Minggu, 29 November 2020
Minggu, 29 November 2020
 
 

Abrasi Sungai Cikembang Ciamis, Puluhan Hektare Sawah Terancam

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Abrasi Sungai Cikembang Ciamis yang berlokasi di Dusun Caringin RT 22 RW 07 Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, mengancam area persawahan milik warga.

Selain area pesawahan, jalan penghubung Desa Pasirnagara Kecamatan Pamarican dengan desa-desa di wilayah Kecamatan Cidolog juga ikut terancam.

Peristiwa abrasi sungai Cikembang ini terjadi pada tanggal 27 oktober 2020 lalu. Sungai ini abrasi sepanjang kurang lebih 200 meter dengan ketinggian sekitar 15 meter.

Kepala Dusun Caringin Agus Kusnandar mengatakan, abrasi terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Pamarican dan sekitarnya, mengakibatkan debit air sungai Cikembang membesar.

“Waktu itu hujan deras mengguyur Kecamatan Pamarican dan sekitarnya, sehingga intensitas air sungai Cikembang membesar dan menimbulkan abrasi,” ujar Agus, Senin (9/11/2020).

Saat ini badan sungai Cikembang menjadi lebar. Menggerus sebagian area pesawahan milik warga serta mengancam jalan penghubung antara Kecamatan Pamarican dengan Kecamatan Cidolog.

Abrasi Sungai Cikembang Ciamis Perlu Penanganan Cepat

Lebih lanjut Agus menuturkan, apabila abrasi sungai Cikembang tidak segera ada penanganan yang cepat, maka setidaknya 70 hektare lahan sawah milik warga akan terancam.

“Ada beberapa lahan sawah yang terdampak. Antara lain milik Apas, Embun dan Suryo telah tergerus abrasi sungai Cikembang. Jika tidak segera ada penanganan, tentu akan meluas,” jelasnya.

Pihak Pemdes pun telah telah melaporkan kejadian itu kepada instansi terkait. Salah satunya ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy. Dengan harapan adanya langkah-langkah penanganan.

Menurut Agus, meski pemerintah desa (Pemdes) telah melaporkan abrasi sungai Cikembang ke instansi terkait, salah satunya ke pihak BBWS, namun hingga saat ini belum ada yang datang ke lokasi.

Agus pun berharap pemerintah daerah kabupaten Ciamis melalui instansi terkait agar segera melakukan penanganan. Supaya area pesawahan warga tidak mengalami kerusakan semakin luas.

“Saya minta BBWS segera turun. Untuk mengatasi dampak abrasi sungai Cikembang. Kasihan petani di sini. Saat ini kan saat menanam padi,” kata Agus Kusnandar. (GaluhID/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Dilarang ke Luar Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan SK Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak ke...

Reses Anggota DPRD di Sagalaherang Ciamis, Masyarakat Kesulitan Air

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis dari Fraksi Demokrat Iyan Sofyan menggelar reses di Desa Sagalaherang, Kecamatan...

Gerakan Tanam Padi Organik, Bupati Ciamis: Manfaatkan SDA dengan Baik

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri Gerakan Tanam Padi Organik poktan (Kelompok Tani) Tirta Pusaka di Desa Pamokolan, Kecamatan...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Manga One Piece 997, Sanji Terkena Jebakan Black Maria

Manga One Piece 997 akan menjadi penyelesaian misteri yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan hangat para penggemar dunia. Pada chapter...

Kasus Covid-19 Meningkat, ASN di Ciamis Dilarang ke Luar Daerah

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan SK Bupati tentang larangan bagi para ASN yang hendak ke...

Spesifikasi OPPO Reno4 Z 5G, HP dengan RAM 8GB

Spesifikasi HP OPPO Reno4 Z 5G memiliki kemampuan dan kinerja yang mumpuni sehingga cocok untuk berbagai kalangan, terutama anak muda.

HP OPPO A15 Resmi Melenggang, Harga 2 Jutaan Saja

HP Oppo A15 sontak membuat public mengejutkan, pasalnya dengan bandrol harga 2 jutaan saja sudah menyuguhkan 3 kamera utama.

Kartu Prakerja Bagikan Hadiah Puluhan Juta, Begini Cara Dapatnya

Kartu Prakerja bagikan hadiah puluhan juta bagi pemilik akun Kartu Prakerja. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat, siapa tahu keberuntungan bisa jadi milik...