Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

3 Nakes di Ciamis Positif Covid-19, Terpapar Setelah Pulang dari Luar Kota

Berita Ciamis, galuh.id – Setelah sempat nihil, kasus positif Covid-19 di Ciamis kini bertambah lagi. Dalam kurun waktu seminggu angka kasus positif Corona Ciamis bertambah 7 orang. Tiga diantaranya tenaga kesehatan (Nakes).

Hingga kini total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Ciamis berjumlah 31 orang. Rinciannya, 23 orang telah dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal, dan 7 orang masih menjalani isolasi mandiri.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Ciamis Bayu Yudiawan mengatakan bahwa kasus positif Covid-19 di kabupaten Ciamis mulai bertambah sejak tanggal 25 Agustus 2020 lalu.

Bertambahnya kasus positif Corona tersebut setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis gencar melakukan pengetesan PCR. Selain itu, melakukan pengetesan terhadap pelaku perjalanan.

“Memang sekarang gencar kembali pengetesan. Juga mengetes orang yang habis ada perjalanan ke luar daerah. Ditemukan ada 7 orang yang terkonfirmasi positif. 3 Nakes di Ciamis yang bekerja di Puskesmas,” ujar Bayu, Senin (31/8/2020).

3 Nakes di Ciamis Ada Riwayat Perjalanan ke Luar Daerah

Bayu menjelaskan 3 tenaga kesehatan atau Nakes tersebut tidak tertular di tempat kerjanya. Melainkan mereka sebelumnya telah melakukan perjalanan ke luar daerah.

Rinciannya, 2 orang Nakes dari Cihaurbeuti dan 1 orang Nakes berasal dari wilayah Banjarsari.

“Dua Nakes dari Cihaurbeuti melakukan perjalanan ke Lampung. Mengurus meninggalnya anak menantunya. Sedangkan 1 orang lagi habis dari perjalanan ke Jawa Tengah menghadiri acara keluarga,” jelas Bayu.

Bayu mengungkapkan, dari 7 pasien baru yang teridentifikasi positif Corona, 6 diantaranya termasuk orang tanpa gejala (OTG). Sedangkan 1 orang lainnya tengah dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Ciamis.

Gugus Tugas Ciamis kini tengah melakukan tracking dan tracing terhadap kontak erat dengan pasien.

“Sudah kami lakukan sterilisasi. Untuk Puskesmas yang Nakesnya positif. Saat ini masih tracing dan tracking kontak erat,” ungkap Bayu.

Meskipun ada penambahan kasus positif Covid-19, tapi secara umum Kabupaten Ciamis masih masuk zona kuning. Untuk tingkat kecamatan masih didominasi zona kuning dan hijau. Ada beberapa zona oranye tapi tidak sampai zona merah. (GaluhID/Evi)

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan