Jumat, 15 Januari 2021
Jumat, 15 Januari 2021
 
 

Gubernur Minta Masjid di Jabar Selalu Didisinfeksi

Berita Jabar, galuh.id – Gubernur, Ridwan Kamil meminta agar masjid di Jabar selalu didisinfeksi, sebagai upaya untuk mencegah dan melawan penyebaran wabah Covid-19.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Subling atau Subuh Berjamaah Keliling di Masjid Agung Garut, Kabupaten Garut, Minggu (19/7/2020.)

Sebagaimana pesan Ketua Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla bahwa setiap hari masjid harus didisinfeksi, termasuk Masjid di Garut.

“Orang yang datang bisa dari mana saja. Kita tak tahu riwayatnya. Jadi, tolong seluruh masjid di Jabar, kalau bisa disediakan disinfektan. Disemprot tiap hari,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Lukisan Ridwan Kamil Laku Rp 50 Juta di Konser Tribute to Artist

Menurutnya, penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 ini memiliki daya rusak dan daya tular tinggi. Untuk mengatasinya yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan mencegah dan melawan Covid-19.

Masjid di Jabar Patuhi Protokol Kesehatan

Untuk mencegah bisa dilakukan 3 M. Yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Untuk melawan, karena vaksin dan obatnya belum ada, hanya bisa dengan menyemprotkan disinfektan.

Upaya melawan Covid-19 tersebut menjadi sosialisasi sekaligus wujud edukasi Pemda Provinsi Jabar. Agar masyarakat menjaga kesehatan dan tetap waspada di masa AKB.

Gubernur Jabar pun mengajak para jemaah dan masyarakat Jabar pada umumnya, untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Terutama nikmat kesehatan dan silaturahmi.

“Saat ini kita menyadari betapa mahalnya menjaga dan mensyukuri nikmat kesehatan. Saya doakan semua sehat dan bebas dari Covid-19,” ucapnya.

Namun, nikmat silaturahmi ternyata selama ini kurang bisa disyukuri. Misalnya saat lebaran kemarin tak bisa mudik. Hal itu menandakan betapa mahalnya silaturahmi fisik.

Menjadi Subling pertama sejak pandemi, Gubernur Jabar mengaku senang karena program keagamaan Pemda Provinsi Jabar ini bisa kembali digelar.

Sebelumnya, kegiatan Subling atau Subuh Berjamaah Keliling sempat terhenti sekitar 4 bulan akibat pandemi Corona.

Kegiatan Subling kembali digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 di tempat ibadah atau masjid di Jabar. Seperti memakai masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

“Saya sangat terharu. Ini subling pertama saya sebagai gubernur. Setelah 4 bulan tak bisa melaksanakan karena pandemi,” jelas Ridwan Kamil. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Vaksinasi Covid-19 di Jabar

Berita Jabar, galuh.id – Plt. Kepala Dinkes provinsi Jabar Dewi Sartika mengatakan, ada sejumlah hal yang harus kabupaten/kota perhatikan saat vaksinasi Covid-19 di Jabar. Pertama,...

6 Kabupaten di Jabar Jadi Zona Merah Covid-19, Termasuk Ciamis

Berita Jabar, galuh.id - Sebanyak 6 kabupaten/kota di Jawa Barat dinyatakan sebagai zona merah Covid-19. Keenam kabupaten/kota tersebat adalah Kabupaten Karawang, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi,...

20 Daerah di Jabar Terapkan PSBB Proporsional, Ini Kriteria Penilaiannya

Berita Jabar, galuh.id - Sebanyak 20 daerah di Jabar akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Proporsional mulai tanggal 11 sampai 25 Januari...

Temukan Kami

48,153FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya