Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Insentif Kartu Prakerja, Informasi Terbaru yang Harus Anda Tahu

Berita Nasional, galuh.id – Insentif kartu prakerja selalu ditunggu informasinya, terutama progress pencairan insentif untuk para korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang berasal dari berbagai perusahaan di berbagai daerah tersebut merupakan imbas dari pandemi Corona.

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Belum Cair? Coba Cek Ini Dulu!

Kartu prakerja sebagai solusi untuk masyarakat Indonesia yang ingin memiliki serta meningkatkan keterampilan dengan diberikannya biaya pelatihan oleh pemerintah.

Kemudian kartu prakerja ini bukan hanya untuk yang sedang mencari pekerjaan saja, tetapi bisa digunakan untuk buruh dan pegawai.

Untuk dapat melakukan pencairan dari kartu prakerja tersebut, peserta harus dapat menyelesaikan pelatihan terlebih dahulu.

Pemerintah telah menerima sebanyak 680.256 peserta dari tiga gelombang yang telah selesai dilakukan, namun belum seluruhnya bisa dicairkan.

Insentif Kartu Prakerja Akan Cair Jika Telah Menyelesaikan Seluruh Pelatihan

Tercatat peserta yang telah menyelesaikan pelatihan sebanyak 434 ribu peserta dan sudah dicairkan Insentifnya sebanyak 361.214 peserta.

Peserta mendapatkan insentif sebesar Rp. 600 ribu, seperti yang disampaikan oleh Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana, Panji Winanteya Ruky.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan insentif peserta kartu prakerja selain harus menyelesaikan pelatihan, terlebih dahulu harus verifikasi rekening.

Untuk biaya pelatihan pada program kartu prakerja  yang harus diselesaikan atau ditempuh oleh peserta berbentuk voucher sebesar Rp. 1 juta.

Kemudian insentif sebesar Rp. 600 ribu per bulan tersebut akan diberikan pada peserta selama empat bulan.

Selanjutnya terdapat survey tiga kali, dan terdapat biaya survey masing-masing Rp. 50 ribu, sehingga total peserta mendapatkan Rp. 3,55 juta.

Peserta karu prakerja pada gelombang pertama menurut Panji, sebanyak 161.512 peserta yang berasal dari korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kemudian untuk jumlah peserta gelombang kedua sebanyak 132.642 peserta sedangkan sebanyak 98.184 jumlah peserta kartu prakerja gelombang tiga.

Untuk gelombang empat menurut Panji, penerimaan peserta belum dapat dilakukan karena masih dalam proses review bersama lembaga pengawas pemerintah.

Peserta yang belum menyelesaikan pelatihan harus segera menyelesaikan agar insentif kartu prakerja sebesar Rp. 600 ribu per bulan dapat dicairkan.

Cara Memilih Pelatihan Prakerja

Peserta yang belum melakukan pelatihan terlebih dahulu harus memilih jenis pelatihan terlebih dahulu tentunya disesuaikan dengan bakat atau kemampuan diri.

Saat memilih jenis pelatihan tersebut, peserta dapat menggunakan saldo kartu prakerja yang berupa voucher tersebut.

Jumlah voucher untuk peserta kartu prakerja sebesar Rp. 1 juta, dan bisa dipergunakan untuk biaya pelatihan yang dipilih oleh peserta.

Tersedia sebanyak 1.500 pelatihan untuk peserta penerima kartu prakerja, sehingga peserta dengan leluasa untuk memilih jenis pelatihan.

Jenis pelatihan yang banyak tersebut terdapat berbagai jenis materi sehingga peserta bisa menyesuaikan sesuai bakat untuk mengembangkan diri.

Pelatihan tersebut harus ditempuh dan diselesaikan karena sebagai syarat pencairan Insentif kartu prakerja dari pemerintah.

Sehingga peserta kartu prakerja yang telah lolos dan akan pelatihan harus dengan bijak untuk memilih jenis pelatihan yang akan ditempuhnya.

Karena dikhawatirkan jika tidak sesuai dengan potensi diri tidak dan tidak sesuai dengan kemampuan diri pelatiha tidak dapat diselesaikan.

Peserta terlebih dahulu bisa mencari dan memilih jenis pelatihan melalui situs mitra platform digital, peserta bisa membandingkan satu sama lainnya.

Pada situs mitra platform tersebut, peserta penerima kartu prakerja bebas memilih dari banyak pilihan jenis pelatihan.

Selain memilih pelatihan sesuai dengna potensi atau bakat kemampuan diri, peserta harus memperhatikan dengan membandingkan satu sama lainnya.

Peserta harus dapat membandingkan konten, silabus, harga, durasi, serta persyaratan peserta dari setiap pelatihan dari masing-masing mitra pelatihan.

Kemudian periksa terlebih dahulu ulasan serta rating dari pengguna lain, dan peserta bebas memilih dengna menggunakan voucher Rp. 1 juta.

Agar tidak sia-sia dan tidak kalah pentingnya peserta harus perhatikan serta pastikan terdapat sertifikat apabila telah selesai melakukan pelatihan.

Selain peserta harus menuntaskan seluruh pelatihan, peserta harus mengikuti evaluasi dan harus mendapatkan sertifikat kelulusan dari mitra yang mengadakan pelatihan.

Setelah peserta berhasil menempuh seluruh pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan insentif kartu prakerja sebesar Rp. 600 ribu dapat dicairkan. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Awan Tsunami di Meulaboh, Benarkah Pertanda Tsunami dan Gempa?

Awan Tsunami di Meulaboh, kabupaten Aceh Barat pada Senin 10 Agustus 2020 viral di media sosial. Warga Meulaboh mengabadikannya melalui foto dan...

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Ini Caranya Biar Lolos

Berita Nasional, galuh.id - Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 4 sudah bisa dilakukan mulai Sabtu (8/8/2020) kemarin, setelah pemerintah resmi membuka pendaftaran.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

Berita Nasional, galuh.id - Daftar kartu Prakerja gelombang 4 online sudah dibuka. Caranya dengan login www.prakerja.go.id yang merupakan situs resmi Prakerja.

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...