Kamis, 29 Juli 2021
Kamis, 29 Juli 2021
BJB

Cegah Rawan Pangan, Ini Pesan DPRD Untuk Petani di Ciamis

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana mengimbau para petani segera menanam tanaman cepat panen guna menghindari terjadinya kerawanan pangan.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri acara peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-48 di halaman kantor Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Selasa (8/12/2020).

Nanang menuturkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah mengumumkan bahwa di tahun 2021 nanti, kemungkinan Jawa Barat akan terjadi rawan pangan.

“Nah, kita sebagai petani Ciamis harus menjawab. Bahwa di Kabupaten Ciamis tidak mungkin bakal terjadi kerawanan pangan,” tuturnya.

Pasalnya, 6 bulan yang lalu Bupati Ciamis dalam Surat Edarannya telah memerintahkan kepada petani agar segera menanam tanaman cepat panen.

Antara lain seperti ubi jalar, jagung, kacang tanah dan padi. Menanam padi pun, lanjut Nanang, tidak harus di sawah saja. Bisa juga membuat kebun padi dari polybag.

”Menanam padi di polybag tidak butuh irigasi dan traktor. Jadi kita bisa menghemat biaya,” tuturnya.

Nanang berpesan kepada seluruh petani di Kabupaten Ciamis, baik petani tanaman pangan, perikanan maupun peternakan, agar bekerja sesuai kemampuan masing-masing.

Petani di Ciamis Biasakan Pakai Pupuk Organik

Terkait kelangkaan pupuk urea bersubsidi, ia menyarankan petani jangan bersandar kepada pupuk bersubsidi. Sudah saatnya petani beralih dari pupuk kimia ke pupuk organik.

“Jadilah petani yang mandiri. Saya sendiri bertani tidak memakai pupuk subsidi, tidak juga memakai pupuk yang dijual di toko-toko,” jelasnya.

Nanang pun mengimbau para petani untuk membiasakan menggunakan pupuk organik. Jangan menggunakan pupuk-pupuk kimia bersubsidi.

Karena selama berharap adanya pupuk subsidi, kata dia, selama itu pula petani akan kecewa.

Sementara itu, Ketua KTNA Ciamis Pipin Arif Apilin, mengatakan peringatan HKP merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Biasanya, kegiatan ini berlangsung di kabupaten.

Namun karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, saat ini pelaksanaannya di tiap kecamatan.

“Ada hikmahnya juga. Minimal seluruh petani yang ada di desa jadi tahu. Bahwa sekarang adalah hari dimana bersyukurnya para petani. Dan hari waktunya petani mawas diri,” katanya.

Pipin yang juga sebagai Ketua Komisi 2 DPRD Ciamis berharap, dengan kegiatan dalam rangka Hari Krida Pertanian ini para petani di Ciamis bisa lebih maju lagi. (GaluhID/Uus)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan