Foto: Ilustrasi

Tips, Galuh.id – ┬áBeberapa penelitian menyebutkan bahwa nyamuk bisa dengan cepat mengenali bau tubuh yang disukainya. Karena itu beberapa orang bisa menarik lebih banyak nyamuk daripada yang lain. Tidak semua bahan kimia baik untuk mengusir nyamuk, berikut ini adalah cara alami usir nyamuk dari tubuh Anda seperti dikutip dari Bright Side.

Bawang Putih

Penolak nyamuk berbahan kimia bukan satu-satunya zat pencegah yang efektif ketika Anda didatangi nyamuk. Berbagai tanaman seperti bawang putih juga memiliki fungsi alami untuk mengusir nyamuk.

Beberapa peneltian mengatakan bahwa memakan banyak bawang putih bisa membuat nyamuk menyingkir dari tubuh Anda. Tetapi jika Anda tidak menyukainya, maka tidak perlu memakannya dalam jumlah besar. Anda bisa merebusnya dan menggunakan air rebusan bawang putih tersebut untuk menyemprot tempat-tempat yang biasa didatangi nyamuk.

Lilin Sereh

Jika Anda alergi terhadap bawang putih, atau tidak menyukai baunya, maka lilin sereh bisa menjadi alternatif untuk mengusir nyamuk dari tubuh Anda. Tidak akan ada efek samping, selain itu rumah Anda akan berbau segar dan Anda tidak akan terganggu oleh serangga.

Cuka Sari Apel

Jika rumah Anda diserang nyamuk, buatlah semprotan anti nyamuk dengan cuka sari apel. Anda juga bisa menambahkan minyak sereh untuk efek tambahan. Semprotkan cuka sari apel ini di tempat-tempat di mana nyamuk biasanya berkumpul.

Air Sabun

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di teras rumah dan terganggu dengan kedatangan nyamuk, Anda bisa meletakkan piring dengan air sabun di dekat Anda. Setelah beberapa lama, Anda akan melihat bahwa nyamuk akan lebih tertarik dengan air sabun tersebut dan akhirnya terperangkap di dalamnya.

Punya tips cara alami usir nyamuk lainnya? Silakan bagi di kolom komentar!

(K. Putu Latief)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini