Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Mengenal Fitur Fact Check Facebook, Bermanfaat Tapi Susah Didapatkan

Mengenal Fitur Fact Check Facebook, Bermanfaat Tapi Susah Didapatkan

Opini, galuh.id – Penyebaran informasi memberikan dampak yang sangat positif, namun saat ini yang kita terima adalah hal-hal negatif seperti HOAX. Hoax muncul seiring dari efek penyebaran informasi sekaligus menjadi momok yang menakutkan.

Berbicara penyebaran informasi, tentu kita tidak lupa dengan perilaku Netizen di jaman sekarang. Kebanyakan dari mereka melewatkan momen untuk membaca “Manual Guide” dalam menggunakan sosial media.

Padahal beberapa situs media sosial menawarkan fitur yang rasa-rasanya sangat penting namun sering dianggap sepele. Sebut saja, Fact Check. Anda yang suka baca berita terus membagikannya di Facebook, wajib tahu mengapa fitur ini diciptakan.

Jauh-jauh hari Facebook sudah menawarkan fitur ini. Fitur ini dapat memberitahu kita apakah informasi yang dibagikan sudah relevan atau tidak dengan kejadian yang sebenarnya.

Facebook dari awal sudah memerangi berbagai kesalahan yang timbul akibat perilaku penggunanya. Tidak semua situs media sosial bisa lolos dalam hal ini.

Saya yang saat ini sedang mengembangkan startup di bidang media kesulitan sekali mendapatkan label Fact Check. Usut punya usut, media yang ingin mendapatkan label Fact Check harus rela diperiksa validitasnya oleh badan international bernama Poynter Institute.

Institusi yang mengusung tema “A global leader in jurnalism” ini melahirkan sebuah produk IFCN – International Fact Check Network atau Jaringan Pengecekan Fakta International.

Badan Internasional ini mengusung tema “Code Of Principle”, berisi serangkaian komitmen yang dipatuhi oleh setiap organisasi untuk mempromosikan keunggulan dalam pengecekan fakta di dalam berita.

Pengecekan fakta merupakan alat transparansi para jurnalis agar memiliki akuntabilitas yang kuat. Memang benar, tidak semua media menawarkan informasi secara transparan. Setidaknya media tersebut harus jujur dan dapat dipercaya.

Penulis adalah developer web Galuh ID, Ruber ID, dan beberapa situs lainnya

Ilham Nurhamzah
Mengamati apa yg ada di sekeliling dengan sangat jeli & mmprtahankan apa yg sudah benar pd tempatnya!
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Mawas Diri Terhadap Alam

Bulan Juni, dapat dikatakan sebagai bulan untuk kita bermawas diri terhadap alam. Setidakna ada dua tanggal di bulan Juni, yakni 5 Juni...

New Normal dan Berdamai dengan Corona, Siapa Takut?

Opini, galuh.id - Saya tidak mau berpolemik apa makna new normal atau berdamai dengan Corona dalam konteks kehidupan bagi para pekerja seperti...

Nonton The World of The Married, Apa Menariknya Sih?

Opini, galuh.id - The World of The Married salah satu drama Korea (drakor) yang tengah menjadi perbincangan saat ini. Dari kaula muda...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.