Jumat, 27 Januari 2023
Jumat, 27 Januari 2023
More

    Perbandingan iPad Air dengan iPad Pro, Mana Lebih Baik?

    Salah satu produk Apple yang telah resmi diperjualbelikan di Indonesia adalah iPad Air generasi ke-5. Seperti semua produk Apple, iPad Air juga dibekali teknologi canggih sehingga memudahkan pengguna melakukan aktivitasnya. Serupa dengan iPad, iPad Air menawarkan fleksibilitas, tetapi dengan fitur setara laptop.

    Selain iPad Air, ada pula iPad Pro yang ditujukan bagi pengguna profesional. Walaupun dari segi bentuk dan kualitas hampir serupa, ada sejumlah perbedaan antara iPad Air dan iPad Pro. Bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan pilihan, ulasan berikut dapat menjadi bahan pertimbangan.

    Pilihan Warna

    Iklan

    Mungkin dianggap sepele, tetapi pilihan warna yang tersedia sering menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang membeli gadget. Ada yang menyukai warna gelap yang elegan, ada pula yang lebih senang dengan warna cerah karena tampak meriah.

    iPad Air tampaknya ditujukan untuk berbagai kalangan sehingga menawarkan pilihan warna yang lebih bervariasi. Ada abu-abu, starlight, pink, ungu, dan biru. Sementara itu, pilihan warna iPad Pro hanya lebih terbatas, yaitu abu-abu dan perak. Hal ini sesuai dengan target pasarnya yaitu kalangan profesional.

    Baca Juga: Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone Tanpa Ribet

    Kapasitas Penyimpanan

    Dari segi kapasitas penyimpanan, iPad Pro memang lebih unggul. Pasalnya, pengguna disuguhi dengan pilihan yang lebih beragam, mulai dari 128GB hingga 2TB. Sementara itu, iPad Air hanya memiliki dua pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 64GB dan 256GB.

    Iklan

    Bagi Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan besar, iPad Pro merupakan pilihan terbaik. Namun, kapasitas penyimpanan 256GB pun terbilang cukup memadai, apalagi jika hanya digunakan untuk keperluan hiburan atau aktivitas sehari-hari. 

    Ukuran dan Berat

    Mempertimbangkan ukuran dan berat perangkat sangat penting, terutama jika Anda memiliki mobilitas tinggi. Perangkat yang ringan dan ringkas tentu lebih nyaman saat dibawa ke mana pun.

    Dibandingkan iPad Pro, iPad Air terbilang lebih mungil. Bahkan, perangkat ini juga lebih kecil daripada iPad generasi ke-9. Bukan hanya dari segi ukuran, bobot iPad Pro dan iPad Air juga tidak sebanding. iPad Air seberat 461 gram, sedangkan iPad Pro seberat 682 gram.

    Layar

    Ada sejumlah perbedaan dari segi layar antara kedua perangkat ini. Jika iPad Pro menggunakan layar Liquid Retina XDR, iPad Air hanya Liquid Retina. Resolusi layar keduanya juga berbeda. Resolusi iPad Pro 2732 x 2048 piksel dengan 264 ppi, sedangkan resolusi iPad Air 2360 x 1640 piksel dengan 264 ppi. Selain itu, kecerahan iPad Pro mencapai 600 nit, iPad Air hanya 500 nit.

    Akan tetapi, beberapa fitur lain pada kedua perangkat memiliki kesamaan. Fitur tersebut adalah lapisan oleophobic anti sidik jari, layar yang dilaminasi penuh, dan lapisan anti reflektif. Selain itu, keduanya juga sama-sama dilengkapi dengan fitur True Tone. 

    Kamera

    Elemen lain yang berbeda antara iPad Pro dengan iPad Air adalah kamera. iPad Pro dilengkapi dengan kamera Wide 12 MP dan Ultra Wide 12 MP, sedangkan iPad Air hanya dilengkapi kamera Wide 12 MP. 

    Walaupun demikian, kamera pada kedua perangkat ini memiliki zoom digital hingga 5x. Selain itu, keduanya juga memiliki fitur Smart HDR 3 untuk foto. Untuk kamera di bagian depan, baik iPad Pro maupun iPad Air memiliki Ultra Wide 12 MP. Jadi, hasil foto selfie dengan iPad Air cukup memuaskan. 

    Autentikasi Aman

    Terkait masalah privasi, Apple menawarkan tingkat keamanan yang tinggi bagi pengguna. iPad Pro sendiri dilengkapi oleh autentifikasi Face ID. Fitur keamanan ini dimungkinkan berkat adanya kamera TrueDepth sehingga pengenalan wajah bisa dilakukan. 

    Walaupun iPad Air belum memiliki teknologi Face ID, Anda tidak perlu khawatir. Dengan fitur Touch ID yang memanfaatkan sensor identitas sidik jari, perangkat yang dimiliki dijamin akan lebih aman. 

    Konektor

    iPad Pro dan iPad Air juga memiliki perbedaan dari segi konektor yang disematkan pada kedua perangkat. iPad Pro menggunakan port Thunderbolt/USB 4. Port ini diklaim sebagai port paling cepat yang pernah ada di iPad. Port Thunderbolt juga berfungsi dengan konektor USB-C dan membuat aktivitas transfer data ke penyimpanan eksternal lebih kencang.

    Sementara itu, iPad Air dilengkapi dengan konektor USB-C. Dibandingkan generasi sebelumnya, tipe konektor ini memiliki kecepatan transfer 2 kali lipat. Karena itu, melakukan transfer foto atau video ke penyimpanan eksternal tidak butuh waktu lama. Anda pun bisa terhubung ke drive, dock, dan kamera. 

    Audio

    Dari segi audio, iPad Pro memang bisa dikatakan lebih unggul karena dibekali empat speaker. Dengan fitur audio tersebut dan dukungan Dolby Atmos, Anda dapat menonton film seperti di bioskop. Lalu, bagaimana dengan iPad Air? Perangkat ini dilengkapi oleh dua speaker mode lanskap.

    Inilah sejumlah perbedaan antara iPad Pro dan iPad Air. Sekilas, iPad Pro memang tampak unggul daripada iPad Air. Namun, dari segi harga, iPad Air jauh lebih terjangkau dibandingkan iPad Pro. Nah, dengan mempertimbangkan bujet yang dimiliki, Anda pun bisa mengambil keputusan yang tepat. 

    Setelah membaca ulasan ini, mana perangkat yang lebih layak untuk dimiliki? JANGAN LUPA, CARI IPAD AIR HANYA DI BLIBLI. (GaluhID)

    Iklan

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

     
     

    TEMUKAN KAMI

    185,053FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    386PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan