Gambaran tentang keberterimaan, perbandingan, dampak, kelebihan, dan kelemahan dalam meningkatkan keterampilan menulis.
Analisis dan studi ini memiliki implikasi teoretis dan praktis tentang ATID dengan metode HOTS dan TPACK.
Ditunjang dengan berpikir induktif dan operasi dasar. Yang dapat mengembangkan keterampilan menulis.
Secara teoretis, studi ini berimplikasi pada pembelajaran menulis dan Pendidikan. Yang tak hanya mengeksploitasi untuk menguasai tujuan pembelajaran semata.
Tapi juga proses pembelajaran dan pendidikan bisa meningkatkan kemampuan. Sesuai tujuan kurikulum yang berbasis kompetensi dan sesuai kurikulum 2013.
Saatnya Tenaga Akademik Jadi Agen Pembaharuan
Secara praktis, ATID dapat untuk meningkatkan pembelajaran menulis di setiap jenjang pendidikan.
Dalam keterampilan menulis pada abad 21, berbagai kemampuan yang dibedakan oleh para individu tersebut bagaimana untuk meningkatkan kemampuan menulis.