Senin, April 15, 2024

Cara Mempercepat Kinerja Laptop, Auto Super Ngebut!

Baca Juga
- Advertisement -

Ada beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang dapat Anda terapkan sehingga laptop kesayangan Anda anti nge-hang dan auto super ngebut serta lebih responsif.

Performa laptop yang baik dan super kenceng akan membantu menunjang produktivitas Anda terutama pada zaman modern yang serba canggih ini.

Sebenarnya, banyak sekali aspek dan faktor-faktor baik internal maupun eksternal yang berpengaruh pada kinerja laptop. Mulai dari tipe processor, kapasitas RAM, model chipset, dan masih banyak lagi.

- Advertisement -

Selain memperhatikan spesifikasi laptop, ternyata ada lho beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan pastinya efektif serta efisien.

Baca Juga: Cara Melihat Spesifikasi Laptop Paling Mudah

Yuk, simak apa saja tips mempercepat kinerja laptop yang patut Anda coba!

Tips dan Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Selain rajin melakukan scanning dan memasang anti-virus pada laptop, berikut delapan cara untuk menghindarkan laptop Anda dari kata lemot.

Matikan program tak penting yang berjalan di latar belakang

Walau berjalan di background, nyatanya program tetap memakan RAM pada laptop Anda. Hal ini bisa menurunkan performa laptop, apalagi jika RAM pada laptop Anda berkapasitas kecil.

Anda bisa atasi masalah ini dengan mudah caranya adalah akses task manager, lalu klik tab processes dan klik kanan pada program yang tidak diperlukan lalu pilih end task.

Bersihkan laptop secara rutin

Kumpulan debu yang masuk ke dalam laptop akan menyebabkan overheating dan menurunkan kinerjanya. Selain fisik, Anda juga harus rutin menghapus file yang ada pada recycle bin laptop.

Cara mempercepat kinerja laptop yang satu ini perlu Anda lakukan dengan hati-hati pasalnya komponen laptop tergolong rapuh dan memiliki rangkaian yang kompleks.

Gunakan pendingin laptop

Penggunaan cooling pad maupun vacum cooler dapat memperlancar arus udara yang masuk sehingga dapat mencegah terjadinya suhu panas yang berlebih dan kerusakan fatal pada chipset.

Kipas eksternal dapat dijumpai di berbagai e-commerce pilihan maupun offline store yang menjual perlengkapan komputer.

Perbarui OS secara berkala

Cara mempercepat kinerja laptop selanjutnya adalah update OS secara rutin. Tak jarang, sistem operasi versi terbaru kerap membawa beberapa pembaruan pada sistem yang dapat menunjang kinerja laptop Anda.

Nonaktifkan animasi pada tampilan dekstop

Tema sederhana seperti background hitam polos memang terlihat membosankan dan tak asyik untuk dilihat. Maka dari itu, beberapa orang mulai menerapkan tema dengan efek animasi pada laptopnya. Padahal hal itu jelas akan membuat sistem bekerja lebih keras dan menghambat kerja laptop.

Baca Juga: Membersihkan Layar Laptop Agar Lebih Awet, Begini Caranya!

Untuk mematikan efek visual pada laptop, Anda bisa ikuti cara di bawah ini:

  • Klik kanan pada menu Start lalu pilih “System
  • Pilih “Advanced System Settings” pada bagian kanan layar
  • Pada tab “Advanced” klik “Settings” yang ada di dalam option “Performance
  • Pilih “Adjust for Best Performance” pada tab “Visual Effects

Batasi penggunaan extension pada browser

Ekstensi pada browser ternyata akan bekerja pada setiap tab yang Anda buka. Prinsipnya, semakin banyak tab yang Anda buka semakin besar juga penggunaan memory pada laptop. Penggunaan memory yang tinggi akan mulai membuat laptop Anda hang dan lemot untuk digunakan.

Update HDD menjadi SSD

Mengganti HDD menjadi SSD merupakan salah satu rekomendasi cara mempercepat kinerja laptop yang sering diajukan dan memang terbukti efektif. Selaras dengan harga SSD yang  tinggi, kecepatan kinerja yang ditawarkan juga sangat luar biasa.

Perbesar kapasitas RAM

Selain menggunakan SSD untuk meningkatkan kecepatan kerja laptop, peran RAM juga tak kalah penting dalam hal tersebut. Pasalnya RAM pada laptop berguna untuk meningkatkan performa grafis dan kecepatan pengolahan data.

Itulah informasi mengenai cara mempercepat kinerja laptop, agar produktivitas tidak terganggu. Pasalnya, performa kerja laptop yang buruk akan menguras waktu dan tenaga yang lebih untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada.

Laptop atau barang elektronik lainnya memang wajib untuk Anda cek secara berkala untuk menjaga performa dan kualitas kerja laptop. (GaluhID/Putro)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Pelatih Qatar U-23 Pamer Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Galuh.id- Pelatih Qatar U-23, Ilidio Vale menegaskan kesiapan timnya untuk tampil di Piala Asia U-23 2024, terlebih berstatus sebagai...

Artikel Terkait