Sabtu, 28 November 2020
Sabtu, 28 November 2020
 
 

Cara Mengatasi Virus Malware untuk Lindungi Data Pribadi

Hubungi Kami

Cara mengatasi virus malware sangatlah diperlukan untuk agar data pribadi Anda aman. Indonesia khususnya terlalu tidak peduli tentang pengetahuan mengenai malware. Karena tidak tahu apa akibat dari malware ini.

Malware merupakan suatu program komputer yang bertujuan untuk merusak system komputer, laptop atau smartphone.

Kemampuan malware ini bisa menghapus, menyembunyikan, atau bahkan mencuri data dari komputer yang terinfeksi tanpa seijin pemilik. Selain itu, malware juga bisa menghabiskan bandwith internet serta sumber daya laptop anda. Tentu kemampuan ini sangat merugikan dan berbahaya.

Malware terbagi menjadi tiga jenis menurut tujuan pembuatnya, yaitu:
● Malware yang menginfeksi komputer, contohnya virus dan worm.
● Malware yang mengintai dan mencuri data, contohnya spyware
● Malware yang menyerang secara tersembunyi, mislanya Trojan dan backdoor
Secara garis besar malware bisa ini jelas sangat berbahaya apalagi jika malware ini yang berkategori spyware dan trojan.

Adapun cara mengatasi virus malware ini adalah sebagai berikut :

  1. Hapus file temporary
    Cara untuk menghapus file temporary ini adalah buka RUN lalu ketik %temp%. hapus semua isi temporary file tersebut. Selain Temporary hapus juga file yang ada di recycle bin.

Tempat malware bersembunyi biasanya ada di file-file sampah yang ada di temporary, recycle bin dan juga cache. Maka dari itu penting juga untuk menghapus recently browser dan cache browser seperti chrome.

  1. Hapus reset system restore
    Setiap windows yang kita install tentu memiliki fasilitas system restore ini. Maksud dari system restore ini adalah jika terjadi sesuatu pada system komputer atau laptop, Anda tidak perlu menginstall ulang melainkan cukup restore saja.

Celah yang Bisa Dimanfaatkan Malware

Celah ini juga dimanfaatkan oleh malware, karena di system restore jarang disentuh oleh pengguna awam. Sebisa mungkin matikan system restore atau jangan digunakan restore ini.

  1. Hapus aplikasi yang tidak dikenal
    malware sendiri yang berbentuk virus atau spyware biasanya berbentuk aplikasi seolah Anda yang memasangnya. Maka dari itu kita bisa cek kembali aplikasi yang kita pasang dengan cara buka control panel kemudian pilih add/remove program lalu kita lihat aplikasi yang terpasang di laptop Anda.

Jika Anda menemukan aplikasi asing segeralah uninstall, namun Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi ini karena ada aplikasi driver juga disana. Misalnya Realtek untuk keluarnya suara.

  1. Scan komputer atau laptop Anda dengan anti virus
    Anti virus adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap komputer atau laptop karena mampu menangkal malware. Scan secara berkala dan jika ada file yang disarankan untuk remove atau go to quarantine maka ikuti saja.
  2. Gunakan Window Defender
    Windows Defender merupakan sebuah program bawaan ketika kita memasang Windows di laptop dan komputer kita. Program ini sangat berguna sekali bagi Anda yang belum memasang anti virus lain.

Windows Defender akan menghapus malware atau virus lainya yang terdapat di komputer atau laptop dengan cepat. Selain itu program ini juga bisa aktif meski Anda sedang offline. Artinya anda bisa langsung melakukan scanning sebelum masuk ke Windows atau pada saat booting.

  1. Putus koneksi internet
    Jika Anda sudah merasakan laptop atau komputer ada malware segera putuskan koneksi internet. Hal ini berfungsi agar virus tidak bisa mengirimkan sesuatu ke luar laptop Anda yang terhubung ke internet.

Cara Mencegahnya

Sebelum malware menyerang alangkah baiknya Anda mencegah hal tersebut. Adapun cara untuk mencegah masuknya malware ke laptop atau komputer kita adalah :

  1. Pasang antivirus.
  2. Rutin melakukan scanning dengan antivirus yang Anda pasang.
  3. Update antivirus secara berkala.
  4. Jangan asal mengunduh file yang tidak terpercaya.
  5. Jangan mengunjungi situs website yang tidak jelas.
  6. Gunakan password yang rumit untuk dapat mengakses komputer atau laptop Anda.
  7. Jangan lupa backup file Anda.

Pengertian Malware

Malware merupakan aplikasi yang berbahaya bagi siapapun juga. terus tingkatkan keamanan laptop dan komputer Anda.

Cara mengatasi virus malware ini cukup efektif dilakukan dan tentunya mudah untuk dipraktekkan. Jangan sampai Anda menjadi korban selanjutnya, apalagi kejahatan di dunia maya makin merajalela. (GaluhID/Putra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Spesifikasi OPPO Reno4 Z 5G, HP dengan RAM 8GB

Spesifikasi HP OPPO Reno4 Z 5G memiliki kemampuan dan kinerja yang mumpuni sehingga cocok untuk berbagai kalangan, terutama anak muda.

HP OPPO A15 Resmi Melenggang, Harga 2 Jutaan Saja

HP Oppo A15 sontak membuat public mengejutkan, pasalnya dengan bandrol harga 2 jutaan saja sudah menyuguhkan 3 kamera utama.

Spesifikasi iPhone 12 Mini, Buat Pengguna yang Nggak Mau Ribet

Spesifikasi iPhone 12 Mini terbilang cukup mumpuni meski memiliki ukuran yang kecil jika membandingkan dengan jajaran iPhone 12 dan smartphone Android pada...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Spesifikasi OPPO Reno4 Z 5G, HP dengan RAM 8GB

Spesifikasi HP OPPO Reno4 Z 5G memiliki kemampuan dan kinerja yang mumpuni sehingga cocok untuk berbagai kalangan, terutama anak muda.

HP OPPO A15 Resmi Melenggang, Harga 2 Jutaan Saja

HP Oppo A15 sontak membuat public mengejutkan, pasalnya dengan bandrol harga 2 jutaan saja sudah menyuguhkan 3 kamera utama.

Kartu Prakerja Bagikan Hadiah Puluhan Juta, Begini Cara Dapatnya

Kartu Prakerja bagikan hadiah puluhan juta bagi pemilik akun Kartu Prakerja. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat, siapa tahu keberuntungan bisa jadi milik...

Spesifikasi iPhone 12 Mini, Buat Pengguna yang Nggak Mau Ribet

Spesifikasi iPhone 12 Mini terbilang cukup mumpuni meski memiliki ukuran yang kecil jika membandingkan dengan jajaran iPhone 12 dan smartphone Android pada...

Kelebihan HP Poco M3 Serta Kekurangannya

Kelebihan HP Poco M3 memiliki nilai yang lebih daripada produk HP dari kompetitor lainnya. Saat ini HP memang suatu kebutuhan semua orang...