Minggu, 9 Mei 2021
Minggu, 9 Mei 2021
BJB

Bantuan 100 Mesin Perontok Padi Untuk Gapoktan Lakbok Ciamis

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyerahkan bantuan 100 unit mesin perontok padi (Power Tresher) kepada gapoktan Lakbok.

Penyerahan bantuan berlokasi di lingkungan Ponpes Mamba’us Shalihin Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Senin (28/12/2020).

Sebagai informasi, bantuan mesin pertanian tersebut merupakan bentuk kerja sama pemkab dengan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Ciamis.

Yakni sebagai wujud pemberdayaan masyarakat tani melalui pengembangan dan pemanfaatan inovasi teknologi tepat guna (TTG).

Kemudian tujuannya adalah untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Ciamis

Wabup Yana berharap pemberian mesin perontok padi tersebut dapat membantu kelompok tani agar lebih efisien, efektif, dan dapat meningkatkan hasil produksi.

Dengan bantuan itu, kata Yana, harapannya produksi petani meningkat dan penghasilan pun bertambah. Sehingga dapat menurunkan biaya produksi.

”Yang awalnya biayanya tinggi sekarang bisa lebih murah. Yang awalnya mungkin menyewa, sekarang sudah punya alat sendiri dari bantuan,” ucapnya.

Menurutnya, tantangan pertanian ke depan semakin komplek. Karena banyak isu seperti ketahanan pangan, proses produksi dan rendahnya sumber daya pertanian.

Oleh sebab itu, perlu upaya untuk meningkatkan pertanian. Mengingat kabupaten Ciamis adalah daerah agraris.

Yana mengatakan, tantangan saat ini bukan hanya pada proses produksi saja. Tapi juga menjawab tantangan rendahnya sumber daya pertanian.

”Sehingga perlu adanya pengembangan teknologi ramah lingkungan. Yang dapat mempermudah pekerjaan dan meningkatkan nilai ekonomi,” jelas Yana.

Yana juga berpesan agar kelompok tani Kecamatan Lakbok dapat memanfaatkan bantuan 100 mesin perontok padi tersebut dan merawatnya dengan baik.

Selain itu, juga bisa menunjang hasil dari pertanian, mengingat Lakbok adalah lumbung padinya Ciamis.

Ketua GP Ansor Ciamis, Maulana Sidik, menyampaikan pemberian bantuan mesin perontok padi terbagi dalam 2 tahap. Tahap pertama 100 unit, tahap kedua 185 unit.

“Harapannya bantuan tidak hanya akan menghidupi petani. Tapi juga menggerakan pemuda – pemuda di tengah pandemi,” katanya. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,634FansSuka
244PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya