Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Balad Galuh : Kami Ada Untuk PSGC Ciamis

Tersesat dan dikejar orang gila di Kota Madiun, menangis terisak-isak di Stadion Singaperbangsa Karawang ketika tim kebanggaan mengalami kekalahan, atau bertemu dan menemukan jodoh di stadion. Semua pengalaman langka itu bisa anda tanyakan pada mereka anggota komunitas suporter PSGC Ciamis, Balad Galuh (BG).

Dideklarasikan pada tanggal 10 Februari 2011, komunitas yang mempopulerkan tagline, “Moal mundur ngabela lembur” ini kini mempunyai banyak distrik. Sebut saja BG Cijeungjing, BG Ciamis Utara, BG Baregbeg, BG Gunung Padang, BG Sindangkasih, BG Ciamis Selatan, BG Jalur Timur, BG Purwadadi, BG Banjar Anyar, BG Cihaurbeuti, BG Panawangan, dan BG SIC. Itu beberapa distrik yang ada di kota Ciamis. Mereka yang ada di luar kota Ciamis pun mendeklarasikan kecintaan mereka terhadap PSGC Ciamis, sebut saja BG Bandung Motherland, BG Jabodetabek dan BG Purwokerto.

Dedikasi mereka untuk mendukung PSGC Ciamis pun tidak diragukan lagi. Andi dan Erna pasangan yang pertama kali bertemu di Stadion Galuh Ciamis ketika PSGC bertanding melawan PSIS Semarang ini rela menempuh jarak Depok-Ciamis untuk menonton PSGC bertanding. “Kami tetap PSGC,bangga ke kampung sendiri, tanah kelahiran sendiri. Meskipun hidup di tanah rantau, Balad Galuh JABODETABEK kami ada untuk PSGC, moal mundur ngabela lembur sanajan di lembur batur.” Kata Andi (29 tahun).

Beberapa orang setia mengikuti PSGC Ciamis bertandang ke luar kota. Cilacap, Banyumas, Batang, Sleman, Jepara, hingga Madiun adalah kota-kota yang mereka datangi hanya untuk menonton PSGC berlaga. Tidak penting apakah di laga tersebut PSGC kalah atau menang, karena hasil pertandingan tidak akan merubah sedikitpun kecintaan mereka.

Asep Rio Sudrajat (38 tahun) pengusaha sekaligus Sekjen Balad Galuh mengutarakan, jika ditanya seberapa besar kecintaannya terhadap PSGC Ciamis maka 60% cintanya diserahkan untuk PSGC Ciamis sementara sisanya 40% untuk keluarganya, itu karena seringnya beliau izin kepada keluarganya untuk mengawal PSGC bertanding.

Danu yang dikenal sebagai salah satu capo Balad Galuh yang kharismatik ini lain lagi, Danu tidak suka ditanya seberapa besar kecintaannya terhadap PSGC, menurutnya cinta sejati tidak mengenal hitung-hitungan matematis. “Buktinya, cukuplah saya lupa pekerjaan saya atau lupa bahwa saya sudah tidak lajang lagi.” Katanya sambil bercanda.

Bagaimana dengan anda? Anda punya pengalaman seru selama menjadi suporter PSGC Ciamis? Silahkan tulis di halaman media sosial anda, jangan lupa beri tagar Kita 7 Tahun.

Happyanniversary Balad Galuh yang ketujuh.

(GALUH ID) K.P Latief

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Liga 3 2020 Akan Digulirkan, PSGC Ciamis Mulai Bersiap Diri

Berita PSGC, galuh.id - Selain kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan bergulir Oktober mendatang, kompetisi Liga 3 2020 akan digulirkan kembali.

Ketum PSSI Ucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-378

Berita Ciamis, galuh.id - Kabupaten Ciamis mendapat ucapan spesial pada hari ulang tahun ke-378 oleh Ketum PSSI, Mochammad Irawan.

Aksi Sosial Pemain PSGC Ciamis, Ganjar Kurniawan Lelang Jersey

Berita PSGC, galuh.id - Gelandang PSGC Ciamis, Ganjar Kurniawan, melelang jersey yang pernah dikenakannya lewat akun media sosial Instagramnya.

Temukan Kami

49,381FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Bupati Herdiat: Kalau Manajemen RSUD Ciamis Tidak Berubah, Kita yang Akan Ubah

Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis mengatakan, pihaknya akan terjun langsung untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Ciamis, apabila pihak manajemen Rumah Sakit tidak...

Desa di Kecamatan Sadananya, Ciamis Harus Sadar Hukum

Sadananya, galuh.id - Kasi Pemberdayaan dari seleuruh Desa di Kecamatan Sadananya menggelar kegiatan sosialisasi Kesadaran Hukum dan Regulasi di Gedung Dakwah, Kecamatan...

130 Sertifikat Tanah Dibagikan di Desa Cibadak Ciamis

Banjarsari, galuh.id - Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Ciamis membagikan 130 Sertifikat Tanah melalui Program Redistribusi di Aula Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari,...

HP Oppo Reno 4, Smartphone Terbaru Bulan Juni 2020

HP Oppo Reno 4 merupakan HP terbaru yang rilis pada bulan Juni 2020 hampir berbarengan dengan dirilisnya HP Realme Narzo.

10 Sekolah di Ciamis dan Banjar Terpilih Ikut Turnamen Bola Voli Kota Galuh

Galuh ID - Kota Galuh yang dikenal sebagai perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis perumahan memiliki kepedulian tersendiri pada dunia bola voli Ciamis. Salah satunya...