Selasa, 19 Oktober 2021 | 0:50
Selasa, 19 Oktober 2021
More
    BJB

    Agun Gunandjar Kunjungi UMKM Sale Bilqis di Banjarsari Ciamis

    Oleh :

    Berita Ciamis, galuh.id – Anggota DPR RI Agun Gunadjar Sudarsa kunjungi Sale Bilqis di Banjarsari tepatnya di Dusun Cimentek RT 4 RW 01, Desa Sindangasih, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

    Sale Bilqis merupakan salah satu UMKM di Ciamis yang mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 saat sebagian usaha mikro lainnya gulung tikar.

    Agun pun mewanti – wanti kepada pemilik Sale Bilqis agar kualitas produknya tetap terjaga. Jangan sampai gulung tikar gara – gara adanya pandemi Covid-19.

    ”Di masa pandemi, banyak UMKM yang gulung tikar. Tapi Sale Bilqis mampu mempertahankan produknya. Sehingga tidak terjadi yang namanya PHK,” kata Agun, Kamis (17/12/2020).

    Sale Bilqis bukan hanya terkenal saja, namun mampu mengekspor produk ke Negeri Jiran Malaysia.

    Sebelumnya, sale pisang dari Banjarsari ini pernah mengikuti pameran UMKM di Bandung. Pada pameran itu, produksi Sale Bilqis memenangkan acara tersebut.

    “Karena memenangkan pameran, Malaysia kemudian meliriknya. Kebetulan di sana kebutuhan salenya banyak. Lalu meminta ekspor Sale Bilqis,” terangnya.

    Agar UMKM di Ciamis ini tetap berjalan, ia kemudian membantu pengajuan suntikan dana ke pihak BRI.

    “Semua tungku yang kita lihat tadi merupakan salah satu bantuan dari BRI,” jelas dia.

    Sale Bilqis di Banjarsari Ciamis Ekspor ke Malaysia

    Sementara itu, pemilik UMKM Sale Bilqis, Lena Alenada, mengucapkan terima kasih atas support dan dorongan dari anggota DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa.

    Meski baru berjalan 1 tahun, kata Lena, namun Sale Bilqis mampu bertahan saat wabah Covid-19 melanda, yang telah membuat sebagian UMKM gulung tikar.

    “Alhamdulilah, bagi saya pandemi ini sebuah berkah. Kita kedatangan langsung eksportir dari Malaysia. Meminta diekspor sale buatan saya,” ucapnya.

    Untuk sekali kirim ke Malaysia, Sale Bilqis mampu mengekpor hingga dua kontainer dalam satu minggu.

    Untuk memenuhi pasokan, Lena bekerja sama dengan UMKM lain yang masih bertahan memproduksi sale.

    Namun karena bulan ini Malaysia sedang lockdown, untuk sementara pengirimannya berhenti dulu. Sedangkan pengriman lokal sampai sekarang tetap berjalan.

    “Untuk sekarang pengirimannya lokalan saja. Saat ini yang saya pasok ke daerah Bandung, Jakarta dan Jawa,” jelasnya.

    Dari pantauan galuh.id, dalam kunjungan Anggota DPR dari partai Golkar ini, tampak hadir pimpinan BRI Cabang Tasikmalaya dan Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis. (GaluhID/Uus)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    286PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan