Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Bukit Seribu Bintang di Kaki Gunung Syawal Ciamis Perlu Perhatian

Panumbangan, galuh.id – Bukit Seribu Bintang yang berada di Kaki Gunung Syawal, Kecamatan Panumbangan menghadirkan suasana pegunungan asri yang dilengkapi dengan pemandangan kerlap-kerlip lampu dari daerah yang ada di seputar bukit tersebut.

Pada malam hari gemerlap lampu dari kota Tasikmalaya dan Garut terlihat layaknya bintang, suasana ini tak kalah indahnya dengan Bukit Bintang yang ada di Kota Bandung.

“Bukit Bintang yang ada di kaki Gunung Syawal ini belum banyak terjamah oleh para wisatawan dari luar daerah karena publikasinya belum ramai,” kata Irfansyah, salah seorang pendaki Bukit Seribu Bintang.

“Harapannya dinas terkait maupun stakeholder, para pemangku kebijakan dapat melihat pontensi wisata yang sangat luat biasa ini,” kata Irfansyah.

Menanggapi hal tersebut Toto marwoto, kepala Dinas Pariwisata mengatakan belum ada laporan mengenai potensi pariwisata yang berada di Panumbangan tersebut. “Seharusnya dari pihak desa maupun kecamatan melaporkan kepada dinas,” kata Toto

Dalam hal ini, kata Toto, pihaknya bisa memberikan pengetahuan dasar tentang cara mengelola destinasi wisata. “Kami mempunyai program capacity building bidang ekonomi kreatif untuk menumbuhkan potensial ekowisata yang berada di kabupaten Ciamis,” terang Toto.

Melalui program tersebut Dinas Pariwisata bisa memberikan pelatihan dan melahirkan SDM yang handal dalam bidang pariwisata. “Karena itu kami mengajak kepada wilayah khususnya Kabupaten Ciamis untuk melaporkan bilamana di daerahnya terdapat potensi wisata,” kata Toto.

Toto memberikan contoh dari pengembangan destinasi wisata yaitu Darmacang yang menurutnya berkembang sangat baik dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk para wisatawan yang berkunjung.

“Melihat potensi yang berada di Gunung Sawal ini kami harus berkordinasi kepada dinas terkait, diantaranya Dinas Perhutani apakah kita boleh masuk ke area tersebut, dikarenakan setahu kami itu merupakan hutan konservasi,” katanya.

Toto berpesan untuk wisatawan yang berkunjung di Bukit Seribu Bintang tersebut agar berhati-hati, karena masih belum ada pengelola untuk destinasi Bukit Seribu Bintang di kaki gunung syawal tersebut. (Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.