Selasa, 27 Juli 2021
Selasa, 27 Juli 2021
BJB

Google Doodle Hari Ibu Bisa Buat Kartu Ucapan, Ini Caranya

spot_img

Google Doodle Hari Ibu menjadi tampilan baru yang menghias halaman utama saat kamu mengunjungi laman utama google.com ataupun google.co.id.

Berubahnya tampilan Google Doodle tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Ibu yang tengah berlangsung pada hari Selasa, 22 Desember 2020.

Jika biasanya Google Doodle dihiasi gambar-gambar unik dari hari istimewa yang terjadi di dunia, kali ini ia tampil berbeda dan memiliki fungsi khusus.

Pada Google Doodle kali ini, tampilan logo Google berubah menjadi pita berwarna ungu dengan sejumlah peralatan untuk membuat kerajinan seperti gunting, lem, spidol dan lainnya.

Tak ketinggalan berbagai motif dari kertas berbentuk hati, bunga, dan daun ikut menghias dalam tampilan logo Google hari ini.

Bukan hanya itu saja, terdapat sebuah tombol play bergerak yang memberi tahu akan ada sesuatu yang akan terjadi jika menekan logo tersebut.

Ketika menekan tombol play tersebut, Google akan menampilkan pesan ‘Selamat Hari Ibu, Ayo membuat kerajinan tangan’ dengan latar berwarna ungu.

Lalu akan muncul tampilan dimana pengguna bisa membuat kartu ucapan dengan menambahkan beberapa elemen-elemen unik seperti simbol love, kura-kura, daun, bunga, dan lain sebagainya.

Google Doodle Hari Ibu Untuk Buat Kartu Ucapan

Tentu dengan munculnya fitur unik ini, bisa kamu jadikan salah satu kreasi dalam merayakan hari ibu saat ini.

Lantas bagaimana cara membuat Kartu Ucapan menggunakan Google Doodle Hari Ibu tersebut?

  • Cara menggunakan Google Doodle ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu masuk menggunakan aplikasi peramban internet baik menggunakan komputer maupun smartphone.
  • Setelah itu tulis alamat www.google.com atau www.google.co.id untuk menuju ke halaman tempat Google Doodle tersebut muncul.
  • Tekan logo Google yang bergerak tersebut, nantinya akan muncul tampilan loading yang sedang mempersiapkan bahan-bahan yang nantinya bisa kamu gunakan.
  • Setelah itu, kamu bisa mulai berkreasi dengan memilih simbol-simbol yang ada pada bar tengah.
  • Menu ini bisa kamu geser dengan menekan tombol arah panah kanan atau kiri, nantinya akan muncul berbagai simbol-simbol unik lainnya.
  • Tekan layar pada area tertentu untuk meletakkan simbol yang terpilih, kamu juga bisa menggeser layar untuk meletakkan simbol dengan jumlah banyak.
  • Jika lokasi simbol tidak sesuai dengan keinginan, gunakan tombol ‘ulang’ atau undo untuk menghilangkannya.
  • Terdapat juga tombol berlogo ‘tong sampah’ yang bisa kamu gunakan untuk mereset ulang kartu ucapan seperti baru.
  • Setelah selesai berkreasi, tekan tombol kirim yang memiliki bentuk surat pada kanan bawah layar.
  • Kartu Ucapan telah siap untuk kamu bagikan.

Bagikan Kartu Ucapan

Setelah membuat kartu ucapan dari Google Doodle Hari Ibu tersebut, kamu bisa membagikannya ke berbagai sosial media seperti facebook dan twitter, atau lewat pesan email.

Baca Juga: Hari Ibu Setiap 22 Desember, Yuk Rayakan dengan Cara Sederhana Namun Istimewa

Ada juga tombol ‘telusuri’ pada halaman akhir kartu ucapan yang akan membawamu ke pencarian mesin Google terkait Hari Ibu.

Kemudian ada copy link yang bisa kamu gunakan untuk memberi tahu teman atau kerabat terkait fitur untuk membuat kartu ucapan dari Google Doodle Hari Ibu.

Saat menekan link tersebut kamu juga bisa masuk ke arsip Google Doodle yang berisi tentang ucapan dari Google untuk hari Ibu.

Pesan tersebut bertuliskan bahasa inggris, namun jika kamu menerjemahkannya akan berbunyi seperti ini:

“Semua yang berkilau itu bukanlah emas, tapi terkadang itu berguna. Baik mereka dekat atau jauh, jadikan Ibu karya seni dari hati Anda dalam Doodle pembuat kartu digital interaktif hari ini”,

Google juga memberikan ucapan ‘Selamat Hari Ibu!’ yang memberitahukan bahwa hari tersebut memanglah istimewa.

Meski Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember untuk Indonesia, beberapa negara lain memiliki tanggal yang berbeda untuk merayakannya.

Seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Jepang, Australia, maupun Hongkong merayakan Mother’s Day pada hari minggu pada pekan kedua bulan Mei

Sedangkan beberapa negara Eropa dan Timur tengah, merayakan Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day setiap tanggal 8 Maret.

Google Doodle Hari Ibu ini menjadi simbol yang menggambarkan bahwa setiap perayaan Hari Ibu yang berbeda di setiap negara masih memiliki arti yang sama bagi sosok Ibu. (GaluhID/Hega)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan