oleh

Awasi Dampak Negatif Penggunaan Gawai Pada Anak di Ciamis

Hubungi
 
 

Awasi Dampak Negatif Penggunaan Gawai Pada Anak di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Di era milenial sekarang ini, penggunaan gadget tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Dengan leluasa, anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten di dunia maya melalui gadget atau gawai.

Namun, dampak gadget pada anak bisa ke arah yang positif tetapi bisa juga berdampak ke arah yang negatif, karena anak jaman sekarang cenderung multitasking yang dengan cepat dapat beradaptasi dengan lingkungan.

Loading...

“Sebagai orang tua, kita dituntut harus bijak dalam mengawasi penggunaan gawai pada anak,” ujar Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dalam acara Workshop Super Parenting di Aula Utama Yayasan Al Mu’minin, Selasa (25/02/2020) pagi.

Orang tua harus mengingatkan anaknya bahwa gawai yang digunakannya hanya untuk kegiatan yang positif seperti melakukan riset, pembelajaran dan kegiatan positif lainnya.

“Menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mengarahkan anak-anak kita agar menggunakan gawai ke arah yang positif,” katanya.

Hal yang harus dilakukan untuk mencegah dari ancaman teknologi dalam penggunaan gawai pada anak adalah Pelajari, Pahami, Batasi, Awasi.

Orang Tua Sebagai Madarsah Utama Untuk Anak

Meski begitu, kata Yana, perkembangan digitalisasi jangan dijadikan hal yang menakutkan. Sisi positifnya, dengan pondasi agama berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, era digital pun bisa digunakan sebagai sarana untuk berdakwah.

“Teknologi digital pun bisa digunakan sebagai alat penyampaian dakwah yang efektif kepada berbagai generasi dan kalangan masyarakat,” tutur Yana.

Orang tua sebagai madrasah utama, katanya, diharuskan mampu memberikan tauladan yang baik. Tentunya sesuai dengan tutunan syariat Islam, yang didalamnya telah disampaikan bagaimana tata cara pola asuh dan mendidik anak.

“Mudah-mudahan Yayasan Al Mu’minin dengan sekolahnya bisa dirasakan keberadaannya oleh masyarakat Kabupaten Ciamis. Serta terus berkembang dalam mencetak generasi bangsa yang berakhlakul karimah,” ujar Yana.

Sementara itu, ketua Yayasan Al Mu’minin Dian Heri Sofyan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Workshop Super Parenting yang digelar Yayasan Al Mu’minim ini.

Dengan mengusung tema “Anak Hebat dan Anak Juara Berasal dari Orang Tua yang Terlibat”. Diharapkan materi yang disampaikan dapat memberikan manfaat dan nilai lebih. Hal ini khususnya bagi para orangtua dan anak di Ciamis.

“Kami dan segenap keluarga Yayasan Al Mu’minin siap menjadi penggiat pembangunan kebudayaan di Ciamis dengan dimulai dari pendidikan,” tukasnya.

Dalam kegiatan Workshop Super Parenting yang digelar oleh Yayasan Al Mu’minim ini pun turut diisi dengan penyampaian materi oleh Motivator International Mr. Nafik Palil. (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA