Bawaslu Ciamis Gelar Bimtek Pengawas TPS di Panjalu

Panjalu, galuh.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Gedung Olahraga (GOR) Sauyunan Panjalu, Kamis (11/04/2019).

Para peserta Bimtek mendapat materi langsung dari Fani Dwiriantini, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kabupaten Ciamis.

“Bimtek ini membahas tentang bagaimana nanti Pengawas TPS waktu pengawasan dan di hari tenang mengawasi kegiatan-kegiatan kerja,” kata Imaduddin, salah satu Panwas Panjalu.

Menurut Imaduddin, Bawaslu sendiri membuat suatu aplikasi Siwaslu untuk mempermudah koordinasi dan meminimalisir pelanggaran-pelanggaran.

“Untuk memberikan pemahaman Pengawas TPS dalam pengisiannya kita lakukan bimbingan teknis tentang bagaimana pengisian aplikasi Siwaslu,” terangnya.

Pengawasan akan dimulai pada hari tenang, 14-16 April 2017 sampai hari pencoblosan, 17 April 2017. Menurut Imaduddin di wilayah Panjalu akan ada 152 personil pengawas, dimana satu orang akan mengawasi satu TPS.

Sementara, langkah-langkah teknis pengawasan yang sudah dilakukan, kata Imaduddin, yakni pemantauan ketika ada logistik yang datang ke setiap Kecamatan.

“Kita periksa logistiknya saat datang ke kecamatan, misalkan ada segel atau kerusakan surat suara kami dokumentasikan,” katanya.

Menurutnya, tidak ditemukan pelanggaran yang bersifat money politic di Kecamatan Panjalu tersebut. “Mudah-mudahan tidak ada, Panwascam sendiri harus netral,” terangnya.

Sebagai ketua Panwascam Panjalu, Imaduddin berharap, untuk semua pengawas TPS supaya bisa mengawal proses demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang.

“Pengawas TPS merupakan ujung tombak Pemilu di daerah, tugasnya mengawal Pemilu jurdil dan benar-benar melakukan pengawasan yang selektif supaya menjadi Pemilu yang sukses tanpa ekses,” pungkasnya. (galuh.id/Ediez57)

Editor : K. Putu Latief

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

2 Tiket Babak 8 Besar Liga 2 2019 Diperebutkan Hari Ini!

Info Liga 2, galuh.id - Pertandingan sisa Liga 2 Indonesia 2019 babak pendahuluan memasuki fase akhir. Hari ini, Senin (21/10/2019), sebanyak 7...

Launching Skuat 2020, Persita Tangerang Pamer Jersey dan Logo Baru!

Launching Skuat 2020, Persita Tangerang Pamer Jersey dan Logo Baru! Info Liga 1, galuh.id - Tim promosi Liga...

Kisah Bala-bala Komar, Kuliner Ciamis yang Hadir Sejak 1975

Ciamis, galuh.id - Bala-bala komar dikenal sebagai salah satu kuliner Ciamis yang menjual dagangannya serba kecil, mulai bala-bala, gehu, gorengan tempe...

2 Gol Persibat Batang Sungkurkan PSGC Ciamis di Kandang

Berita PSGC, galuh.id - Lagi, PSGC Ciamis harus menderita kekalahan di kandang. Kali ini harus mengakui keunggulan tamunya dari tim asal Jawa...

Jelang Pendaftaran CPNS 2019, Begini Cara Daftar Online di Situs BKN

Info CPNS 2019, Galuh.id- Pada bulan November 2019 pendaftaran CPNS 2019 akan kembali dibuka. Mohon diingat, situs pendaftaran CPNS 2019 ini...