Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Banyak Kaum Disabilitas Tak Masuk DPT, PPDI Protes KPU Ciamis

Ciamis, galuh.id – Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Ciamis, Dodo Zakaria sebut kinerja Komisi Pemilihan Umum KPU Ciamis mengesampingkan pemilih disabilitas.

Dodo mengatakan penyandang disabilitas Kabupaten Ciamis dalam data PPDI yang sudah memiliki hak pilih mencapai 11.013 orang.

“Saat kami sinkronkan data yang ada di kami dan data KPU Ciamis, data di KPU cuma ada 5 ribu yang didata bisa ikut Pemilu 17 April nanti,” katanya.

Dodo menambahkan saat di lapangan, ada petugas PPK maupun PPS yang mengabaikan kategori disabilitas. “Pada kolom di bawah saat pendataan ada kategori disabilitas, tapi diabaikan oleh petugas,” terangnya.

“Kan difabel itu bermacam-macam, entah itu tuna rungu, tuna daksa, tuna grahita, dan tuna netra, ketika tidak ditulis disabilitas, seolah-olah kami disamakan dengan orang normal,” tuturnya.

Dodo menyebutkan contoh di Kecamatan Cipaku, dimana ada satu keluarga penyandang disabilitas yang tidak dimasukkan DPT, alasannya satu keluarga tersebut penyandang disabilitas yang sangat sulit berjalan ke TPS.

“Ini sangat miris seharusnya petugas PPK atau PPS tetap mendata dan memasukan penyandang disabilitas tersebut ke dalam DPT. Kalau tidak dimasukan itu sama saja diskriminasi kaum difabel,” tegasnya.

Dodo berharap petugas KPU Ciamis tidak membedakan kaum difabel dengan orang biasa. “Mereka pun mempunyai hak suara yang sama,” pungkasnya. (galuh.id/Fahmi)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.