oleh

Calon Stadion Piala Dunia U20 di Indonesia Rusak Usai Kerusuhan

 
 

Info Liga 1, galuh.id – Gelaran Piala Dunia U20 tahun 2021 memang masih lama digelar. Namun, salah satu calon stadion tempat perhelatan pesta akbar sepak bola dunia tersebut, mengalami kerusakan yang cukup parah.

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya yang notabene menjadi salah satu venue yang akan dicalonkan untuk gelaran Piala Dunia U20 tersebut, mengalami kerusakan di beberapa titik.

Kerusakan akibat kerusuhan para oknum Bonek, suporter Persebaya Surabaya, Selasa (29/10), usai menjamu PSS Sleman pada lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-25.

Aksi Bonek ini dipicu lantaran hasil kekalahan tim Persebaya dari PSS Sleman dengan skor akhir 2-3. Para Bonek turun dan masuk lapangan mengejar para pemain Persebaya untuk melampiaskan kekesalannya.

Tak hanya itu Bonek yang kecewa juga merusak serta membakar fasilitas dan sarana di dalam stadion. Aksi anarkis Bonek ini mereda setelah aparat kepolisian melakukan pengamanan dan pendekatan persuasif.

Akibat kericuhan ini stadion mengalami kerusakan parah. Kursi pemain cadangan mengalami kerusakan dan papan iklan di pinggir lapangan dibakar. Petugas kebersihan langsung membersihkan sisa kerusuhan.

Melansir dari laman CNN, Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya, Edi Santoso mengatakan berdasarkan tinjauannya ada sejumlah fasilitas stadion yang rusak. Di antaranya yakni bangku cadangan pemain, dan papan reklame.

“Bench (bangku cadangan) pemain dihancurkan, semua dibakar, papan reklame habis, panel lorong pemain diambrukkan, habis ini, tidak bisa dipakai lagi,” kata Edi, ditemui saat meninjau kondisi Stadion GBT, Selasa (29/10) malam.

Ada juga kerusakan di kedua gawang. “Jaringnya dibakar,gawangnya hancur, tinggal tiang saja,” imbuh Edi.

Berapa estimasi kerusakan akibat amuk suporter itu kini masih dalam hitungan dan tafsiran petugas.

Padahal beberapa waktu yang lalu usai Indonesia terpilih menjadi venue Piala Dunia U20, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, berjanji akan sekuat tenaga untuk menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) agar dipilih menjadi venue pertandingan pada penyelenggaraan Piala Dunia U-20, 2021 mendatang.

Kabarnya usai mendapatkan kabar kericuhan di Stadion GBT, Risma langsung memerintahkan untuk mendata dan mengecek secara detail kerusakan di dalam stadion. Dia menyayangkan kejadian tersebut. (GaluhID/Dhi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA