oleh

Bank Sampah Mekar Berseka Cisaga Ciamis Dikunjungi Turis Asing

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Bank Sampah Mekar Berseka yang berada di Desa Mekarmukti, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, dikunjungi turis asing.

Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan DPRKPLH Ciamis, Giyanto, mengaku bangga bank sampah atau TPS3R Mekar Berseka ini didatangi turis asing asal Austria.

Loading...

“Suatu kebanggaan bank sampah Mekar Berseka Cisaga bisa menarik turis mancanegara, bahkan sampai dikunjungi langsung,” ujar Giyatno, saat dihubungi Galuh ID melalui pesan singkat, Rabu (11/3/2020).

Giyanto menjelaskan, turis asing asal Austria tersebut merupakan relawan dari komunitas peduli lingkungan.

Turis itu sengaja berkunjung ke Indonesia dan terkesan dengan bank sampah atau TPS3R Mekar Berseka Cisaga, Kabupaten Ciamis.

“Relawan lingkungan, memang sengaja datang karena tertarik dengan pengelolaan sampah TPS3R Mekar Berseka Cisaga,” paparnya.

TPS3R ini, kata Giyanto, bukan sebagai tempat pembuangan sampah sementara. Akan tetapi, tempat pengolahan sampah dengan nama 3R (runtah, rongsok, rupiah).

TPS3R ini menampung sampah organik dan anorganik yang kemudian dipilah sehingga nantinya akan menjadi tabungan masyarakat dalam bentuk rupiah.

“Hasilnya bisa untuk menambah pendapatan masyarakat. Sehingga ketika masyarakat memiliki tabungan nantinya secara otomatis kesejahteraan masyarakat meningkat” katanya.

TPS3R juga menjadi sarana edukasi masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. Namun untuk merubah pola pikir masyarakat bahwa sampah itu bukan dibuang akan tetapi di tabungkan.

“Juga mengubah perilaku masyarakat agar bisa memilah sampah sesuai jenisnya. Masyarakat harus merubah pola pikir dari awalnya membuang menjadi menabung sampah” papar Giyanto.

Direktur Bank Sampah Mekar Berseka Bangga Dikunjungi Turis

Sementara itu, Direktur Bank Sampah Mekar Berseka, Ojo, mengaku sangat bangga TPS3R di wilayahnya menjadi sorotan turis asing.

“Sangat bangga TPS3R Mekar Berseka Cisaga bisa dikunjungi secara langsung oleh relawan peduli lingkungan dari mancanegara,” tuturnya.

Ojo menambahkan, TPS3R atau bank sampah Mekar Berseka ini dikunjungi oleh relawan peduli lingkungan asal Austria selama satu hari.

Saat ditanya bagaimana tanggapan turis itu terhadap bank sampah Mekar Berseka, Pak Ojo mengatakan, turis asing itu sangat terkesan dan mengapresiasi.

“Terkesan sekali, sampai turis itu bilang good banget,” pungkas Ojo. (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA