Senin, 2 Agustus 2021
Senin, 2 Agustus 2021
BJB

Agenda HUT RI 75, Dirayakan 17 Agustus 2020

Agenda HUT RI 75 adalah perayaan hari kemerdekaan yang jatuh pada Senin, 17 Agustus 2020. Hari ulang tahun Republik Indonesia ke-75 diperingati serempak oleh warga Indonesia dengan kegiatan nasional dan perlombaan.

Tema dari hari kemerdekaan yang ke-75 mengusung tema ‘Indonesia Maju’ dengan memegang nilai luhur Pancasila. Perilisan banner di desain grafis 10 elemen yang berasal dari angka 75 kemudian dipecah lagi menjadi 10.

Baca Juga: Spanduk Logo HUT RI 75 Dianggap Mirip Salib, Warga Aceh Cat Bagian Kanan

Saat ini, pedoman visual berkas logo HUT RI 75 bisa diunduh melalui setneg.go.id, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Berkas dapat ditemukan dengan format adobe illustrator (.ai), corel draw (.cdr) serta format dasar .jpg dan .png.

Agenda HUT RI 75, Dibuka dengan Upacara

Upacara pembukaan di Agenda HUT RI 75 akan tetap dilaksanakan. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa pelaksanaan upacara mengibarkan bendera merah putih dirancang minimalis.

Heru melanjutkan, Paskibraka yang ada tiga orang ditambah cadangan. Tahun lalu lapangan penuh, namun tahun ini hanya ada lima orang dari setiap perwakilan matra. Pengurangan jumlah peserta didasari alasan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Presiden Joko Widodo akan hadir sebagai inspektur upacara didampingi wakil presiden. Ketua MPR yang membaca teks proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, Menteri Agama yang membaca doa, panglima TNI, dan Kapolri untuk menjaga keamanan.

Tamu undangan VVIP dan para pejabat akan hadir melalui konferensi video. Begitupun dengan masyarakat yang di tahun lalu bisa hadir secara fisik di istana, tahun ini bisa menyaksikan upacara secara virtual.

Untuk meramaikan Agenda HUT RI 75, Kasetpres menyediakan 17.845 undangan untuk masyarakat yang ingin menyaksikan upacara di istana. Masyarakat yang diundang bisa menyaksikan upacara melalui media elektronik.

Cara mendapatkan undangan upacara virtual bisa diakses di halaman Pandangan Istana, yaitu pandangistana.setneg.go.id. Pihak panitia akan memverifikasi data pemohon, kemudian pemohon akan menerima pesan Whatsapp dan email seputar prosedur upacara virtual.

Setiap peserta hanya akan menerima satu tautan untuk mengikuti konferensi video. Pastikan peserta memiliki fasilitas dan koneksi internet memadai, karena biasanya di hari kemerdekaan jaringan sibuk.

Upacara Pengibaran Bendera di Daerah dan Luar Negeri

Dalam Agenda HUT RI 75, detik-detik pembacaan pidato proklamasi akan dimulai pada jam 10.00 WIB, Senin 17 Agustus 2020. Pelaksanaan upacara di istana menerapkan protokol kesehatan, sementara tamu VVIP hadir lewat konferensi video.

Kantor Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di daerah melaksanakan upacara 17 Agustus mulai dari jam 07.00 WIB. Sedangkan untuk warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, bisa melaksanakan upacara di Kantor Perwakilan RI.

Perlombaan di 17 Agustus

Meskipun tahun ini upacara dilaksanakan secara virtual akibat pandemi Covid-19, semangat untuk memperingati kemerdekaan tidak boleh berkurang. Dalam Agenda HUT RI 75, lomba-lomba telah disiapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian BUMN.

Tahun lalu, Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Jokowi menghadiri lomba 17 Agustus dengan kaus putih bertuliskan “Solidaritas Tanpa Batas”. Para menteri juga ikut mengenakan kaus yang sama.

Mereka mengenakan pakaian santai di perayaan 17 Agustus 2019. Ada yang memakai celana training dan sepatu kets, bahkan ada pula yang mengenakan celana pendek. Acara perlombaan 17 Agustus 2019 jauh dari kesan formal.

Lomba yang digelar meliputi makan kerupuk, sepakbola sarung hingga lomba joget balon. Kemungkinan lomba-lomba di tahun lalu akan kembali digelar di Agenda HUT RI 75 namun melibatkan peserta lebih sedikit.

Masyarakat yang menggelar perlombaan di wilayah masing-masing diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap gunakan masker kain, untuk yang memiliki riwayat asma dan penyakit jantung disarankan batasi aktivitas agar tidak terlalu menghabiskan energi.

Agenda HUT RI 75 tetap harus dilaksanakan dalam memperingati hari kemerdekaan RI. Tema ‘Indonesia Maju’ mendorong masyarakat untuk bertahan di kala pandemi, terutama agar kondisi perekonomian di tanah air terus berkembang. (GaluhID/Elsa)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan