Bawaslu Ciamis Gelar Bimtek Pengawas TPS di Panjalu

Panjalu, galuh.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Gedung Olahraga (GOR) Sauyunan Panjalu, Kamis (11/04/2019).

Para peserta Bimtek mendapat materi langsung dari Fani Dwiriantini, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kabupaten Ciamis.

“Bimtek ini membahas tentang bagaimana nanti Pengawas TPS waktu pengawasan dan di hari tenang mengawasi kegiatan-kegiatan kerja,” kata Imaduddin, salah satu Panwas Panjalu.

Menurut Imaduddin, Bawaslu sendiri membuat suatu aplikasi Siwaslu untuk mempermudah koordinasi dan meminimalisir pelanggaran-pelanggaran.

“Untuk memberikan pemahaman Pengawas TPS dalam pengisiannya kita lakukan bimbingan teknis tentang bagaimana pengisian aplikasi Siwaslu,” terangnya.

Pengawasan akan dimulai pada hari tenang, 14-16 April 2017 sampai hari pencoblosan, 17 April 2017. Menurut Imaduddin di wilayah Panjalu akan ada 152 personil pengawas, dimana satu orang akan mengawasi satu TPS.

Sementara, langkah-langkah teknis pengawasan yang sudah dilakukan, kata Imaduddin, yakni pemantauan ketika ada logistik yang datang ke setiap Kecamatan.

“Kita periksa logistiknya saat datang ke kecamatan, misalkan ada segel atau kerusakan surat suara kami dokumentasikan,” katanya.

Menurutnya, tidak ditemukan pelanggaran yang bersifat money politic di Kecamatan Panjalu tersebut. “Mudah-mudahan tidak ada, Panwascam sendiri harus netral,” terangnya.

Sebagai ketua Panwascam Panjalu, Imaduddin berharap, untuk semua pengawas TPS supaya bisa mengawal proses demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang.

“Pengawas TPS merupakan ujung tombak Pemilu di daerah, tugasnya mengawal Pemilu jurdil dan benar-benar melakukan pengawasan yang selektif supaya menjadi Pemilu yang sukses tanpa ekses,” pungkasnya. (galuh.id/Ediez57)

Editor : K. Putu Latief

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini