Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku usaha kecil menengah di Ciamis secepat mungkin.

Hal itu dilakukan mengingat izin legalitas produk UMKM khususnya di bidang makanan olahan, masih banyak yang belum mendapatkanya.

Yana mengatakan, Pemkab Ciamis akan berupaya agar pengurusan perizinan legalitas, mulai dari SPPT, BPOM, PIRT hingga label Halal bisa didapatkan dengan mudah oleh pelaku UMKM.

”Nanti kita upayakan. Agar izin legalitas produk UMKM bisa secepat, semudah, dan semurah mungkin didapatkan pelaku usaha,” kata Yana, di Aula Dinas Koperasi UKM Ciamis, Kamis (13/8/2020).

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Regulasinya Akan Dikaji

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kajian regulasi yang ada. Apabila ada regulasi yang menghambat, nanti segera direvisi. Kalau ada regulasi yang tidak ada, maka akan diperjuangkan.

Menurut Yana, intinya adalah bagaimana supaya pelaku usaha ini bisa dengan cepat, mudah dan murah dalam mendapatkan izin legalitas terkait produk yang dihasilkanya.

”Supaya nanti produk yang dihasilkan bisa didistribusikan dan bersaing dengan produk dari luar Ciamis,” jelas Yana.

Yana mengatakan, potensi pelaku UKM di Ciamis sangat besar. Untuk itu, pemkab mengadakan rapat terkait izin legalitas karena potensi UMKM besar bagi perkembangan perekonomian Ciamis.

Terkait kendala label halal, kata Yana, dulu pengurusannya harus ke MUI. Tapi sekarang harus ke Kemenag Provinsi. Biayanya pun cukup mahal sekitar Rp 4 sampai Rp 5 juta.

“Biaya label halal sekitar 4 sampai 5 juta dengan masa berlaku untuk 2 tahun. Itupun harus ke Kemenag Provinsi. Bukan MUI. Kan kasihan mereka,” ujarnya.

Agar Produk UKM Punya Daya Saing

Sementara untuk SDM pelaku usaha, pemkab Ciamis melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan secara rutin terus melakukan pelatihan.

Pelatihan tersebut bertujuan agar nanti pelaku usaha bisa memiliki kemampuan. Sehingga produk yang dihasilkannya berkualitas dan memiliki daya saing.

“Izin legalitas produk UMKM akan kami kaji dulu. Mungkin akan ada beberapa hal yang bisa jadi gratis. Ada juga hal yang membutuhkan perjuangan,” pungkas Wabup Ciamis. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...