oleh

Jadwal Liga 2 2020 dan Daftar Klub Peserta

Hubungi
 
 

Info Liga 2, galuh.id – Jadwal Liga 2 2020 dan pembagian grup musim depan belum dilakukan. Namun, sebanyak 24 tim ikut serta dan akan dibagi dua wilayah.

Hingga saat ini waktu dimulainya Liga belum diumumkan. Biasanya menunggu hasil Kongres Tahunan PSSI, yang pada tahun ini akan diselenggarakan pada 25 Januari 2020 mendatang.

Loading...

Jawa Tengah sangat dominan dengan 4 perwakilannya di kompetisi kasta kedua Liga Sepak Bola Indonesia ini, yakni Persekat Tegal, Persijap Jepara, PSCS Cilacap dan Persis Solo.

Sementara dari beberapa provinsi seperti  Riau, Banten, Kaltim, Jatim, dan Papua masing-masing dengan dua perwakilan, sisanya satu klub mewakili satu provinsi.

Komposisi klub sendiri di kompetisi nanti berjumlah 24 klub yang nantinya dibagai kdalam dua wilayah, yakni Wilayah Barat dan Timur, masing-masing wilayah akan diisi 12 klub.

Pada kompetisi musim ini Liga 2 akan kedatangan tim-tim baru yaitu 3 tim degradasi Liga 1 2019 dan 6 tim yang telah memastikan diri promosi dari Liga 3 ke Liga 2 2020.

Tiga tim yang terdegradasi tersebut adalah Kalteng Putra, Perseru Badak Lampung FC dan Semen Padang. Ketiga klub tersebut menggantikan Persita, Persiraja dan Persik yang promosi ke Liga 1.

Sementara 6 tim promosi Liga 3 2019 yaitu PSKC Cimahi, PS AS Abadi, Persekat Tegal, Persijap Jepara, Putra Sinar Giri, dan Persigo Semeru FC.

Keenam tim tersebut menggantikan enam tim yang terdegradasi ke Liga 3 2020 yakni, PSGC Ciamis, Blitar Bandung United, Persibat, Madura FC , Persatu Tuban dan PSMP Mojokerto (diskualifikasi).

Tetapi sebelum liga dimulai dan jadwal liga 2 2020 dikeluarkan, tim-tim tersebut harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu sebelum secara resmi ditetapkan sebagai Peserta Liga 2 2020.

Verifikasi yang dilakukan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) nantinya meliputi beberapa aspek terkait legalitas klub, seperti bagaimana status profesionalisme klub terkait badan hukum.

Kemudian kondisi keuangan, kontrak pemain, tunggakan gaji sebelumnya, persyaratan bagi pemain, pajak, peningkatan kapasitas wasit, dan infrastruktur.

Berikut pembagian group wilayah Liga 2 Indonesia 2020 yang masih menunggu rilis resmi:

Wilayah Barat

Badak Lampung FC
Semen Padang FC
PSMS Medan
KS Tiga Naga
PSPS Pekan Baru
Babel United
Sriwijaya FC
Cilegon United
Perserang Serang
PSKC Cimahi
PSCS Cilacap
Persekat Kab Tegal

Wilayah Timur

Persiba Balikpapan
PS Mitra Kukar
Martapura FC
Kalteng Putra FC
Persis Solo
Persijap Jepara
PSIM Yogyakarta
Putra Sinar Giri FC
Semeru FC
Sulut United
PSBS Biak
Persewar Waropen

(GaluhID/Dhi)

loading...

BERITA SELANJUTNYA