oleh

Antisipasi DBD, Warga Banjarsari Ciamis Aktifkan Jum’at Bersih

Hubungi
 
 

Berita Banjarsari, galuh.id – Masyarakat, Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) bersama Karang Taruna Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis melakukan berbagai kegiatan pencegahan DBD (Demam Berdarah Dengue) dengan Program Jum’at Bersih, Jum’at (21/02/2020).

Upaya tersebut sesuai Permenkes 1501/MENKES/PER/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangan.

Loading...

Di desa Cibadak sendiri, terdapat satu temuan kasus warga yang telah terserang DBD di sekitar wilayah RT 22/RW 06 Dusun Mekarsari.

Program Jum’at bersih yang diadakan berbentuk kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sebagai bentuk antisipasi.

Pihak Pembina Desa, Dandi Hamdani menyampaikan, masyarakat harus sigap dalam mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi kasus-kasus lainnnya.

“Sudah terdapat satu temuan kasus di dusun Mekarsari. Kami harap dengan melakukan upaya seperti ini, tidak terjadi lagi kasus-kasus berikutnya,” terang Dandi saat diwawancarai.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Karang Taruna Desa Cibadak, Ilham Maulana Malik, menurutnya pemuda harus terlibat dalam menjaga lingkungan dari wabah penyakit DBD.

Lantaran di Ciamis saat ini, dia menambahkan, sudah banyak temuan kasus yang terserang virus DBD. Upaya yang dilakukan minimal menjaga lingkungan setempat, seperti membersihkan halaman rumah dan sekitarnya.

Pemuda harus tanggap dan memiliki semangat gotong royong dalam menjaga lingkungannya bersama masyarakat, minimal mengadakan bersih-bersih di rumah. “Kebersihan lingkungan harus masif diadakan oleh masyarakat,” katanya.

Dia melanjutkan, sebagai gerakan penyadaran, upaya mencegah lebih baik daripada mengobati. Menurutnya kebersihan sebagian dari iman, maka merupakan kewajiban setiap muslim untuk memelihara lingkungannya.

Sementara itu, Ilham mengatakan untuk ke depannya, Karang Taruna akan bersinergi dengan Jumantik dalam rangka mengadakan Program Jum’at Bersih.

Ada program dengan Jumantik, karena Jumantik juga bagian dari Desa, dan Karang Taruna akan selalu bersinergi.

Ke depan setiap hari Jum’at kami akan mengadakan Jum’at Bersih bersama Jumantik. “Semoga ini menjadi nilai positif bagi semua pihak,” tandasnya. (GaluhID/Maulana)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA