Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Audiensi PPDI Ciamis Ditinggal Reses Anggota Dewan

Ciamis, galuh.id – Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Ciamis mendatangi DPRD Kabupaten Ciamis untuk melakukan audiensi terkaitPeraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019, Senin (11/3/2019).  Namun, kedatangan 50 orang perwakilan PPDI Ciamis ini tidak disambut anggota DPRD Ciamis. Toto Suryoto, Ketua PPDI Ciamis mengaku tidak kecewa, karena sudah ada komunikasi dengan Ketua DPRD, Nanang Permana.

“Kedatangan saya untuk koordinasi tentang PP Nomor 11, karena Rapimnas memutuskan agar segara merapat ke instansi terkait, semisal DPRD atau instansi terkait,” kataToto.

Toto mengaku maklum jika tidak ada yang bisa menemui perwakilan PPDI, karena memang anggota Dewan sedang reses. “Pada hari ini misalnya Pak Ketua Dewan tidak ada di tempat ternyata semuanya lagi reses. Saya mah nggak jadi masalah yang penting nanti ada kesempatan lagi kita mungkin ke sini lagi,” ujarnya.

PP Nomor 11 Tahun 2019 sendiri mengatur tentang Perubahan PP Nomor 43 Tahun 2014. Sementara PP Nomor 43 Tahun 2014 yang direvisi tersebut memuat tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Menurut keterangan Toto, amanat PP Nomor 11 Tahun 2019 ini sangat penting karena menyangkut kesejahteraan perangkat desa dan kepala desa. “Desa itu 30% dari APBDes bisa dipergunakan untuk tadi Siltap dan kesejahteraan lainnya,” terang Toto.

Toto juga menjelaskan, jika APBDes belum mampu memenuhi 30% tersebut, maka bisa menggunakan dana keuangan dari Provinsi ataupun dari pengembalian PBB, asal bukan dari dana desa. “Regulasi daripada itu benar-benar memberikan keleluasaan kepada desa yaitu 30% untuk siltap itu dan kesejahteraan perangkat desa lainnya,” ucapnya.

Sementara Sekretaris DPRD Ciamis, Drs. Uga Yugaswara mengatakan permohonan audensi PPDI dalam bentuk surat baru diterima hari ini, Senin (13/3/2019), sehingga baru ditanggapi. Namun, Uga mengakui sudah ada komunikasi antara Ketua PPDI Ciamis dengan Ketua DPRD Ciamis lewat aplikasi WhatsApp.

“Jadi saya baru kali ini menerima surat pisiknya dari pak Toto dan  untuk rencana agenda audensinya selanjutnya hari Jumat,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Editor: K.Putu Latief

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.