Minggu, 14 Agustus 2022
Minggu, 14 Agustus 2022
More

    Denda Shopee Paylater dan Sanksinya Jika Telat Membayar

    Tertarik menggunakan Shopee Paylater? Tapi sudah tahu belum berapa denda shopee paylater dan sanksinya jika Anda telat membayar?

    Shopee Paylater atau Spaylater kini memang sedang jadi pembicaraan masyarakat. Layanan dari marketplace Shopee ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pembelian produk namun dengan dana talangan.

    Iklan

    Secara lebih jelasnya, pengguna dapat berhutang barang melalui Shopee. Jadi Anda yang tidak atau belum memiliki uang tetap bisa melakukan pembelian dan membayarnya di kemudian hari.

    Namun ternyata tidak semua pengguna platform Shopee dapat menikmati layanan ini. Layanan ini hanya untuk para pengguna yang memang sering melakukan transaksi di Shopee.

    Shopee secara otomatis akan memberikan penawaran kepada penggunanya yang sesuai kriteria untuk melakukan aktivasi Spaylater.

    Baca Juga: Mengenal Apa Itu Aplikasi GetContact dan Fitur-Fiturnya

    Iklan

    Cara melakukan aktivasi Spaylater pun terbilang sangat mudah. Pengguna hanya memerlukan NIK dan KTP saja untuk mengaktifkan shopee paylater.

    Anda juga harus tahu bahwa satu KTP hanya bisa digunakan dalam satu akun saja.

    Setelah proses pengaktifan selesai, maka Spaylater akan memberikan pinjaman yang nominalnya sesuai dengan limit pengguna.

    Transaksi peminjaman Spaylater ini diorganisir oleh PT Commerce Finance yang tentunya dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

    Pengguna yang meminjam saldo dari Spaylater harus melakukan pembayaran dengan cara mencicil perbulan. Terdapat juga pilihan termin pembayaran, mulai dari satu bulan, tiga bulan hingga satu tahun.

    Selain itu, pengguna juga dapat memilih tanggal jatuh tempo cicilan perbulannya. Cicilan yang dibayarkan tiap bulannya ini juga sudah termasuk biaya admin atau penanganan dan bunga.

    Spaylater memberikan bunga minimal sebesar 2,95% dan biaya penanganan 1%. Jadi ketika Anda membeli barang dengan nominal Rp 1.000.000, maka nantinya Anda harus mengembalikan sebesar RP 1.039.500.

    Lalu bagaimana jika Anda tidak bisa membayar atau membayar namun melewati jatuh tempo?

    Jika Anda telat membayar atau bahkan tidak bisa membayar maka Anda harus siapkena denda.

    Berapa Denda Shopee Paylater?

    Kemudahan pengaktifan dan penggunaan Shopee Paylater inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan layanan ini. Apalagi bagi mereka yang sedang mengalami himpitan ekonomi.

    Namun ketidaktahuan masyarakat terkait berapa denda Shopee Paylater membuat sebagian besar dari mereka menjadi terlilit hutang.

    Bahkan jika Anda hanya telat satu hari saya, maka Anda tetap harus membayar denda keterlambatan.

    Shopee secara resmi sebenarnya sudah menjelaskan terkait denda Spaylater melalui website mereka. Jadi, besarnya denda dalam satu bulan bagi mereka yang tidak atau terlambat membayar ialah 5%.

    Tentunya denda ini cukup besar, apalagi jika nominal hutangnya juga besar.

    Misalnya saja Anda memiliki tagihan di Spaylater Rp 1.000.000, maka jika Anda tidak atau telat membayar membuat total tagihan menjadi Rp 1.050.000.

    Baca Juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Mudah

    Total tagihan tersebut tentunya akan terus mengalami peningkatan jika dari penggunanya tidak melakukan pembayaran. Jadi jangan lupa bayar tagihan Spaylater Anda ya.

    Namun, masalah tidak berhenti disitu saja. Selain denda yang harus dibayarkan, terdapat sanksi lain yang dapat diterima pengguna karena telat atu tidak membayar tagihan.

    Wah, apa saja sanksinya?

    Sanksi Telat Bayar Shopee Paylater

    Untuk mengetahui lebih jelas terkait sanksi yang diterima pengguna karena telat atau tidak bayar tagihan Spaylater, dapat simak penjelasan berikut ini:

    • Pengguna akan kena denda 5% perbulan karena keterlambatan membayar.
    • Pengguna tidak bisa menikmati dan menggunakan berbagai penawaran Voucher Shopee saat berbelanja.
    • Mempengaruhi peringkat kredit pengguna di Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK OJK. Jadi pengguna nantinya akan mengalami kesulitan jika ingin mengajukan pinjaman ke Bank. Hal ini karena riwayat kredit pengguna yang jelek ketika terlambat membayar tagihan Spaylater.
    • Ketika tagihan tidak juga dibayar, maka akan ada pihak shopee yang melakukan penagihan langsung di lapangan.

    Setelah mengetahui berapa denda Shopee Paylater dan sanksinya, apakah Anda masih berminat menggunakan layanan ini?

    Sebenarnya layanan ini sangat bagus dan banyak membantu masyarakat. Namun harus ada kebijaksanaan serta rasa tanggung jawab yang besar saat menggunakan layanan ini.

    Jangan telat dan lari dari tanggung jawab dalam membayar tagihan ya. (GaluhID/Puji)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    380PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan