Sabtu, 1 Oktober 2022
Sabtu, 1 Oktober 2022
More

    Cara Cek Website Penipuan, Jangan Sampai Jadi Korban!

    Maraknya berbagai macam modus penipuan tentunya membuat Anda harus lebih waspada. Untuk itu sangat penting bagi Anda mengetahui cara cek website penipuan.

    Kasus-kasus penipuan yang sering terjadi pada masyarakat saat ini bisa terjadi di dunia maya.

    Iklan

    Hal ini karena mayoritas masyarakat menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya dengan mengunjungi berbagai macam platform.

    Namun semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan internet ini tidak berbarengan dengan kemampuan dan pengetahuan yang memadai.

    Baca Juga: Cara Menghapus Cache Biar HP Gak Lemot

    Salah satunya terkait pengetahuan membedakan situs-situs yang aman dan berbahaya. Padahal banyak kejahatan cyber yang mengintai para pengguna internet.

    Iklan

    Contohnya kejahatan yang sedang marak akhir-akhir ini adalah scam. Scam merupakan modus penipuan di zaman digital dengan menggunakan website palsu atau illegal untuk mengelabui korban.

    Tujuan kejahatan ini sangat beragam, mulai dari menggunakan situs bank palsu untuk mencuri uang hingga informasi pribadi.

    Ini 5 Cara Cek Website Penipuan

    Anda sebagai salah satu pengguna internet tentunya harus lebih pintar dan selektif dalam mengunjungi berbagai situs. Berikut rangkuman cara yang bisa Anda pakai untuk mengenali website yang aman dan tidak.

    Mengecek URL Situs

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melihat apakah situs tersebut kredibel atau tidak ialah melalui URL nya.

    Anda dapat melihat  beberapa aspek seperti tag yang digunakan yaitu HTTPS atau HTTP, nama  domain, serat top-level domain yang dipergunakan .

    Jika dilihat dari tag, suatu situs web yang menggunakan tag HTTPS memang dianggap lebih aman dan terpercaya dibandingkan dengan tag HTTP.

    Tag HTTPS memiliki otentikasi dan komunikasi terenkripsi. Meskipun begitu Anda harus tetap waspada karena masih terdapat potensi situs tersebut merupakan situ scam.

    Selain itu, Anda juga dapat melihatnya melalui nama domain. Hindari situs yang memiliki nama domain yang meniru situs terkenal.

    Biasanya tiruan ini menggunakan tanda hubung hingga simbol-simbol lainnya untuk mengecoh para pengguna internet.

    Baca Juga: Cara Login Dana dengan Mudah dan Cepat

    Perhatikan Tanda Gembok

    Cara cek website penipuan lainnya bisa Anda lakukan dengan melihat tanda gembok.

    Ketika Anda mengunjungi suatu situs maka perhatikan status keamanan dari website tersebut. Kebanyakan browser biasanya akan memperlihatkan ikon gembok terkunci yang berada di samping kiri URL.

    Anda cukup klik ikon gembok tersebut hingga muncul keterangan yang menyatakan bahwa situs tersebut aman seperti “Secure Connection”.

    Melakukan Verifikasi dengan Menghubungi Kontak yang Ada

    Anda dapat melakukan verifikasi terkait apakah situs yang Anda kunjungi tersebut kredibel atau tidak, dengan menghubungi situs tersebut melalui kontak yang dicantumkan.

    Kebanyakan situs yang ada bisanya menyantumkan kontak yang bisa dihubungi di bagian bawah halaman situs. Kontak yang dicantumkan bisa berupa nomor telepon atau alamat email yang digunakan untuk memfasilitasi pengguna untuk mengirimkan pertanyaan, masukan hingga kritikan.

    Terlalu Ada Banyak Iklan

    Banyaknya iklan yang tampil pada situs yang Anda kunjungi bisa menjadi salah satu ciri bahwa situs tersebut tidak aman.

    Iklan ini biasanya hampir memenuhi seluruh tampilan halaman situs. Selain itu, terdapat format iklan yang mengharuskan pengguna untuk mengisi suatu survei. Iklan yang akan mengarahkan ke suatu situs lain, serta iklan yang mengadung unsur seksual.

    Cek Pemilik Situs Melalui “Who Is”

    Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah suatu situs tersebut aman atau tidak ialah dengan melihat siapa pemilik situs.

    Anda dapat melihat identitas siapa yang didaftarkan pada nama domain tersebut melalui www.whois.net.

    Situs yang berbahaya atau tidak kredibel terlihat melalui informasi kontak yang mencurigakan. Seperti terdapat perbedaan antara kontak serta nama yang ada pada daftar.

    Misalnya, nama yang didaftarkan adalah “James Steve”, namun emal yang tercantum justru [email protected] Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa pelaku sedang mencoba menyembunyikan identitas sebenarnya.

    Itulah cara cek website penipuan yang bisa Anda coba agar terhindar dari berbagai macam kejahatan scam.

    Banyaknya modus kejahatan di dunia maya memang membuat Anda harus lebih waspada dengan berbagai situs yang tidak kredibel. Karena itu Anda perlu tahu cara cek website penipuan seperti penjelasan di atas. (GaluhID/Puji)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    1 KOMENTAR

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    TEMUKAN KAMI

    186,010FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    377PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan