Kamis, 23 September 2021
Kamis, 23 September 2021
spot_img

Bangun Sinergi, Lazismu Ciamis Sosialisasikan ZIS ke Desa Cikoneng

Berita Ciamis, galuh.id – Lazismu Ciamis sosialisasikan zakat infaq dan sedekah (ZIS) ke perangkat desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Manager Lazismu Ciamis, Egi Agustian Maulana, mengatakan sosialisaisi tersebut untuk menggali potensi zakat, infaq dan sedekah.

“Selain itu, juga harapannya masyarakat yang ada di desa-desa dapat lebih sinergi dalam memberikan zakat, infaq maupun sedekah,” tutur Egi kepada galuh.id, Kamis (5/8/2021).

Dengan Lazismu Ciamis sosialisasikan ZIS, maka dapat tercipta suatu kolaborasi dalam membantu warga yang membutuhkan. Baik kalangan fakir miskin maupun dhuafa.

Egi mengatakan, saat ini sudah ada beberapa desa yang telah bersinergi dengan Lazismu Ciamis.

Kemudian Kantor Layanan (KL) Lazismu Ciamis juga sudah suport di 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis.

Sudah lebih dari 1,5 tahun berjalan, Lazismu Ciamis secara bertahap telah memberikan dampak positif di berbagai daerah di Kabupaten Ciamis.

Saat pandemi, Lazismu Ciamis pun telah melakukan gerakan. Mulai dari penyemprotan desinfektan ke sejumlah mesjid hingga membantu korban bencana alam.

Dalam program pendidikan, Lazismu Ciamis juga telah memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari golongan keluarga yang kurang mampu. Dan berbagi sembako ke fakir miskin.

Program Celengan Donasi Lazismu Ciamis

Untuk memberikan kemudahan bagi warga dalam menyalurkan sedekahnya, Lazismu Ciamis telah menyediakan program Celengan Donasi.

“Melalui program tersebut, setiap donatur mendapat sebuah celengan kaleng,” ujar Wakil Ketua Lazismu Ciamis, Muslim Ridwan.

Jadi, setiap hari para donatur memasukkan uang ke dalam celengan itu. Kemudian dalam waktu 1 bulan, celengan donasi itu diserahkan ke Lazismu Ciamis.

Menurut Ridwan, program celengan donasi tersebut sudah tersebar seribu celengan di Ciamis.

“Alhamdulilah rata-rata 1 celengan donasi bisa menghasilkan Rp 30.000 hingga Rp 100.000 per celengan,” ungkapnya.

Hasil dari celengan donasi tersebut untuk kebutuhan umat, baik itu gerakan sosial maupun tanggap bencana.

Ridwan juga menjelaskan bahwa Lazismu Ciamis selalu turun ke lapangan untuk membantu umat. Sehingga program penyaluran pun bisa secara dadakan.

Bila ada masyarakat kurang mampu yang ingin segera mendapat bantuan, maka Lazismu Ciamis akan melakukan survei dan langsung turun ke lapangan.

Sementara Kepala Desa Cikoneng Ciamis, Elin Herlina, berharap melalui sosialisasi itu warganya bisa lebih paham dengan zakat, infaq dan sedekah.

Oleh karena itu, pihaknya akan menyosialisasikan ke setiap Dusun untuk mengetuk hati para agnia.

“Semoga Lazismu bisa sukses di Desa Cikoneng sehingga bisa membantu warga kami yang membutuhkan,” tuturnya. (GaluhID/Tony)

Editor : Evi

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan