Sabtu, 28 November 2020
Sabtu, 28 November 2020
 
 

Sepeda Lipat Termahal di Dunia, Berikut Daftar Harganya

Hubungi Kami

Sepeda lipat termahal di dunia banyak diburu oleh para kolektor sepeda. Apalagi saat ini, masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pasca pandemi Covid-19, bersepeda menjadi tren baru bagi setiap kalangan masyarakat.

Anjuran hidup sehat di tengah pandemi Corona, menyadarkan masyarakat agar tetap dapat menjaga imunitas tubuh.

Tren baru ini bisa kita lihat saat datang ke pusat keramaian atau tempat olahraga. Sejumlah masyarakat akhir-akhir ini kerap membawa sepeda dalam setiap aktivitasnya.

Kendati demikian, berbagai kalangan mulai mencari dan membeli sepeda, tentu jenis dan harga sepeda disesuaikan dengan kondisi kantong.

Sejarah Sepeda Lipat Termahal

Sepeda lipat, untuk pertama kali dipatenkan hak cipta pada 16 September 1887, oleh Emmit G. Latta seorang penemu dari Amerika.

Sejak saat itu, banyak produsen dan lembaga yang mengembangkan dan menyempurnakan sepeda lipat dengan hak cipta lanjutan.

Terdapat hal menarik pada perkembangannya, yakni pada tahun 1890an, militer dari Inggris dan Prancis menggunakan sepeda lipat sebagai sepeda tempur (dipakai oleh bicycle infantry).

Militer Inggris membuat sepeda lipat dengan bobot sekitar 8 kg dan menggunakan ban 24 inchi, lengkap dengan tempat penyimpanan senjata rifle.

Bahkan, dari hal tersebut lah yang nantinya akan menjadi cikal bakal sepeda lipat termahal hingga saat ini.

Selanjutnya, pada perang dunia kedua, militer Inggris juga menciptakan sepeda lipat yang tahan banting, dan kuat ketika dijatuhkan dengan parasut dari pesawat.

Sepeda lipat ini mempunyai berat 16 kg, ketika diterjunkan dengan parasut, stang atau handlebars dan tempat duduk yang pertama menyentuh tanah, sehingga menjaga roda yang lebih rapuh agar tidak rusak.

Setelah perang dunia kedua tersebut, tidak banyak perkembangan berarti pada sepeda lipat untuk militer.

Tahun 1970, sepeda lipat mulai banyak ditemui di pasaran untuk umum. Baru pada 1980 sepeda lipat berkembang pesat dengan teknologi dan bentuk sepeda lipat yang modern. Kemudian terus berevolusi menjadi sepeda lipat yang kita temui sekarang.

Daftar Sepeda Lipat Termahal di Dunia

Para penyuka sepeda termasuk mereka yang hobi koleksi sepeda mahal berani merogoh kocek untuk mengoleksi sepeda dengan kualitas oke. Termasuk beberapa jenis sepeda lipat yang dijual dengan harga yang fantastis.

Berdasarkan informasi yang dirangkum oleh Galuh ID, Berikut daftar harga sepeda lipat dengan harga ‘wah’ di dunia:

Brompton

Sepeda lipat asal Inggris ini tentunya bagi para pecinta sepeda merupakan barang yang tidak asing.

Mereka beranggapan, Brompton termasuk sepeda lipat termahal yang idaman dan memiliki peminat yang banyak.

Dilihat dalam laman Shopee, Brompton Seri S6-L Rp42,2 juta. Lalu Brompton jenis superlight dihargai mulai dari Rp31,7 juta-Rp33,8 juta.

Sementara untuk seri Brompton standar dihargai mulai dari Rp18,5 juta-Rp22,3 juta. Di luar negeri, versi terendahnya ada yang dijual GB£745 atau setara Rp13 juta.

Tern BYB S11

Desain rangka yang kaku dan jarak sumbu rodanya yang panjang disertai roda dengan ukuran 20 inci menjadi karakter unik bagi sepeda lipat ini.

Di sisi lain, sepeda lipat ini sudah masuk ke Indonesia sejak 2012, dan juga banyak dipakai di seluruh dunia.

Tern juga diakui sebagai alternatif dari sepeda Brompton. Lantaran sepeda lipat termahal yang satu ini memiliki bentuk lipatan yang mirip dengan Brompton, meski tidak sebaik sepeda Brompton. Sepeda ini memiliki harga terendah yang ditawarkan, yakni GB£2,300 atau Rp41,4 juta.

Airnimal Joey Endurance Plus

Sepeda ini tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari. Sekilas memang tidak terlihat bahwa ini adalah sepeda lipat karena didesain menyerupai road bike atau sepeda balap.

Dilansir dalam laman bikeradar com, sepeda lipat ini merupakan salah satu sepeda yang dapat dibawa saat kamp pelatihan, tur, olah raga atau gran fondo.

Diakui para pengoleksi sepeda lipat termahal, Airnimal Joey Endurance Plus juga menjadi salah satu sepeda lipat terbaik.

Roda yang dimiliki oleh sepeda ini berukuran 26 inch seperti roda sepeda gunung. Sepeda lipat ini bisa dimiliki dengan harga 2499 poundsterling atau Rp44 juta.

Prodrive Hummingbird Bike

Prodrive Hummingbird Bike diklaim merupakan sepeda lipat paling ringan di dunia yang memiliki bobot 6,9 kg.

Bobot sepeda lipat ini 3 kg lebih ringan jika dibandingkan dengan sepeda lipat termahal lainnya yang telah beredar di dunia saat ini.

Diluncurkan pada tahun 2015, Prodrive menggunakan rangka serat karbon yang sangat ringan hasil produksi Prodrive Composites di Milton Keynes.

Selain bobotnya yang ringan Prodrive Hummingbird Bike juga dipastikan memiliki handling terbaik, harganya berkisar GB£3.666 atau setara Rp66 juta.

Dahon Clinch

Dahon Clinch adalah seri unggulan baru dari Dahon, salah satu produsen sepeda lipat yang berasal dari California dan terbesar di dunia.

Harganya bervariasi. Mereka merilis beberapa versi seperti Clinch D10, Clinch D20 dan Clinch Pro.

Harga dari jenis sepeda lipat termahal ini mulai dari US$2.000 (Rp28 juta) dan yang tertinggi adalah Dahon Clinch D10 dengan kisaran US$5.000 (Rp70 juta). (GaluhID/Maulana)

Loading...

Artikel Terkait

Cara Menanam Tanaman Janda Bolong Sistem Hidroponik, Ternyata Mudah Lho!

Cara menanam tanaman Janda Bolong sistem hidroponik ternyata sangat mudah. Saat ini tanaman Janda Bolong atau bahasa latinnya Monstera adansonii memang sedang...

Mengenal Tanaman Hias Keladi yang Lagi Naik Daun

Tanaman hias keladi akhir-akhir ini naik daun di kalangan pecinta tanaman. Bahkan bisa jadi peluang usaha baru pada masa pandemi Covid-19.

Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dimulai di Mesir

Sejarah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW haruslah Anda ketahui sebagai seorang muslim yang baik. Hal ini karena nabi Muhammad SAW merupakan contoh...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Spesifikasi OPPO Reno4 Z 5G, HP dengan RAM 8GB

Spesifikasi HP OPPO Reno4 Z 5G memiliki kemampuan dan kinerja yang mumpuni sehingga cocok untuk berbagai kalangan, terutama anak muda.

HP OPPO A15 Resmi Melenggang, Harga 2 Jutaan Saja

HP Oppo A15 sontak membuat public mengejutkan, pasalnya dengan bandrol harga 2 jutaan saja sudah menyuguhkan 3 kamera utama.

Kartu Prakerja Bagikan Hadiah Puluhan Juta, Begini Cara Dapatnya

Kartu Prakerja bagikan hadiah puluhan juta bagi pemilik akun Kartu Prakerja. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat, siapa tahu keberuntungan bisa jadi milik...

Spesifikasi iPhone 12 Mini, Buat Pengguna yang Nggak Mau Ribet

Spesifikasi iPhone 12 Mini terbilang cukup mumpuni meski memiliki ukuran yang kecil jika membandingkan dengan jajaran iPhone 12 dan smartphone Android pada...

Kelebihan HP Poco M3 Serta Kekurangannya

Kelebihan HP Poco M3 memiliki nilai yang lebih daripada produk HP dari kompetitor lainnya. Saat ini HP memang suatu kebutuhan semua orang...