oleh

Bupati Ciamis Perintahkan SKPD Gelar Jumat Bersih

 
 

Ciamis, galuh.id – Ada pemandangan berbeda di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Ciamis pada Jumat (25/10/2019) pagi. Para pegawai negeri sipil (PNS) terlihat membersihkan ruangan sampai halaman kantor masing-masing.

Salah satunya para PNS di Dinas Pendidikan Ciamis. Seusai apel, para pegawai langsung melakukan bersih-bersih di halaman dan ruangan kantor Dinas Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Dr. H Tatang Mpd mengatakan bahwa kegiatan Jumat bersih (Jumsih) itu merupakan instruksi dari Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melalui surat edaran.

“Bersih-bersih ini merupakan instruksi dari Pak Bupati bahwa setiap Jumat SKPD harus melaksanakan bersih-bersih. Walaupun memang setiap hari kita harus menjaga kebersihan. Itu tidak perlu seminggu sekali,” ujar Tatang.

Hanya saja, lanjut Tatang, Herdiat mengingatkan setiap SKPD harus melakukan bersih-bersih. Dia menegaskan, meski melaksanakan bersih pelayanan tetap tidak terganggu.

“Pelayanan tetap berjalan meski ada kegiatan Jumsih. Karena ada pegawai yang dibagi khusus untuk melakukan pelayanan. Tidak semuanya bersih-bersih,” ucapnya.

Biasanya, lanjut dia, hari Jumat dipakai untuk olahraga namun saat ini diawali terlebih dahulu dengan bersih-bersih. Setelah melaksanakan Jumsih, bagi yang suka olahraga melaksanakan kegiatan olahraga.

“Ada banyak manfaatnya bersih-bersih ini. Selain lingkungan bersih badan juga lebih sehat kan,” ujar Tatang.

Dia mengungkapkan, program Jumsih yang diinstruksikan oleh Bupati Ciamis sudah ia sebarkan kepada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan dan lembaga sekolah di setiap kecamatan.

“Sudah disampaikan ke setiap lembaga pendidikan di Ciamis bahwa setiap hari Jumat melaksanakan bersih-besih. Cuma di jam pelajaran yang kira-kira bisa. Seperti di jam pelajaran olahraga yang sebagian bisa dipakai bersih-bersih,” ujarnya.

Menurutnya, para guru bisa menyiapkan alat bersih di sekolah agar para murid di stiap hari Jumat bisa membersihkan kelasnya masing-masing. Hal itu merupakan bagian dari pendidikan karakter bagi murid,” ujarnya. (galuh.id/Taz)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA