Selasa, 20 April 2021
Selasa, 20 April 2021
BJB

4 SD di Ciamis Rusak Terkena Bencana, Disdik Usulkan Rehab

Berita Ciamis, galuh.id – Cuaca ekstrim yang melanda kabupaten Ciamis beberapa bulan ini membuat sekolah rusak terkena bencana. Mulai dari atap roboh hingga tembok jebol.

Untuk itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis pada awal tahun 2021 ini telah mengusulkan perbaikan sekolah yang rusak terdampak bencana.

“Ada 4 SD yang sudah kita usulkan awal tahun ini. Yang rusak terkena bencana akibat ekstrimnya hujan,” kata Plt. Kadisidik Ciamis, Asep Saepul Rahman, Kamis (14/1/2021).

Lebih lanjut ia menerangkan, keempat Sekolah Dasar yang telah diusulkan tersebut antara lain SD 1 Sukadana dengan atap roboh. Kemudian, SD 4 Gunung Cupu atap roboh.

Selanjutnya, SD 1 Margamulya Kawali ruangan kelas tertimpa pohon pete. Terakhir, Sekolah Dasar 2 Sindangsari Cikoneng dengan bangunan benteng ambrol.

Robohnya atap sekolah tersebut akibat curah hujan yang tinggi. Sehingga atap tidak bisa menanggung beban curah hujan.

“Perkiraan kerugian ratusan juta. Tapi kita sudah usulkan ke pusat dan BPBD Ciamis sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelas Asep.

Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis untuk merehab atap sekolah yang rusak terkena bencana.

”Jadi kita bekerja sama denga BPBD untuk merehab atap sekolah. Agar segera bisa memperbaikinya dan digunakan oleh siswa,” katanya.

Ia pun mengimbau pada musim penghujan saat ini agar sekolah selalu waspada dan mengamankan aset.

Apabila terjadi bencana pada sekolah, maka harus segera usulkan ke Dinas Pendidikan supaya ada tindak lanjut dan perhatian.

“Selalu waspada pada musim hujan ini. Bila ada sekolah yang terkena bencana harus segera usulkan. Agar bisa segera ada tindak lanjutnya,” pungkasnya. (GaluhID/Aldi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
241PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya