Audiensi PPDI Ciamis Ditinggal Reses Anggota Dewan

182

Ciamis, galuh.id – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Ciamis mendatangi DPRD Kabupaten Ciamis untuk melakukan audiensi terkaitPeraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019, Senin (11/3/2019).  Namun, kedatangan 50 orang perwakilan PPDI Ciamis ini tidak disambut anggota DPRD Ciamis. Toto Suryoto, Ketua PPDI Ciamis mengaku tidak kecewa, karena sudah ada komunikasi dengan Ketua DPRD, Nanang Permana.

“Kedatangan saya untuk koordinasi tentang PP Nomor 11, karena Rapimnas memutuskan agar segara merapat ke instansi terkait, semisal DPRD atau instansi terkait,” kataToto.

Toto mengaku maklum jika tidak ada yang bisa menemui perwakilan PPDI, karena memang anggota Dewan sedang reses. “Pada hari ini misalnya Pak Ketua Dewan tidak ada di tempat ternyata semuanya lagi reses. Saya mah nggak jadi masalah yang penting nanti ada kesempatan lagi kita mungkin ke sini lagi,” ujarnya.

PP Nomor 11 Tahun 2019 sendiri mengatur tentang Perubahan PP Nomor 43 Tahun 2014. Sementara PP Nomor 43 Tahun 2014 yang direvisi tersebut memuat tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Menurut keterangan Toto, amanat PP Nomor 11 Tahun 2019 ini sangat penting karena menyangkut kesejahteraan perangkat desa dan kepala desa. “Desa itu 30% dari APBDes bisa dipergunakan untuk tadi Siltap dan kesejahteraan lainnya,” terang Toto.

Toto juga menjelaskan, jika APBDes belum mampu memenuhi 30% tersebut, maka bisa menggunakan dana keuangan dari Provinsi ataupun dari pengembalian PBB, asal bukan dari dana desa. “Regulasi daripada itu benar-benar memberikan keleluasaan kepada desa yaitu 30% untuk siltap itu dan kesejahteraan perangkat desa lainnya,” ucapnya.

Sementara Sekretaris DPRD Ciamis, Drs. Uga Yugaswara mengatakan permohonan audensi PPDI dalam bentuk surat baru diterima hari ini, Senin (13/3/2019), sehingga baru ditanggapi. Namun, Uga mengakui sudah ada komunikasi antara Ketua PPDI Ciamis dengan Ketua DPRD Ciamis lewat aplikasi WhatsApp.

“Jadi saya baru kali ini menerima surat pisiknya dari pak Toto dan  untuk rencana agenda audensinya selanjutnya hari Jumat,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Editor: K.Putu Latief

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini