Minggu, 14 Agustus 2022
Minggu, 14 Agustus 2022
More

    Cara Mengganti Password IG Agar Tidak Mudah Diretas

    Bagaimana cara mengganti password IG? Pertanyaan ini memang banyak sekali ditanyakan oleh para pengguna IG atau Instagram.

    Instagram sendiri merupakan platform sosial media yang sangat populer di masyarakat. Platform sosial media ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

    Iklan

    Mulai dari aktivitas pribadi hingga komersial. Pengguna dapat membagikan berbagi macam aktivitasnya melalui foto hingga video.

    Meskipun aplikasi ini mempunyai banyak manfaat, Anda harus tetap berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya.

    Hal ini karena banyak informasi pribadi yang bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

    Baca Juga: Cara Menghapus Email di Gmail Agar Tidak Menumpuk

    Iklan

    Untuk itu, diperlukan sistem keamanan yang baik agar akun tidak mudah diretas. Salah satu sistem keamanan akun yang bisa digunakan adalah penggunaan password.

    Sayangnya meskipun Anda sudah menjaga sistem keamanan menggunakan password , namun tidak menutup kemungkinan akun masih bisa diretas.

    Maka dari itu, sangat penting bagi Anda dan para pengguna Instagram lainnya untuk mempelajari cara mengganti password IG.

    Cara Mudah Mengganti Password IG

    Jangan dikira mengganti password Instagram itu susah ya.

    Padahal mengganti password IG terbilang sangat mudah. Anda dapat melakukannya melalui ponsel maupun desktop. Berikut caranya:

    Melalui Desktop

    Cara pertama untuk mengganti password Instagram yaitu melalui desktop.

    Langkah pertama ialah dengan mengakses website Instagram melalui desktop untuk login ke akun Anda. Selanjutnya, cari foto profil yang berada pada bagian pojok kanan atas.

    Setelah terbuka, cari dan pilih menu “Setting” kemudian klik opsi ” Change Password”. Nantinya Anda harus memasukkan password yang Anda gunakan sekarang pada kolom pertama.

    Kemudian melanjutkan mengisi password baru pada kolom kedua dan ketiga. Pastikan password yang Anda isikan sudah benar ya.

    Jika sudah yakin, Anda dapat klik opsi “Change Password”. Maka password IG Anda sudah berubah. Itulah cara mengganti Password IG melalui desktop.

    Melalui Ponsel

    Jika Anda ingin mengganti password melalui ponsel, langkah pertama ialah membuka aplikasi Instagram. Kemudian klik ikon foto profile Anda yang berada di pojok kanan bawah untuk masuk ke halaman profile.

    Baca Juga: Cara Menghapus Followers Twitter Tanpa Ketahuan

    Klik ikon garis tiga yang tertumpuk di bagian pojok kanan atas. Setelah itu cari dan klik menu “Setting”. Langkah selanjutnya adalah klik menu “Security” dan pilih opsi “Password”. Sama seperti dengan cara melalui desktop, nantinya Anda harus memasukkan password sekarang dan pengganti.

    Jika Anda sudah memasukkan password saat ini dan yang baru, klik ikon “Centang” yang berada di pojok kanan atas untuk mengganti password.

    Nah, setelah itu password Instagram Anda sudah berganti. Anda dapat login ke akun Anda menggunakan password yang baru.

    Mengganti password akun sosial media seperti Instagram secara berkala sebenarnya sangat penting. Hal ini untuk menghindari ada orang yang tak bertanggung jawab meretas akun Anda.

    Bahkan terkadang orang-orang tidak menyadari jika akun Instagram mereka diretas. Karena itu sangat penting untuk mengetahui cara mengganti password IG.

    Tanda-tanda Akun Instagram Anda Diretas

    1. Tidak Dapat Login

    Ketika Anda tidak bisa login pada akun Instagram, hal ini menjadi pertanda bahwa akun Anda sudah diretas. Bisa jadi ada seseorang  tidak bertanggungjawab yang telah mengganti password atau email yang Anda gunakan untuk mendaftarkan akun.

    2. Memposting Hal-Hal yang Aneh

    Pertanda lainnya yang menunjukkan bahwa akun Anda sudah diretas ialah dengan adanya postingan yang tidak wajar. Jadi secara misterius akun Anda memposting suatu hal, namun bukan Anda yang memposting.

    3. Adanya Notifikasi dari Instagram

    Ketika Instagram melihat aktivitas yang tidak wajar pada akun Anda, maka Instagram akan mengirimkan peringatan kepada Anda melalui email.

    Namun, sekarang Instagram akan langsung memberikan pemberitahuan langsung melalui aplikasi. Instagram akan memberitahukan pada Anda jika perangkat lain yang login di akun Anda.

    Bahkan pemberitahuan lebih jelas, seperti di daerah mana perangkat lain login di akun Anda.

    4. Data Berubah

    Biasanya seseorang yang meretas akun orang lain akan merubah beberapa atau semua data di akun tersebut. Seperti mengganti foto profile, bio, dan masih banyak lagi.

    Itulah sedikit pembahasan terkait cara mengganti password IG dan pertanda akun Instagram yang diretas. Jadi dalam menggunakan social media apapun harus tetap waspada ya.

    Ketahui cara mengganti password IG, jangan sampai ada orang yang tidak bertanggung jawab mengambil akun Anda untuk melakukan hal-hal kejahatan seperti penipuan. (GaluhID/Puji)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    380PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan