Selasa, 7 Desember 2021
Selasa, 7 Desember 2021
More

    Cegah Klaster Wisata, Situ Lengkong Panjalu Ciamis Ditutup

    Berita Ciamis, galuh.id – Objek wisata Situ Lengkong Panjalu Ciamis tutup mulai Selasa (22/6/2021). Hal tersebut lantaran adanya lonjakan kasus Covid-19 di Kecamatan Panjalu.

    Penutupan Situ Lengkong oleh Dinas Pariwisata Ciamis ini bertujuan untuk mengantisipasi atau mencegah penyebaran virus Corona dari klaster wisata.

    Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, Wasdi, menjelaskan bahwa penutupan Situ Lengkong berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No 13 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro.

    Selain itu, penutupan tempat wisata di Panjalu ini juga berdasarkan instruksi Bupati Ciamis Nomor 441/12-Huk/2021 tentang PPKM berbasis Mikro.

    “Penutupan ini guna pengendalian penyebaran Covid-19 di Ciamis. Maka sampai waktu yang belum ditentukan, Situ Lengkong Panjalu tutup sementara,” ucapnya.

    Wasdi menjelaskan, sesuai surat edaran Mendagri dan instruksi Bupati, pihaknya melihat terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif Corona untuk Kecamatan Panjalu.

    Sehingga penutupan lokasi wisata Situ Lengkong ini bertujuan untuk mencegah adanya klaster wisata.

    Oleh karena itu, objek wisata yang ada di Kecamatan Panjalu, salah satunya yaitu Situ Lengkong, terpaksa tutup hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

    Selain Situ Lengkong, pemerintah kabupaten Ciamis juga akan terus memantau perkembangan objek wisata lainnya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

    Wasdi menambahkan, kalau pun pada daerah objek wisata masuk ke zona merah, akan ada pertimbangan mengenai buka atau tutupnya tempat wisata tersebut.

    “Akan kita pantau terus. Terutama untuk penerapan protokol kesehatan (prokes) oleh pengelola obyek wisata,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    304PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan