Kamis, 21 Januari 2021
Kamis, 21 Januari 2021
 
 

Liverpool Juara Liga Inggris 2020, Setelah 30 Tahun Menanti

Berita Olahraga, galuh.id – Liverpool juara Liga Inggris 2020, Berkat hasil Liga Inggris pada Jumat (26/6/2020) dini hari WIB tadi, akhirnya merebut tahta juara Premier League.

Hasil laga Chelsea vs Manchester City menjadi pertandingan yang membuat The Reds Liverpool meraih gelar juara musim ini.

Tiga poin berhasil direngkuh Chelsea berkat kemenangan 2-1 di laga tersebut, menjadi pesta kecil bagi fans Liverpool yang menyaksikan pertandingan dengan seksama.

Hasil dari pertandingan tersebut memang telah jauh hari menjadi salah satu opsi, yang akan membawa Liverpool juara setelah menunggu 30 tahun.

Pada table sementara Liga Inggris sampai pekan ke-31 ini, Liverpool berada di puncak klasemen dengan mengumpulkan 86 poin.

Ada jarak 23 angka dari Manchester City, yang punya koleksi 63 poin dari 31 laga, di posisi kedua.

Dengan asumsi kompetisi menyisakan 7 pertandingan yang akan dilakoni oleh Manchester City sudah tidak bisa lagi mengejar poin Liverpool.

Poin maksimal yang akan diraih oleh skuat asuhan pelatih asal Spanyol, Josep Guardiola itu adalah 21 poin dan bila dijumlahkan menjadi 87 poin.

Menariknya, di pertandingan berikutnya pada pekan ke-32, Liverpool akan bertamu ke markas Manchester City pada 3 Juli nanti.

Liverpool datang ke Etihad Stadium sudah dengan predikat juara Liga Inggris musim 2019/20. Bisa begitu ya?

Ya, Liverpool juara Liga Inggris 2020 tidak terhindarkan. Meski liga sempat diberhentikan akibat pandemi Covid-19.

Namun ketika Premier League kembali restart pada pekan lalu, Liverpool memang sedang menjemput gelar mereka dan menumbangkan dominasi City.

Liverpool Hampir Terpeleset

Liverpool mengawali restartnya beberapa hari lalu dengan hasil tidak sempurna. Mereka memetik empat poin dari dua laga perdana dengan torehan empat gol tanpa kebobolan.

Secara bersamaan Manchester City yang berada di posisi kedua mendapati hasil sempurna dengan dua kemenangan dengan torehan delapan gol

Raihan poinnya di klasemen sempat mendekati calon juara Liverpool yang lajunya tertahan oleh Everton di pekan pembuka Liga Inggris di era normal baru.

Suara-suara sumbang yang meragukan peluang Liverpool juara Liga Inggris 2020, kembali bermunculan. Hal ini dipicu oleh hasil di laga Derby Merseyside itu.

Tetapi kemenangan meyakinkan The Reds atas Crystal Palace, Kamis (25/6/2020) dini hari WIB, membuat jarak antara kedua pemuncak itu melebar lagi.

Liverpool Juara Setelah Menunggu 30 Tahun

Dalam sejarah sepak bola Inggris, Liverpool tercatat sebagai klub tersukses kedua dalam hal meraih trofi di Liga Inggris.

Sepanjang sejarah berdirinya klub, The Reds telah meraih 18 trofi, terpaut dua buah dari pengoleksi gelar terbanyak yakni Manchester United.

Akan tetapi di era Premier League yang mulai berlangsung sejak 1992-1993, Liverpool tak pernah menjadi juara. Lantas, mengapa koleksi gelar Liverpool begitu banyak?

Ya, Si Merah begitu dominan di periode  tahun 1970 hingga awal 1990-an. Dalam periode itu, Liverpool total mengemas 11 gelar.

Tapi, pada musim 1989-1990 menjadi musim terakhir Liverpool mengangkat supremasi tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth.

Saat itu musim 1989-1990 diikuti 20 klub. Liverpool ditangani player-manager Kenny Dalglish plus dimotori penyerang haus gol, Ian Rush.

Pada delapan laga awal di Liga Inggris 1989-1990, Bruce Grobbelaar dan kawan-kawan tak terkalahkan dengan raihan lima menang dan tiga imbang.

Dalam tujuh laga setelahnya Liverpool memang sempat mengalami empat kekalahan. Akan tetapi setelahnya, Liverpool hanya mengalami satu kekalahan dalam 22 laga.

Alhasil di akhir kompetisi, Liverpool juara Liga Inggris 2020 dengan mengemas 23 menang, 10 imbang dan 5 kalah dari 38 pertandingan. Total Liverpool mengemas 79 poin, unggul sembilan angka dari Aston Villa di posisi dua.

Akan tetapi seperti yang diutarakan di atas, Liverpool tak pernah lagi menjadi yang terbaik di Liga Inggris. Pencapaian terbaik mereka hanyalah finis di posisi dua musim 2001-2002, 2008-2009 dan 2013-2014.

Sekarang tugas pelatih Jurgen Klopp dengan mengembalikan kejayaan Liverpool juara Liga Inggris 2020, telah ia lakukan dengan kesabaran, ketekunan dan kerja kerasnya.

Setelah mengalami kegagalan demi kegagalan semenjak menukangi Liverpool pada musim 2015/2016 silam, pelatih berpaspor Jerman itu dapat melakukannya pada musim ini. Selamat untuk Liverpool juara Liga Inggris 2020. (GaluhID/Dhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Top Skor Liga Inggris 2020: Calvert-Lewin Disamai Salah dan Son Heung-Min

Daftar top skor Liga Inggris 2020, striker Everton Dominic Calvert-Lewin tak lagi bertengger sendirian di posisi teratas saat ini. Mohamed Salah-nya Liverpool dan Son Heung-Min-nya...

Hasil Liga Inggris: Liverpool Kudeta Puncak Klasemen

Hasil Liga Inggris pada pekan ke-14 yang berlangsung dini hari tadi, mengubah persaingan di klasemen sementara sehingga semakin sengit. Liverpool yang menjamu pemuncak klasemen Tottenham...

Leeds vs West Ham 1-2, The Hammers Menang Lewat 2 Gol Sundulan

Leeds vs West Ham menjadi laga pembuka Liga Inggris musim 2020/2021 yang telah memasuki pekan ke-12. West Ham yang bertindak sebagai tim tamu menaklukkan Leeds...

Temukan Kami

48,124FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya