Senin, 1 Maret 2021
Senin, 1 Maret 2021
 
 

Sistem Operasi MIUI 12.5 Teranyar dari Xiaomi, Apa Kelebihannya?

MIUI 12.5 merupakan sistem operasi terbaru dari Xiaomi. Sistem operasi ini telah resmi Xiaomi rilis di penghujung tahun lalu. Peluncurannya bersamaan dengan ponsel kelas flagshipnya yatu Mi 11.

Xiaomi mengklaim sistem operasi MIUI 12.5 akan memiliki banyak fitur baru dan memberikan performa ataupun kinerja lebih hebat dan lebih cepat.

Baca Juga: Dailymotion dan Mi Video Jalin Kemitraan, Distribusikan Konten Video Secara Global

Selain itu, sistem operasi teranyar Xiaomi mampu memberikan efek transisi yang mirip dengan sistem operasi terkemuka seperti iOs dan iPhone.

Dengan sistem operasi yang baru rilis, Xiaomi juga mengumumkan beberapa perangkat yang kompatibel dengan sistem tersebut. Terutama pada perangkat yang hadir di China.

Perangkat yang Kompatibel dengan Sistem Operasi MIUI 12.5

Untuk versi closed beta pertama, pembaruan sistem operasi MIUI 12.5 hanya terbatas pada 21 perangkat. Beberapa perangkat tersebut adalah:

Mi 10, Mi 10 Pro, Mi 9 SE, Mi 9, Mi 10 Lite, Mi CC9e, Mi CC9 Pro, Redmi Note7, Redmi Note7 Pro, Redmi K30, Redmi K30 Pro, Redmi K30 5G, Redmi K30 Ultra, Redmi K30S Ultra, Redmi K30i 5G, Mi 10 Ultra, Redmi K20, Redmi K20 Pro, Redmi 10X, Redmi 10X Pro, Redmi Note 9.

Setelah tahap pertama, maka tahap kedua closed beta MIUI 12.5 akan mulai pendistribuannya oleh pihak Xiaomi pada pertengahan Januari 2021. Beberapa perangkat yang akan mendapatkan update sistem operasi tersebut adalah:

Mi 9 Pro 5G, Mi CC9, Mi CC9 Meitu Edition, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9 4G, Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 8.

Selanjutnya adalah sistem operasi MIUI 12.5 versi stable release rencananya akan mulai hadir pada bulan April 2021 untuk beberapa smartphone seperti Mi 11, Mi 10 Ultra, Mi 10 Pro dan Mi 10.

Xiaomi pun turut mengungkapkan perangkat- perangkat tersebut akan mendapatkan update sistem operasi android terbaru untuk mendapatkan pegalaman yang lebih baik.

Sayangnya, Xiaomi belum memberikan jadwal pembaruan sistem operasi MIUI 12.5 untuk perangkat- perangkat lainnya termasuk pula untuk versi ROM Global.

Meski demikian, beberapa pihak menduga bahwa jadwal pembaruan sistem operasi untuk perangkat global mungkin saja tidak akan terpaut terlalu jauh daripada versi China.

Selain itu, Xiaomi pun memberikan catatan mengenai jadwal pembaruan yang dapat disesuaikan atau mungkin sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung dengan situasi pengujian.

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi teranyar dari Xiaomi? Berikut pembahasannya:

Aplikasi Bawaan

Pada saat melakukan presentasi, Xiaomi hanya menampilkan 9 aplikasi bawaan pada sistem operasi MIUI 12.5. Jumlah tersebut tentu lebih sedikit daripada iOS 14.2.1 yang menampilkan 11 aplikasi bawaan.

Baca Juga: HP Realme C20, Harga Sejutaan dengan Baterai 5.000 mAh

Efek pada Daya dan Memory

Sistem operasi teranyar dari Xiaomi ini sangat layak untuk diacungi jempol, pasalnya sistem operasi ini lebih hemat dalam konsumsi daya maupun memory.

Konsumsi daya dari sistem operasi ini lebih rendah sampai 25 persen. Adapun efek terhadap penggunaan memory mampu lebih irit hingga 20 persen. Adapun penggunaan memory pada background pun diklaim berkurang hingga 35 persen.

Sistem Keamanan

Untuk mendukung sistem keamanan, sistem operasi MIUI 12.5 kabarnya memberikan mekanisme baru yang mampu meningkatkan privasi pengguna. Seperti kontrol yang lebih banyak terhadap akses aplikasi untuk melindungi privasi penggunanya.

Fitur

Fitur-fitur terbaru yang terdapat pada sistem operasi terbaru dari Xiaomi ini mencakup motion effect, super wallpaper, touch response, notifikasi suara, transisi ponsel ke laptop, sticky notes serta peningkatan privasi.

Itulah bahasan mengenai sistem operasi terbaru dari Xiaomi yaitu sistem operasi MIUI 12.5 dengan berbagai keunggulan dan keistimewaannya. Pastikan Anda mengupdate sistem operasi pada perangkat Xiaomi kesayangan Anda untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. (GaluhID/Dianti Rahayu)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Cara Mencegah WhatsApp Disadap, Berikut Tipsnya!

Cara mencegah WhatsApp disadap saat ini masih jarang pengguna yang mengetahui atau menyadarinya. Pada dunia maya, kejahatan seperti penyadapan akun sering terjadi dengan pesatnya...

Tanda WhatsApp Tersadap oleh Peretas, Ayo Waspadai!

Tanda WhatsApp tersadap penting untuk semua orang ketahui, sebab hingga kini masih jarang orang yang mengetahuinya. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan yang paling banyak...

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Harganya Fantastis

Laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE resmi telah hadir di pasar Indonesia. Jajaran laptop gaming ASUS ROG terbaru ini resmi meluncur pada CES...

Temukan Kami

47,927FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya