplikasi Google Meet, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

    Setelah itu, akan muncul informasi mengenai Akun Pembelajaran ID Anda sudah tersedia atau belum.

    Akun Belum Aktif

    Terdapat beberapa kondisi yang bisa Anda temui, yaitu pertama akun tersedia dan sudah aktif maka artinya akun pembelajaran Anda sudah tersedia dan aktif sehingga bisa Anda gunakan langsung untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

    Kedua, Akun tersedia namun belum aktif, berarti akunnya sudah ada namun belum aktif dan belum bisa Anda gunakan. Anda dapat mengaktifkan akun tersebut melalui cara berikut:

    1. Kirim detail akun ke email pribadi yang telah terdaftar, jika belum pernah mendapatkan password maka klik “Email detail akun ke email pribadi saya” maka Anda akan mendapatkan informasi user id dan password Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan informasi akun ke SMS nomor ponsel yang terdaftar dengan klik menu “Kirim SMS detail akun ke nomor saya”.
    2. Cek akun dan password pada email atau SMS yang telah dikirimkan setelah itu lakukanlah aktivasi secara mandiri melalui Gmail. Setelah melalui proses aktivasi dan berhasil maka akun pembelajaran sudah bisa Anda gunakan.

    Kondisi berikutnya yaitu akun tidak Anda temukan, maka artinya akun tidak ada. Anda bisa memasukan kembali data yang Anda masukkan saat pemeriksaan sudah selesai.

    Bisa saja data yang Anda masukkan salah sehingga akunnya tidak muncul. Karena itu penting untuk mengisi data-data dengan benar agar bisa menemukan akun.

    Nah, itulah beberapa cara mendapatkan Akun Pembelajaran ID baik untuk pendidik, peserta didik, maupun tenaga kependidikan. (GaluhID/Putro)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    TEMUKAN KAMI

    186,011FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    377PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan