oleh

Bidang Usaha Bumdes di Ciamis Harus Sesuai Potensi Desa

 
 

Ciamis, galuh.id – Dalam penentuan bidang usaha Bumdes harus sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra usai menghadiri kegiatan sosialisasi Bumdes di Aula Setda Ciamis, Kamis (11/7/2019).

“Dalam menentukan usaha Bumdes harus sesuai dengan potensi di desanya masing-masing, jangan sampai menentukan usaha yang akan dijalankan tidak sesuai dengan potensi yang ada di desanya, ini yang mengakibatkan Bumdes tidak berkembang,” ujar Yana.

Yana berharap pengelola Bumdes harus jeli dan cerdas dalam melihat peluang bisnis atau potensi di desanya, agar dalam pengelolaanya tidak terlalu sulit.

“Pengelola Bumdes harus cerdas dan jeli dalam melihat peluang bisnis yang bisa menggali potensi desanya masing-masing,” tandasnya.

Yana juga mengatakan Bumdes di Ciamis harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas agar dalam pengelolaan Bumdes berjalan lancar.

“Kendala saat ini yang dialami dalam pengelolaan Bumdes di Ciamis yaitu SDM yang masih kurang, Bumdes ini berbicara bisnis jadi SDM adalah segalanya dalam dunia usaha, solusinya kita akan melaksanakan Bimtek untuk meningkatkan SDM,” ujar Yana.

Yana menuturkan dengan berkembangnya Bumdes di Kabupaten Ciamis bisa menyejahterakan masyarakat desa dan bisa menyerap tenaga kerja lokal, sehingga bisa menurunkan tingkat pengangguran.

“Bumdes ini apabila dikelola dengan baik dan profesional bisa menyejahterakan masyarakat desa dan bisa mengurangi pengangguran,” ucapnya.

Yana menerangkan dengan berkembang pesatnya Bumdes di Kabupaten Ciamis bisa memunculkan daya saing yang sehat.

“Daya saing akan meningkat dengan usaha-usaha yang sudah ada, namun persaingan ini harus berjalan dengan sehat sehingga muncul berlomba lomba ingin meningkatkan pelayanan dan kualitas produk yang dipasarkan,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA