Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Detail Jumlah Lowongan Kursi Untuk Formasi CPNS 2019

Info CPNS 2019, galuh.id – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 sudah diagendakan akan diumumkan pada akhir Oktober 2019, setelah pelantikan pemerintahan baru di bawah naungan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Formasi CPNS 2019 inipun sudah mulai bisa dipastikan.

Pada tanggal 23 Oktober 2019, Presiden Jokowi telah resmi melantik para Menteri yang baru di Kabinet Indonesia Maju.

Pada saat yang bersamaan, berbagai informasi dan perkembangan terkait seleksi CPNS terus disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Setelah ditotal, sebanyak 197.111 formasi CPNS 2019 akan dibuka, total tersebut telah terbagi ke instansi pusat dan juga instansi daerah.

Dalam informasi terbaru, BKN dan Kementerian PAN-RB telah merinci, setidaknya sudah ada lima formasi CPNS 2019 yang jumlah kebutuhannya telah dipastikan.

Kelima formasi yang sudah dipastikan itu adalah posisi guru, dosen, pegawai kesehatan, pegawai fungsional, dan pegawai teknis lainnya.

Pembagian kursi untuk kelima formasi tersebut sebagai berikut: guru 63.324 formasi, dosen 2.194 formasi, pegawai kesehatan 31.756 formasi, pegawai fungsional 28.767 formasi, dan pegawai teknis sebanyak 2.194 formasi.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, lewat press realease BKN, menjelaskan saat ini sedang berlangsung bimbingan teknis terkait pengisian data ke sistem SSCASN.

Sistem SSCASN ini nantinya akan digunakan dalam sederetan acara perekrutan CPNS 2019, termasuk informasi-informasi pentingnya.

Mohammad Ridwan mengatakan bahwa bimbingan teknis untuk pengisian data sudah berlangsung sejak Selasa kemarin. Mestinya sebagian instansi sudah bisa mulai mencicil pekerjaan setting formasi masing-masing.

Kemudian, sedikit informasi mengenai agenda jadwal proses dari pengumuman pendaftaran hingga pengumuman hasil seleksi CPNS 2019.

Setelah pengumuman pendaftaran CPNS 2019 di akhir Oktober hingga awal November, berikutnya akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi secara online pada bulan November 2019.

Perlu diingat, hasil seleksi administrasi para CPNS sudah dijadwalkan dan akan berlangsung pada bulan Desember 2019.

Kemudian, sesuai agenda jadwal, di bulan Januari 2020 akan dilakukan pengumuman jadwal beserta nama-nama peserta yang akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sementara itu, untuk jadwal pelaksanaan tes SKD sendiri telah dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Februari 2020.

Lalu, pengumuman hasil tes SKD tersebut menurut rencana akan dilakukan pada bulan Maret 2020, yang kemudian diikuti dengan pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sementara itu, pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online lewat portal SSCASN, sistem portal milik pemerintah resmi yang akan membantu para CPNS.

Sebelumnya Ridwan telah menjelaskan jika segala pengumuman pendaftaran maupun penerimaan CPNS 2019 yang resmi akan diumumkan di halaman website dan media sosial resmi instansi penerima formasi dan portal SSCASN.

Bahkan untuk perekrutan CPNS 2019 juga nantinya akan dilaksanakan lewat sistem portal SSCASN tersebut.

Ridwan juga mengatakan bahwa sebelum pengumuman pendaftaran secara online dibuka secara resmi di akhir bulan Oktober, portal SSCASN tidak dapat diakses dahulu.

Berikut ini adalah alur pendaftaran dalam sistem portal SSCASN, sebagai bekal para pelamar saat melakukan pendaftaran agar tidak bingung.

Pertama, akses portal SSCASN melalui halaman SSCASN (portal ini bisa diakses hanya setelah pengumuman pembukaan pendaftaran CPNS 2019 di akhir Oktober).

Setelah dapat mengaksesnya, buatlah akun SSCN 2019 menggunakan nomor KTP dan nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.

Setelah berhasil mendaftar, login menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan tersebut.

Kalau sudah berhasil masuk, upload foto pribadi sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Jangan lupa untuk melengkapi biodata dengan benar ya.

Jika sudah memasukkan biodata dengan benar dan lengkap, jangan sampai ketinggalan untuk memilih formasi dan jabatan sesuai dengan pendidikanmu.

Ketika sudah memilih formasi CPNS 2019 dan jabatan yang sesuai, harap diingat untuk melengkapi data diri, kemudian mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Jika sudah mengunggah dokumen sesuai kebutuhan, jangan lupa untuk cek resume dan mencetak kartu pendaftaran SSCASN 2019.

Setelah merasa telah melakukan semuanya dengan benar, langsung kirimkan ke web SSCASN. Nanti data pendaftar akan diverifikasi oleh pihak pemerintah.

Jika telah dinyatakan lolos, otomatis pendaftar akan menerima jadwal tes seleksi berikutnya.

Itulah cara daftar CPNS 2019 melalui online, jangan sampai salah memilih formasi CPNS 2019 ya! (GaluhID1)

Ilham Nurhamzah
Mengamati apa yg ada di sekeliling dengan sangat jeli & mmprtahankan apa yg sudah benar pd tempatnya!
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.