Sabtu, 23 Januari 2021
Sabtu, 23 Januari 2021
 
 

Mengenal Fitur Fact Check Facebook, Bermanfaat Tapi Susah Didapatkan

Mengenal Fitur Fact Check Facebook, Bermanfaat Tapi Susah Didapatkan

Opini, galuh.id – Penyebaran informasi memberikan dampak yang sangat positif, namun saat ini yang kita terima adalah hal-hal negatif seperti HOAX. Hoax muncul seiring dari efek penyebaran informasi sekaligus menjadi momok yang menakutkan.

Berbicara penyebaran informasi, tentu kita tidak lupa dengan perilaku Netizen di jaman sekarang. Kebanyakan dari mereka melewatkan momen untuk membaca “Manual Guide” dalam menggunakan sosial media.

Padahal beberapa situs media sosial menawarkan fitur yang rasa-rasanya sangat penting namun sering dianggap sepele. Sebut saja, Fact Check. Anda yang suka baca berita terus membagikannya di Facebook, wajib tahu mengapa fitur ini diciptakan.

Jauh-jauh hari Facebook sudah menawarkan fitur ini. Fitur ini dapat memberitahu kita apakah informasi yang dibagikan sudah relevan atau tidak dengan kejadian yang sebenarnya.

Facebook dari awal sudah memerangi berbagai kesalahan yang timbul akibat perilaku penggunanya. Tidak semua situs media sosial bisa lolos dalam hal ini.

Saya yang saat ini sedang mengembangkan startup di bidang media kesulitan sekali mendapatkan label Fact Check. Usut punya usut, media yang ingin mendapatkan label Fact Check harus rela diperiksa validitasnya oleh badan international bernama Poynter Institute.

Institusi yang mengusung tema “A global leader in jurnalism” ini melahirkan sebuah produk IFCN – International Fact Check Network atau Jaringan Pengecekan Fakta International.

Badan Internasional ini mengusung tema “Code Of Principle”, berisi serangkaian komitmen yang dipatuhi oleh setiap organisasi untuk mempromosikan keunggulan dalam pengecekan fakta di dalam berita.

Pengecekan fakta merupakan alat transparansi para jurnalis agar memiliki akuntabilitas yang kuat. Memang benar, tidak semua media menawarkan informasi secara transparan. Setidaknya media tersebut harus jujur dan dapat dipercaya.

Penulis adalah developer web Galuh ID, Ruber ID, dan beberapa situs lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Musim Hujan Tiba, Waspada Banjir Jakarta

Opini, galuh.id - Hujan sejatinya membawa berkah bagi kehidupan. Akan tetapi karena sesuatu hal -- misalnya tata kelola lingkungan yang salah,  hujan yang datang...

Penundaan Pilkades Serentak Tahun 2020 dalam Perspektif Politik Hukum

Pandemik Covid 19 tidak saja telah mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat tetapi juga telah mempengaruhi kondisi sosial dan ekonomi. Secara sederhana dapat kita saksikan bagaimana...

Mimbar Mahasiswa: ‘Penghianatan Kaum Intelektual’

Pergerakan seorang mahasiswa adalah bentuk tanggung jawab dan amanah sebagai perwakilan pemuda yang berpendidikan. Etika, moral, intelektualitas dan kebebasan berpendapat adalah satu kesatuan yang melambangkan...

Temukan Kami

48,112FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya