Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Lionel Messi Ulang Tahun dan Catatan Golnya yang Mengesankan

Berita Olahraga, galuh.id – Lionel Messi ulang tahun hari ini, Rabu (24/6/2020). Pasalnya, megabintang Barcelona itu ulang tahun tepat berusia 33 tahun.

Untuk ukuran pemain sepak bola, usia itu sudah cukup tua. Mungkin tak lama lagi Lionel Messi akan mulai meredup karena dimakan usianya.

Maka, industri sepak bola harus segera membuat pengganti Messi. Agar para penggemar tidak begitu kehilangan apa bila dikemudian hari ia pensiun.

Lionel Messi Ulang Tahun

Sebagai pesepak bola terhebat di dunia, Messi telah banyak memecahkan rekor sepanjang kariernya termasuk beberapa torehan golnya yang mengesankan.

Messi memulai debut profesionalnya di lapangan hijau pada 2004 bersama Barcelona, tetapi baru pada musim 2008 dia baru mencetak gol.

Torehan gol ini tentunya bukan kali pertama dia mencetak gol, akan tetapi terasa spesial karena dicetak melalui bola mati.

Pemain asal Argentina itu membutuhkan waktu empat tahun untuk mencetak gol tendangan bebas pertamanya sebagai seorang pemain profesional.

Setelah debutnya itu, pemain yang miliki julukan La Pulga itu tidak berhenti dan sudah 12 musim berturut-turut mencetak setidaknya satu gol lewat bola mati.

Semenjak mencetak gol ke gawang Atletico Madrid di Liga Spanyol pada 2008 silam dan sepanjang karirnya Messi telah mencetak 52 gol dalam mode bola mati ini.

Menurut data yang diperoleh dari Opta Joe, musim lalu menjadi yang spesial dan terproduktif dengan mencetak delapan gol (dua di Liga Champions dan enam di La Liga).

Di mana salah satu gol yang dicetak Lionel Messi adalah ke gawang Liverpool pada laga semifinal Liga Champions.

Sejauh ini, Messi telah mencetak gol tendangan bebas kepada 29 klub berbeda, baik di kompetisi La Liga maupun di kompetisi internasional.

Di Liga Spanyol, klub yang sering dibobol lewat bola mati adalah Espanyol yang berasal dari Catalan sekaligus tim rival sekota Barcelona itu ia telah mencetak gol dalam enam kesempatan.

Kemudian diikuti dengan membobol gawang Athletic de Bilbao dan Sevilla dengan lima gol, dan Atletico Madrid dan Celta de Vigo dengan tiga gol.

Lantas, apa rahasia keampuhan Lionel Messi dalam tendangan bebas?

Menurutnya, ia sering mengasahnya saat sesi latihan dan sebelum melakukan tendangan bebas, dia mempelajari kebiasaan kiper lawan yang berdiri di belakang pagar betis.

“Saya mulai sering mempelajari tendangan bebas dengan melihat apakah kiper bergerak sebelum bola di tendang,” ujar Lionel Messi, seperti dikutip dari Daily Mail.

“Selain itu perhatikan kiper bergerak satu langkah atau bereaksi, dan juga di mana dia menempatkan para pemain di depannya,” ungkap Messi, menambahkan

Tendangan bebas Messi selalu mampu membuat lawannya ketakutan, terutama kiper dan pemain yang membentuk pagar betis.

Pasalnya, lawan tidak pernah tahu apa yang akan dilakukan dengan bolanya tersebut.Terkadang Lionel Messi mengeksekusi sekencang-kencangnya.

Bahkan terkadang Messi memanfaatkan celah pagar hidup, mengarahkan kiper, atau terkadang melepaskan tendangan bebas mendatar.

Messi memang selalu punya catatan tendangan bebas yang impresif dengan kejeliannya. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir akurasinya meningkat pesat.

Torehan Lionel Messi pada tiga musim terakhir ini telah mengukir 19 gol melalui skema tendangan bebas yang akurat dan jitu.

Messi Bukanlah yang Terbaik soal Tendangan Bebas

Namun, Messi bukan lah yang terbaik soal tendangan bebas sepanjang masa. Meski dalam presentasenya tidaklah mengecewakan.

Soalnya tak banyak pemain yang punya spesialisasi tendangan bebas. Beberapa pemain yang dikenal kerap menjadi algojo tendangan bebas ialah Neymar Jr hingga Cristiano Ronaldo.

Meski kerap mengambil tendangan bebas, para pemain-pemain tersebut bukan termasuk yang paling produktif.

Tenyata, masih ada pemain lain yang sering mencetak gol melalui tendangan bebas terukurnya yang paling produktif sepanjang masa.

Siapa dia? Tak lain dan tak bukan semua pihak sepakat bahwa maestro tendangan bebas adalah gelandang asal Brasil, Juninho Pernambucano.

Juninho saat ini memang sudah pensiun dari lapangan hijau, namun catatan impresif soal tendangan bebasnya selalu diperbincangkan oleh para penggemarnya.

Bahkan Juninho, kerap dijadikan sebagai tolok ukur bagi para pemain yang ingin mahir dalam melakukan tendangan bebas.

Sepanjang berkarir ia telah melesakkan 77 gol melalui tendangan bebas terukur, baik bersama klub maupun Timnas Brasil

Saat ini menduduki jabatan direktur olahraga di klub Ligue 1, Lyon, yang merupakan mantan klubnya selama berkarir di lapangan hijau.

Meskipun kalah jago soal tendangan bebas Messi tetap seorang megabintang yang tak akan habis diperbincangkan. Lionel Messi, Selamat ulang tahun. (GaluhID/Dhi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Daftar Top Skor Liga Inggris, Mo Salah Bayangi Vardy dan Aubameyang

Daftar top skor Liga Inggris kembali memanas pasca pertandingan Liverpool VS Brighton pada 9 Juli 2020 di stadion Falmer. Mohamed Salah berhasil...

Soal Pemain Muda, Legenda Persib Minta PSSI Berkaca pada Vietnam

Berita Persib, galuh.id - Legenda Persib Bandung, Yudi Guntara memberikan komentar terhadap PSSI yang tengah mempersiapkan Timnas Indonesia menghadapi Piala Dunia U-20.

Arsenal VS Leicester City, Unjuk Gigi Striker Terbaik Liga Inggris

Arsenal VS Leicester City pada Rabu (8/7/2020) dini hari tadi, merupakan ajang yang membuktikan striker terbaik di liga Inggris antara Aubameyang dan...

Temukan Kami

49,406FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Kejaksaan Negeri Ciamis Musnahkan Narkoba: Obat-obatan Diblender, Ganja Dibakar

Ciamis, Galuh.ID - Kejaksaan Negeri kabupaten Ciamis musnahkan barang bukti narkoba berupa obat-obatan terlarang, ganja dan minuman keras pada Selasa (13/11/2018) di halaman kantor...

Ditegur Lantaran Berjenggot, Satpam di Ciamis Diminta Mengundurkan Diri?

Ciamis, galuh.id -  Sungguh malang nasib Mohamad Elyas Ruhiat, gara-gara memiliki jenggot tebal di dagunya, dirinya harus rela keluar dari pekerjaannya sebagai...

Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Jabar Budayakan Urban Farming

Berita Jabar, galuh.id - Urban farming atau bercocok tanam di lingkungan rumah dan perkotaan jadi momentum tepat di saat pandemi Covid-19. Karena...

KKN IAID Darusalam Ciamis Inisiasi Dialog Kepemudaan di Pangandaran

Pangandaran, galuh.id - Kelompok Kuliah Kerja Nyata Institut Agama Islam Darussalam Ciamis menginisiasi dialog kepemudaan yang diikuti oleh belasan pengurus Karang Taruna...

Tidak Cuma Senang-senang, Manfaat Liburan Juga Bisa Tingkatkan Produktivitas Kerja

Gaya Hidup, galuh.id - Hal sepele tapi penting, ya liburan. Pernahkah kamu ditolak saat mengajukan cuti untuk liburan? Padahal jatah cuti adalah...