Senin, 26 Juli 2021
Senin, 26 Juli 2021
BJB

Bupati Ciamis Perintahkan Tangkap Pasien Covid-19 yang Keluyuran

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta aparat keamanan, baik TNI maupun Polri, untuk menindak tegas pasien Covid-19 yang berkeliaran di luar rumah.

Begitu pun dengan pasien Covid-19 yang pergi ke tempat umum saat menjalani isolasi mandiri.

Herdiat mengatakan, jika ada pasien positif Covid-19 sedang isolasi mandiri di rumahnya, tapi tidak terjaga ketat oleh petugas, lalu pasien itu keluar rumah dengan alasan kesal.

”Atau alasan ada kebutuhan, langsung tangkap saja. Bawa pasien yang keluyuran itu untuk isolasi di rumah sakit,” ucapnya, usai Rapat Evaluasi Satgas, di Aula Setda Ciamis, Senin (7/12/2020).

Pasien Covid-19 di Ciamis Keluyuran Bisa Tularkan Virus

Menurut Herdiat, hal itu sangat berbahaya bagi semua masyarakat. Karena walupun pasien tidak mengalami gejala, namun pasien itu dapat menularkan Covid-19 ke orang lain.

“Sudah divonis positif tapi keluyuran. Harus tindak tegas, langsung tangkap saja. Karena bisa membahayakan orang lain. Nanti malah menularkan ke masyarakat, kan kasihan nanti,” tuturnya.

Herdiat juga meminta kepada pasien yang positif Covid-19 agar kooperatif kepada semua pihak. Salah satunya dengan melaksanakan isolasi mandiri dengan baik dan benar.

Kemudian pasien positif Corona tidak keluyuran keluar rumah. Karena tidak sedikit petugas kesehatan atau nakes yang terpapar Covid-19 demi melayani pasien positif.

“Untuk itu, saya minta kepada pasien yang saat ini masih positif aktif agar bisa bekerja sama dengan petugas. Patuhi semua aturannya,” ujar Herdiat.

Disiplin Patuhi Prokes 3M

Lebih lanjut Herdiat menuturkan, dengan terus meningkat setiap harinya kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis saat ini, tentu sangat mengkhawatirkan.

Oleh karena itu, untuk menekan angka agar kasus Covid-19 tidak naik terus, maka perlu adanya peran serta semua pihak untuk menyosialisasikan protokol kesehatan.

Herdiat pun meminta seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Ciamis untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Jangan kendor untuk melaksanakan protokol kesehatan 3M. Saya juga minta semua elemen masyarakat agar dapat menyosialisasikannya,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan