Senin, 18 Oktober 2021 | 8:27
Senin, 18 Oktober 2021
More
    BJB

    Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Begini Tips Biar Berhasil!

    Berita Nasional, galuh.id – Pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4 di situs prakerja.go.id bisa dilakukan menggunakan ponsel atau HP. Selain itu, juga bisa memakai laptop dan PC komputer.

    Bagi pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan, dapat mendaftar kartu Prakerja gelombang 4 secara online di situs www.prakerja.go.id.

    Awalnya, pendaftaran Prakerja gelombang 4 akan dibuka pada 26 Mei lalu. Namun, pihak pengelola Prakerja memutuskan menunda jadwal pendaftaran.

    Sebab, pihak pengelola Prakerja masih melakukan proses evaluasi pelaksanaan dan mempertimbangkan masukan-masukan dari lembaga pengawas pemerintah.

    ”Masih dilakukan evaluasi. Juga mempertimbangkan masukan publik dan lembaga pengawas pemerintah,” ujar Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky, Rabu (27/5/2020).

    Pogram kartu Prakerja 2020 juga menyediakan pelatihan kewirausahaan bagi peserta atau calon barista yang ingin memulai bisnis kopi.

    Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Bisa Untuk Non PHK

    Sebagai informasi, kartu Prakerja diprioritaskan untuk pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan, atau usahanya menurun.

    Kendati begitu, mereka yang tidak menjadi korban PHK pun boleh ikut mendaftar. Dengan catatan harus memenuhi tiga persyaratan. Yaitu WNI, usia minimal 18 tahun, dan tidak sedang bersekolah atau kuliah.

    Jadi, bagi kamu yang bukan korban PHK dan sudah memenuhi persyaratan, bisa ikut mendaftar kartu prakerja gelombang keempat untuk mendapat insentif.

    Untuk peserta kartu Prakerja yang lolos, nantinya akan mendapatkan insentif kartu Prakerja dengan total sebesar Rp 3.550.000.

    Tata Cara untuk mendaftar

    Meski kartu Prakerja gelombang 4 belum dibuka, namun tak ada salahnya untuk memahami bagaimana tata cara pendaftaran dan tahapannya.

    Pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4 dilakukan secara online di prakerja.go.id dengan cara sebagai berikut :

    Membuat Akun

    Login ke website prakerja.go.id Pilih menu Daftar Sekarang, masukkan nama lengkap, email, dan password.

    Kemudian Cek email dari Prakerja dan Ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah akun berhasil terkonfirmasi, kembali lagi ke situs prakerja.go.id

    Mengisi Data diri

    Login ke akun prakerja.go.id dengan email dan kata sandi yang baru dibuat. Lalu masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, Isi data diri formulir kartu Prakerja.

    Pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 selanjutnya adalah unggah foto KTP berikut foto selfie/swafoto sambil memegang KTP. Lalu masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan ke ponselmu melalui SMS.

    Ikuti Tes Kemampuan Dasar

    Peserta harus mengikuti tes kemampuan dasar. Tes ini selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu.

    Selesai tes, tunggu notifikasi email pemberitahuan dari Prakerja. Setelah ada email pemberitahuan, kembali lagi ke situs prakerja.go.id lalu gabung ke gelombang pendaftaran.

    Jika sudah berhasil gabung, kamu akan mendapatkan notifikasi. Setelah melewati seluruh tahapan, kamu tinggal menunggu notifikasi. Apakah kamu diterima atau tidak sebagai peserta kartu Prakerja 2020.

    Jika kamu mendapat notifikasi berhasil, maka selamat! Kartu Prakerja kamu siap untuk digunakan.

    Tahapan Kartu Prakerja

    Dari keterangan tertulis di akun Instagram Prakerja, ada 7 tahapan yang akan dilewati oleh peserta Prakerja. Meliputi pendaftaran, pemberian insentif, hingga mengisi survei. Termasuk pendaftaran kartu prakerja gelombang 4.

    Pendaftaran

    Masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun dengan data diri hingga menyelesaikan proses pendaftaran. Ikuti caranya seperti yang tertulis di atas.

    Seleksi

    Setelah proses pendaftaran kartu Prakerja selesai, peserta harus mengikuti tes. Terdiri dari tes kemampuan dasar dan motivasi selama 15 menit.

    Hasil tes ini menjadi penentu keputusan apakah kamu diterima atau tidak sebagai peserta kartu Prakerja 2020.

    Memilih Pelatihan

    Usai dinyatakan lolos mendaftar sebagai peserta Prakerja 2020, tahapan berikutnya memilih pelatihan. Peserta dapat memilih pelatihan di Mitra Platform Digital.

    Selanjutnya, peserta melakukan pembayaran dengan saldo yang telah terisi di kartu Prakerja.

    Ikuti Pelatihan

    Ketika sudah memilih pelatihan di Mitra Platform Digital, peserta akan mengikuti pelatihan secara online. Setelah itu, peserta akan mendapat sertifikat elektronik. Ini berlaku juga untuk pendaftaran kartu prakerja gelombang 4.

    Beri Ulasan dan Rating

    Tahapan selanjutnya, peserta akan diminta untuk memberikan ulasan dan rating atas pelatihan yang sudah dijalani.

    Insentif Pasca Pelatihan

    Usai menjalani pelatihan, peserta Prakerja akan mendapat insentif senilai Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

    Insentif Setelah Survei Kebekerjaan

    Tahapan terakhir, ada 3 survei yang harus diisi oleh peserta. Survei ini diberikan setelah pelatihan. Setelah survei diisi, peserta akan mendapat insentif sebesar Rp 50 ribu untuk setiap survei. Survei ini juga mesti diisi oleh peserta pendaftaran kartu prakerja gelombang 4.

    Pelatihan Untuk Barista

    Ada banyak pelatihan kerja yang bisa didapatkan melalui program kartu Prakerja. Salah satunya, pelatihan kewirausahaan yang digagas Bencoolen Coffee.

    Bencoolen Coffee membuka program pelatihan kewirausahaan yang diberi nama 10.000 Barista Merdeka & Usaha Kopi Pemula. Hal itu disampaikan Bencoolen Coffee lewat unggahan di akun Facebooknya @bencoolencoffee17.

    Dalam postingannya, Bencoolen Coffee menyebut bahwa vokalis dari Element Band sekaligus pengusaha, yakni Lucky Widja, pun ikut bergabung dalam program pelatihan.

    Tujuannya adalah untuk mengajak masyarakat Indonesia menjadi pebisnis kopi yang sukses. Program ini dipercaya oleh Lucky karena menurutnya memiliki kualitas kewirausahaan kopi yang sangat baik.

    Jika kamu tertarik untuk ikut program pelatihan barista dari Bencoolen Coffee, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri lewat program kartu Prakerja.

    Nah, seperti itulah tata cara dan alur yang harus dilewati untuk mengikuti program Prakerja. Jika pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4 sudah dibuka, bisa kamu coba. (GaluhID/Evi)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    286PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan